PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK

  • Efi Jumaesari Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Jajang Rahmatudin Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Nurlaela Universitas Muhammadiyah Cirebon

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VIII A pada pembelajaran matematika dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi terintegrasi teaching at the right level (TaRL) dengan model problem based learning (PBL) berbantuan video pembelajaran di SMP Negeri 1 Plumbon. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII A di SMP Negeri 1 Plumbon dengan jumlah 39 peserta didik. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa lembar observasi motivasi belajar peserta didik, dan angket motivasi belajar peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase rata-rata motivasi belajar peserta didik dari pembelajaran siklus I dan siklus II berturut-turut adalah 77% dan 84%. Artinya terjadi peningkatan rata-rata persentase motivasi belajar peserta didik dari pembelajaran siklus I ke siklus II yaitu sebesar 7%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi terintegrasi teaching at the right level (TaRL) dengan model problem based learning (PBL) berbantuan video pembelajaran dalam pembelajaran matematika mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 1 Plumbon.

Keywords: Motivasi Belajar, Pembelajaran Berdiferensiasi, Problem Based Learning, Teaching at The Right Level, Video Pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahyar, A., Nurhidayah, N., & Saputra, A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran TaRL dalam Meningkatan Kemampuan Literasi Dasar Membaca Peserta Didik di Sekolah Dasar Kelas Awal. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5241–5246. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1242

Apriyantini, N. P. D., & Sukendra, I. K. (2023). PENERAPAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL ( TaRL ) BERBANTUAN E-LKPD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PENDAHULUAN. Widyadari : Jurnal Pendidikan Diterbitkan Oleh LP3M Universitas PGRI Mahadewa Indonesia, 24(2), 220–229. https://doi.org/10.59672/widyadari.v24i2.3186

Arief, H. S., & Sudin, A. (2016). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Pendekatan Problem-Based Learning (Pbl). Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 141–150.

Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program (p. Pustaka Pelajar).

Ario, M., & Asra, A. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Materi Integral Pada Pembelajaran Flipped Classroom. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 20–31.

Ayu, P. T. P., & Hakim, D. L. (2019). Motivasi Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran. Prosiding Sesiomadika, 2(1e), 1146–1154.

Elizabeth, A., & Sigahitong, M. M. (2018). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA. Prisma Sains, 6(2), 66–76. https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v10i2.4891

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853.

Hartini, T. S., & Warmi, A. (2020). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika di SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, 2(1c), 640–646.

Kurniani Ningsih, S., Amaliyah, A., & Puspita Rini, C. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Berajah Journal, 2(1), 44–48. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.48

Lupita, L., Anwar, C., & Andriani, S. (2021). VIDEO EDUKATIF YOUTUBE BERBANTUAN POWTOON APLICATION BERBASIS ETNOMATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG SISWA SMP/MTs. MAJU, 8(1), 393–402.

Pradilasari, L., Gani, A., & Khaldun, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual pada Materi Koloid Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(1), 9–15. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i1.13293

Ramdania, V. N., Wulan, S., & Dwiprabowo, R. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika dengan Strategi Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 78–85.

Salbiah, A. O., Masruroh, A. A., & Chotimah, S. (2021). Analisis Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran FPB Dan KPK dengan Menggunakan VBA For Excel. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1327–1336. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1327-1336

Published
2025-05-31
How to Cite
Efi Jumaesari, Jajang Rahmatudin, & Nurlaela. (2025). PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah Universitas Muhammadiyah Kuningan, 11(1). https://doi.org/10.33222/jumlahku.v11i1.4706
Abstract viewed = 1 times