PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERINTEGRASI TEACHING AT RIGHT LEVEL DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN

  • Ela Nurcholisyah Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Jajang Rahmatudin Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Nurlaela SMP Negeri 1 Plumbon

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang terintegrasi dengan pendekatan Teaching at Right Level (TaRL) dan pembelajaran berdiferensiasi berbantuan video pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus di kelas VIII-C SMPN 1 Plumbon tahun ajaran 2024/2025 dengan jumlah peserta didik sebanyak 39 orang. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi keaktifan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keaktifan belajar peserta didik dari pra siklus sebesar 49% (kategori rendah), meningkat menjadi 64% pada siklus I (kategori rendah), dan mencapai 81% pada siklus II (kategori tinggi). Peningkatan ini menunjukkan bahwa kombinasi model PBL, pendekatan TaRL, dan pembelajaran berdiferensiasi dengan bantuan video pembelajaran secara signifikan mampu meningkatkan partisipasi aktif, kepercayaan diri, dan keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran matematika. Temuan ini memperkuat bahwa strategi pembelajaran inovatif tersebut dapat menjadi solusi efektif dalam mengatasi rendahnya keaktifan belajar siswa di kelas.

Keywords: Keaktifan Belajar, Pembelajaran Berdiferensiasi, Teaching at Right Level, Problem Based Learning, Video Pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahyar, A., Nurhidayah, N., & Saputra, A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran TaRL dalam Meningkatan Kemampuan Literasi Dasar Membaca Peserta Didik di Sekolah Dasar Kelas Awal. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5241–5246. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1242

Anindityo Budi P. (2011). Evaluasi Kinerja Seismik Struktur Beton Dengan Analisis Pushover Prosedur A Menggunakan Program ETABS V 9.50 (Studi Kasus : Gedung B Apartemen Tuning di Bandung). 1–77.

Anisa, R. N., & Riadin, A. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada SDN 2 Selat Dalam Kuala Kapuas Tahun Pelajaran 2016/2017. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 53–61. https://doi.org/10.33084/tunas.v3i1.588

Arikunto. (2012). Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Arikunto. (2017a). Penelitian Tindakan Kelas.

Arikunto. (2017b). Pengembangan instrumen penelitian dan penilaian program.

Aspat Colle, A. T. L. , N. & Rabiah. (2023). Improving the Students’ Writing Skills by Integrating Problem-based Learning (PBL) with Teaching at the Right Level (TaRL) Approach in Class 7. C of SMP-TQ Mu’adz bin Jabal 1). Journal of English Language Learning (JELL), 7(1), 325–333. https://doi.org/10.31949/jell.v7i1.5624

Awaliyah, I. N., & Yani, A. (2025). Inovasi pembelajaran matematika: Video pembelajaran interaktif untuk meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 10(1), 1–18. https://doi.org/10.26737/jpmi.v10i1.6207

Banerjee, A., Banerji, R., Berry, J., Duflo, E., Kannan, H., Mukherji, S., Shotland, M., & Walton, M. (2021). Title Mainstreaming An Effective Intervention: Evidence From Randomized Evaluations Of “Teaching At The Right Level” In Indi. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2013–2015. https://doi.org/10.3386/w22746

Eka Kusuma, F. (2014). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Make a Match Pada Siswa Kelas Vii Smp Ma’Arif 2 Ponorogo. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Eko Wahyu Saputro, Ani Rakhmawati, & Reni Sunarso. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Surakarta. BLAZE : Jurnal Bahasa Dan Sastra Dalam Pendidikan Linguistik Dan Pengembangan, 2(1), 179–192. https://doi.org/10.59841/blaze.v2i1.920

Elviya, D. D., & Sukartiningsih, W. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Sekolah Dasar Di Sdn Lakarsantri I/472 Surabaya. https://Ejournal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jurnal-Penelitian-Pgsd/Article/View/54127, 11(8), 1–14.

Fitra, D. K. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(3), 250–258. https://doi.org/10.23887/jfi.v5i3.41249

Heliawati, L., Permana, I., & Kurniasih, E. (2020). Student communication skills from internalizing religious values to energy modules in life systems. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(1), 125–133. https://doi.org/10.21831/jipi.v6i1.32307

Hilmi, I., & Nurhayati, F. (2024). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Pelajaran Bahasa Arab. JSIM: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 5(1), 870–874. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v4i6.331

Saragih, D. I. , M. E. , J. M. , M. M. N. A. , A. & A. M. (2024). Efektivitas Penggunaan Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. In Jurnal Ilmiah Kajian Multidisipliner (Vol. 8, Issue 11).

Kanza, N. R. F., Lesmono, A. D., & Widodo, H. M. (2020). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Model Project Based Learning Dengan Pendekatan Stem Pada Pembelajaran Fisika Materi Elastisitas Di Kelas Xi Mipa 5 Sma Negeri 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(2), 71. https://doi.org/10.19184/jpf.v9i1.17955

Leasa, M., Tuhurima, D., & Laurens, T. (2024). Teaching at the Right Level Approach in Problem-Based Learning Design. Unram Journal of Community Service, 5(4), 306–311. https://doi.org/10.29303/ujcs.v5i4.734

Maharani, D. A., Rahmawati, I., & Sukamto, S. (2019). Improving Student Activities and Thematic Learning Outcomes through Team Quiz Learning Strategies and Cross Puzzle Media. International Journal of Elementary Education, 3(2), 151.

Muliastrini, K. E. (2020). New literacy sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan sekolah dasar di abad 21. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 115–125.

Mustafa, S., Riana, R., Baharullah, B., & Maming, K. (2024). The Collaboration of Teaching at the Right Level Approach with Problem-Based Learning Model. Open Education Studies, 6(1). https://doi.org/10.1515/edu-2024-0046

Prayitno, S. H. P. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII-F SMP Negeri 22 Surabaya Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Tahun Pelajaran 2018-2019. Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan, 6(2), 158–169. https://doi.org/10.51836/je.v6i2.99

Putri, R. R., Rodiyana, R., & Natalia, D. (2024). Recolecta - 2020 - Unknown - 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3 1. 4(2), 361–366.

Runliani Desi, I., Harun, L., Purwati, H., & Windiarti. (2024). Universitas PGRI Semarang Penggunaan Pendekatan Teaching At The Right Level (Tarl) Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Sebagai Upaya Meningkatkan. 82–91.

Suharyani, S., Suarti, N. K. A., & Astuti, F. H. (2023). Implementasi Pendekatan Teaching At The Right Level (Tarl) Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Anak Di SD IT Ash-Shiddiqin. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(2), 470. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i2.7590

Trianto. (2007). Pembelajaran Berorientasi Prestasi Pustaka. Model-Model Inovatif Konstruktivistik.

Widana, I. W., & Diartiani, P. A. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Emasains : Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains , 10(1), 88–98.

Winarni, S., Kumalasari, A., Marlina, M., & Rohati, R. (2021). Efektivitas Video Pembelajaran Matematika Untuk Mendukung Kemampuan Literasi Numerasi Dan Digital Siswa. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 574. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3345

Yuliasto, W. (2014). Peningkatan Keaktifan Siswa pada Pembelajaran Matematika melalui Strategi Snowball Throwing.

Yunita, D., & Wijayanti, A. (2017). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Keaktifan Siswa. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2). https://doi.org/10.30738/sosio.v3i2.1614

Published
2025-05-31
How to Cite
Ela Nurcholisyah, Jajang Rahmatudin, & Nurlaela. (2025). PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERINTEGRASI TEACHING AT RIGHT LEVEL DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah Universitas Muhammadiyah Kuningan, 11(1). https://doi.org/10.33222/jumlahku.v11i1.4704
Abstract viewed = 5 times