PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERINTEGRASI TEACHING AT RIGHT LEVEL DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang terintegrasi dengan pendekatan Teaching at Right Level (TaRL) dan pembelajaran berdiferensiasi berbantuan video pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus di kelas VIII-C SMPN 1 Plumbon tahun ajaran 2024/2025 dengan jumlah peserta didik sebanyak 39 orang. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi keaktifan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keaktifan belajar peserta didik dari pra siklus sebesar 49% (kategori rendah), meningkat menjadi 64% pada siklus I (kategori rendah), dan mencapai 81% pada siklus II (kategori tinggi). Peningkatan ini menunjukkan bahwa kombinasi model PBL, pendekatan TaRL, dan pembelajaran berdiferensiasi dengan bantuan video pembelajaran secara signifikan mampu meningkatkan partisipasi aktif, kepercayaan diri, dan keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran matematika. Temuan ini memperkuat bahwa strategi pembelajaran inovatif tersebut dapat menjadi solusi efektif dalam mengatasi rendahnya keaktifan belajar siswa di kelas.
Downloads
References
Ahyar, A., Nurhidayah, N., & Saputra, A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran TaRL dalam Meningkatan Kemampuan Literasi Dasar Membaca Peserta Didik di Sekolah Dasar Kelas Awal. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5241–5246. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1242
Anindityo Budi P. (2011). Evaluasi Kinerja Seismik Struktur Beton Dengan Analisis Pushover Prosedur A Menggunakan Program ETABS V 9.50 (Studi Kasus : Gedung B Apartemen Tuning di Bandung). 1–77.
Anisa, R. N., & Riadin, A. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada SDN 2 Selat Dalam Kuala Kapuas Tahun Pelajaran 2016/2017. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 53–61. https://doi.org/10.33084/tunas.v3i1.588
Arikunto. (2012). Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Arikunto. (2017a). Penelitian Tindakan Kelas.
Arikunto. (2017b). Pengembangan instrumen penelitian dan penilaian program.
Aspat Colle, A. T. L. , N. & Rabiah. (2023). Improving the Students’ Writing Skills by Integrating Problem-based Learning (PBL) with Teaching at the Right Level (TaRL) Approach in Class 7. C of SMP-TQ Mu’adz bin Jabal 1). Journal of English Language Learning (JELL), 7(1), 325–333. https://doi.org/10.31949/jell.v7i1.5624
Awaliyah, I. N., & Yani, A. (2025). Inovasi pembelajaran matematika: Video pembelajaran interaktif untuk meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 10(1), 1–18. https://doi.org/10.26737/jpmi.v10i1.6207
Banerjee, A., Banerji, R., Berry, J., Duflo, E., Kannan, H., Mukherji, S., Shotland, M., & Walton, M. (2021). Title Mainstreaming An Effective Intervention: Evidence From Randomized Evaluations Of “Teaching At The Right Level” In Indi. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2013–2015. https://doi.org/10.3386/w22746
Eka Kusuma, F. (2014). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Make a Match Pada Siswa Kelas Vii Smp Ma’Arif 2 Ponorogo. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Eko Wahyu Saputro, Ani Rakhmawati, & Reni Sunarso. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Surakarta. BLAZE : Jurnal Bahasa Dan Sastra Dalam Pendidikan Linguistik Dan Pengembangan, 2(1), 179–192. https://doi.org/10.59841/blaze.v2i1.920
Elviya, D. D., & Sukartiningsih, W. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Sekolah Dasar Di Sdn Lakarsantri I/472 Surabaya. https://Ejournal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jurnal-Penelitian-Pgsd/Article/View/54127, 11(8), 1–14.
Fitra, D. K. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(3), 250–258. https://doi.org/10.23887/jfi.v5i3.41249
Heliawati, L., Permana, I., & Kurniasih, E. (2020). Student communication skills from internalizing religious values to energy modules in life systems. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(1), 125–133. https://doi.org/10.21831/jipi.v6i1.32307
Hilmi, I., & Nurhayati, F. (2024). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Pelajaran Bahasa Arab. JSIM: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 5(1), 870–874. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v4i6.331
Saragih, D. I. , M. E. , J. M. , M. M. N. A. , A. & A. M. (2024). Efektivitas Penggunaan Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. In Jurnal Ilmiah Kajian Multidisipliner (Vol. 8, Issue 11).
Kanza, N. R. F., Lesmono, A. D., & Widodo, H. M. (2020). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Model Project Based Learning Dengan Pendekatan Stem Pada Pembelajaran Fisika Materi Elastisitas Di Kelas Xi Mipa 5 Sma Negeri 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(2), 71. https://doi.org/10.19184/jpf.v9i1.17955
Leasa, M., Tuhurima, D., & Laurens, T. (2024). Teaching at the Right Level Approach in Problem-Based Learning Design. Unram Journal of Community Service, 5(4), 306–311. https://doi.org/10.29303/ujcs.v5i4.734
Maharani, D. A., Rahmawati, I., & Sukamto, S. (2019). Improving Student Activities and Thematic Learning Outcomes through Team Quiz Learning Strategies and Cross Puzzle Media. International Journal of Elementary Education, 3(2), 151.
Muliastrini, K. E. (2020). New literacy sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan sekolah dasar di abad 21. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 115–125.
Mustafa, S., Riana, R., Baharullah, B., & Maming, K. (2024). The Collaboration of Teaching at the Right Level Approach with Problem-Based Learning Model. Open Education Studies, 6(1). https://doi.org/10.1515/edu-2024-0046
Prayitno, S. H. P. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII-F SMP Negeri 22 Surabaya Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Tahun Pelajaran 2018-2019. Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan, 6(2), 158–169. https://doi.org/10.51836/je.v6i2.99
Putri, R. R., Rodiyana, R., & Natalia, D. (2024). Recolecta - 2020 - Unknown - 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3 1. 4(2), 361–366.
Runliani Desi, I., Harun, L., Purwati, H., & Windiarti. (2024). Universitas PGRI Semarang Penggunaan Pendekatan Teaching At The Right Level (Tarl) Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Sebagai Upaya Meningkatkan. 82–91.
Suharyani, S., Suarti, N. K. A., & Astuti, F. H. (2023). Implementasi Pendekatan Teaching At The Right Level (Tarl) Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Anak Di SD IT Ash-Shiddiqin. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(2), 470. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i2.7590
Trianto. (2007). Pembelajaran Berorientasi Prestasi Pustaka. Model-Model Inovatif Konstruktivistik.
Widana, I. W., & Diartiani, P. A. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Emasains : Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains , 10(1), 88–98.
Winarni, S., Kumalasari, A., Marlina, M., & Rohati, R. (2021). Efektivitas Video Pembelajaran Matematika Untuk Mendukung Kemampuan Literasi Numerasi Dan Digital Siswa. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 574. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3345
Yuliasto, W. (2014). Peningkatan Keaktifan Siswa pada Pembelajaran Matematika melalui Strategi Snowball Throwing.
Yunita, D., & Wijayanti, A. (2017). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Keaktifan Siswa. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2). https://doi.org/10.30738/sosio.v3i2.1614
Copyright (c) 2025 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah Universitas Muhammadiyah Kuningan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.