JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah Universitas Muhammadiyah Kuningan https://jurnal.umkuningan.ac.id/index.php/jumlahku <p style="text-align: justify;">JUMLAHKU: the scientific mathematics journal of Muhammadiyah University of Kuningan, is a digital journal based on open access, has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of mathematics education. This journal was founded by the Department of Mathematics Education in Muhammadiyah Kuningan, while this has only been indexed by Google Scholar and iOS National Library. JUMLAHKU has received the title of Sinta 4 accreditation in 2020. JUMLAHKU published scientific articles through digital journals in 2015-2022 with issue volume 1 - volume 8 2022. The period of publication of this journal is every May and November.</p> en-US <p align="center"><strong>Open Access</strong></p> <p>JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.</p> <p>This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.</p> <p align="center"><strong>Copyright</strong></p> <p>Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published.&nbsp;<span id="m_4863372954928520277yui_3_16_0_ym19_1_1499518718599_9240">The license type is&nbsp;<a href="http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0">BY-NC-SA 4.0.</a></span></p> <p align="center"><strong>Disclaimer</strong></p> <p>No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.</p> <p>&nbsp;</p> rickisyahidan27@upmk.ac.id (Ricki Yuliardi) evanfarhanwahyupuadi@upmk.ac.id (Evan Farhan Wahyu Puadi) Sat, 31 May 2025 00:00:00 +0000 OJS 3.1.2.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS MAHASISWA https://jurnal.umkuningan.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/4698 <p style="text-align: justify;">Tujuan Penelitian ini untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan penalaran matematis mahasiswa pada mata kuliah Statistik. Peserta penelitian ini adalah mahasiswa semester akhir Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) di Universitas Muhammadiyah Gorontalo. Sampel penelitian terdiri dari 87 mahasiswa, yang semuanya termasuk dalam sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan penalaran matematika dalam bentuk tes awal dan tes akhir. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan desain <em>Pre-Eksperimental Design tipe One Grup Pre-test-Posttest</em> dengan pendekatan kuantitatif. Data dianalisis menggunakan uji-t sampel berpasangan, didahului oleh uji prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai |t<sub>hitung</sub>| &gt; t<sub>tabel</sub> yaitu 11,375 &gt; 1,988. Maka H<sub>0 </sub>ditolak dan H<sub>1</sub> diterima. Dari hal ini, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek memiliki dampak yang signifikan terhadap kemampuan penalaran matematika siswa. Selain itu, hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek memiliki korelasi positif sebesar 87% dengan peningkatan kemampuan penalaran matematika siswa. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran memberikan kontribusi dominan, namun 13% kemampuan penalaran matematika siswa masih bergantung pada faktor lain.</p> Nosva Adam Yunus, Ita Yusritawati Copyright (c) 2025 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah Universitas Muhammadiyah Kuningan https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal.umkuningan.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/4698 Tue, 03 Jun 2025 00:00:00 +0000 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA KAHOOT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA https://jurnal.umkuningan.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/4629 <p style="text-align: justify;">Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi apakah ada pengaruh yang signifikan pada kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika antara siswa yang belajar dengan model <em>Problem Based Learning</em> dan yang tidak. Penelitian ini menggunakan metode <em>quasi eksperimen</em> dengan pendekatan kuantitatif. Desain yang digunakan dalam studi ini adalah <em>post-test only control group design</em>. Seluruh populasi yang diteliti terdiri dari 175 siswa di kelas X SMK Negeri 3 Kota Sungai Penuh. Sampel penelitian diambil dari kelas X busana 2 dengan 24 siswa dan kelas X kuliner 1 yang terdiri dari 21 siswa. Data dikumpulkan melalui metode tes menggunakan instrumen berupa soal uraian. Uji yang dilakukan adalah <em>t-test independent</em> untuk menarik kesimpulan dari hasil penelitian. Hasil yang ditemukan menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL yang dibantu oleh Kahoot mempunyai pengaruh signifikan terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika, yang terlihat dari nilai Sig. (2-tailed) &lt; 0,05 (0,000 &lt; 0,005). Berdasarkan hasil analisis data, model pembelajaran PBL yang memanfaatkan media kahoot memberikan dampak positif terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika.</p> Elsa Yeslina Putri, Laswadi, Mesi Oktafia Copyright (c) 2025 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah Universitas Muhammadiyah Kuningan https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal.umkuningan.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/4629 Sat, 31 May 2025 00:00:00 +0000 PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DENGAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA https://jurnal.umkuningan.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/4543 <p style="text-align: justify;">Riset ini memiliki sasaran untuk mengoptimalkan kompetensi <em>problem-solving</em> pada peserta didik. Fase prasiklus mengungkapkan bahwa kriteria kemampuan tersebut masih berada pada level yang rendah, dan kondisi inilah yang melatarbelakangi partisipasi peserta didik dalam riset ini. Materi yang peneliti ambil untuk penelitian ini yaitu SPtLDV dimana nantinya peserta didik mencari daerah hasil penyelesaian (DHP) pada grafik. Riset ini dikategorikan sebagai penelitian tindakan kelas yang melibatkan dua siklus. Pada siklus pertama, implementasi pembelajaran menggunakan model <em>Problem Based Learning </em>(PBL) dilakukan tanpa adanya dukungan media atau aplikasi.&nbsp; Hasil yang diperoleh per indikator unrtuk siklus I masih tergolong rendah karena dari ke empat indikator pemecahan masalah. Rata-rata yang diperoleh maasih tergolong rendah yaitu hanya sebesar 22,16 dan melakukan tindakan pada siklus II. Temuan yang didapatkan pada siklus II memperlihatkan progres yang substansial dibandingkan siklus I, tercermin dari peningkatan mean pada setiap indikator. Nilai rerata yang dicapai oleh peserta didik tergolong baik, yakni sebesar 72,25. Pada siklus kedua ini, implementasi model pembelajaran Problem Based Learning dioptimalkan dengan pemanfaatan aplikasi Geogebra.</p> Amelia Nisa, Sumliyah, Zaenal Abidin Copyright (c) 2025 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah Universitas Muhammadiyah Kuningan https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal.umkuningan.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/4543 Sat, 31 May 2025 00:00:00 +0000 MENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN SELF – EFFICACY SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING https://jurnal.umkuningan.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/3161 <p style="text-align: justify;">Kemampuan berpikir kreatif matematis dan <em>self-efficacy</em> merupakan keterampilan yang dapat dikembangkan siswa melalui kebiasaan berpikir kreatif dan kepercayaan diri yang berkelanjutan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas dan <em>self-efficacy</em> siswa. Penelitian ini menggunakan metodologi eksperimen kuantitatif dan kualitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Pasundan 2, dan sampel diambil dari dua kelas: XI IPS 2 dan XI IPS 3. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi, angket, dan penilaian keterampilan berpikir kreatif matematis. Berdasarkan analisis data penelitian menggunakan SPSS V.23 for Windows diperoleh hasil bahwa model pembelajaran <em>creative problem solving</em> dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dan meningkatkan <em>self-efficacy</em> siswa. Selain itu peningkatan kemampuan berfikir kreatif dan <em>self-efficacy</em> siswa dengan menggunakan model pembelajaran <em>creative problem solving (CPS) </em>lebih baik daripada menggunakan model konvensioal.</p> Puji Budilestari, Agung Cahya Gumilar, Maulidia Damayani Copyright (c) 2025 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah Universitas Muhammadiyah Kuningan https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal.umkuningan.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/3161 Sat, 31 May 2025 00:00:00 +0000