PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERINTEGRASI CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN POWERPOINT

  • Ervita Dian Pramesti Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Arwanto Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Nurlaela SMP Negeri 1 Plumbon

Abstract

Rendahnya keaktifan belajar matematika siswa kelas IX C SMPN 1 Plumbon terlihat dari beberapa indikator, seperti kurangnya partisipasi siswa dalam diskusi kelas, rendahnya motivasi belajar, serta hasil belajar yang masih rendah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika peserta didik dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dengan model pembelajaran Problem Based Learning yang terintegrasi dengan Culturally Responsive Teaching berbantuan Power Point. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Plumbon pada semester ganjil tahun 2024/2025 dengan subjek penelitian adalah kelas IX C yang terdiri dari 36 peserta didik. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket keaktifan belajar matematika, dan lembar observasi keaktifan belajar matematika. Model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tahap rencana (planning), tahap tindakan (acting), tahap observasi (observing), dan refleksi (reflekcting). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I diperoleh persentase keaktifan belajar matematika peserta didik sebesar 69,88% dan meningkat menjadi 95,53% pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan model pembelajaran Problem Based Learning yang terintegrasi dengan Culturally Responsive Teaching berbantuan PowerPoint mempu meningkatkan keaktifan belajar matematika peserta didik.

Keywords: Keaktifan Belajar Matematika, Pembelajaran Berdiferensiasi, Problem Based Learning, Culturally Responsive Teaching, PowerPoint

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abimanyu, S., & Suo, S. L. (2008). Strategi Pembelajaran. In Edulnovasi. Journal of Basic Educational Studies., Direktorat.

Arikunto S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Pustaka Pelajar.

Farizza, R. Al, Utama, C., Nugraha, S., & Aviant, G. (2024). Analisis Pendekatan Culturally Responsive Teaching(Crt) Terhadap Keaktifan Siswa Kelas V Sdn Medowo 2 Pada Materi Ipa. Jurnal Inovasi Pendidikan Nusantara (IPNU), 1(1), 20–26. https://e-jurnal.mediainsancreative.org/index.php/ipnu

Gay, G. (2018). ertindak berdasarkan keyakinan dalam pendidikan guru untuk keberagaman budaya. Jurnal Pendidikan Guru. Jurnal Pendidikan Guru, 6(1–2), 143–152.

Krisnadi, E. (2022). Pemanfaatan Alat Peraga Matematika Sebagai Jembatan Proses Abstraksi Siswa untuk Pemahaman Konsep. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru XIV, 14(1), 365–376. http://conference.ut.ac.id/index.php/ting/article/download/579/122

Kurniani Ningsih, S., Amaliyah, A., & Puspita Rini, C. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Berajah Journal, 2(1), 44–48. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.48

Kusuma, E. (2014). Upaya Mentransfer Pengetahuan dan Keterampilan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(3), 145–156.

Megawati, F. I., Nursyahidah, F., Fadilah, N., & Valencia, R. E. (2024). Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik melalui Model PBL Berbantu Media Board Game Kelas V. 15(November 2023), 1711–1718.

Meilita, I. M., Asbari, M., & Timur, L. S. (2023). Pendidikan Melalui Permainan: Membangun Kreativitas dan Inovasi pada Generasi Digital. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(5), 68–72. https://jisma.org/index.php/jisma/article/view/629

Melawati, E., Rezkita, S., & Makarti, L. (2022). Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Power Point Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD Negeri Karangpule. Prosidung Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Sarjanawiyata Tamansiswa, 1(1).

Mualifah, K. N., Gembong, S., & Sulistyawati, L. (2024). Implementasi PBL Berintegrasi CRT dan Casel Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII B SMP Negeri 14 Madiun. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(4), 466–477.

Muijs, D., & Reynolds, D. (2008). Effective Teaching: Teori dan Aplikasi. Pustaka Pelajar.

Putri, S. A., Heryanto, D., Aisyah, M., & Sutaryo, U. (2024). Penerapan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bilangan Cacah Fase B Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(10), 874–886.

Rahman, A. A., Mushlihuddin, R., Afifah, N., Refugio, C. N., & Zulnaidi, H. (2024). Problem- based learning innovation through realism and culture : Impact on mathematical problem solving and self-efficacy in primary school students. Al-Jabbar: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 251–264.

Sholihah, N. A., & Adri, H. T. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPAS di SD Melalui Penerapan Model Problem Based Learning dengan Berbantuan Media Power Point. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 15–33.

Siti Nur Rohmah. (2021). Strategi Pembelajaran Matematika. UAD Press.

Sukardi. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas (Implementasi dan Pengembangannya). PT Bumi Aksara.

Syarifuddin, & Nurmi. (2022). embelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX Semester Genap SMP Negeri 1 Wera Tahun Pelajaran 2021/2022. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(2), 93–102.

Zulaeha, I., Sintarani, C., Aminah, S., Taripah, & Lekatompessy, A. (2024). Spektrum Pembelajaran Bahasa di Era Merdeka Belaja. Cahaya Ghani Recovery.

Published
2025-05-31
How to Cite
Ervita Dian Pramesti, Arwanto, & Nurlaela. (2025). PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERINTEGRASI CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN POWERPOINT. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah Universitas Muhammadiyah Kuningan, 11(1), 96-109. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v11i1.4633
Abstract viewed = 37 times
PDF downloaded = 9 times