PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERINTEGRASI CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN POWERPOINT
Abstract
Rendahnya keaktifan belajar matematika siswa kelas IX C SMPN 1 Plumbon terlihat dari beberapa indikator, seperti kurangnya partisipasi siswa dalam diskusi kelas, rendahnya motivasi belajar, serta hasil belajar yang masih rendah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika peserta didik dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dengan model pembelajaran Problem Based Learning yang terintegrasi dengan Culturally Responsive Teaching berbantuan Power Point. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Plumbon pada semester ganjil tahun 2024/2025 dengan subjek penelitian adalah kelas IX C yang terdiri dari 36 peserta didik. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket keaktifan belajar matematika, dan lembar observasi keaktifan belajar matematika. Model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tahap rencana (planning), tahap tindakan (acting), tahap observasi (observing), dan refleksi (reflekcting). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I diperoleh persentase keaktifan belajar matematika peserta didik sebesar 69,88% dan meningkat menjadi 95,53% pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan model pembelajaran Problem Based Learning yang terintegrasi dengan Culturally Responsive Teaching berbantuan PowerPoint mempu meningkatkan keaktifan belajar matematika peserta didik.
Downloads
References
Abimanyu, S., & Suo, S. L. (2008). Strategi Pembelajaran. In Edulnovasi. Journal of Basic Educational Studies., Direktorat.
Arikunto S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Pustaka Pelajar.
Farizza, R. Al, Utama, C., Nugraha, S., & Aviant, G. (2024). Analisis Pendekatan Culturally Responsive Teaching(Crt) Terhadap Keaktifan Siswa Kelas V Sdn Medowo 2 Pada Materi Ipa. Jurnal Inovasi Pendidikan Nusantara (IPNU), 1(1), 20–26. https://e-jurnal.mediainsancreative.org/index.php/ipnu
Gay, G. (2018). ertindak berdasarkan keyakinan dalam pendidikan guru untuk keberagaman budaya. Jurnal Pendidikan Guru. Jurnal Pendidikan Guru, 6(1–2), 143–152.
Krisnadi, E. (2022). Pemanfaatan Alat Peraga Matematika Sebagai Jembatan Proses Abstraksi Siswa untuk Pemahaman Konsep. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru XIV, 14(1), 365–376. http://conference.ut.ac.id/index.php/ting/article/download/579/122
Kurniani Ningsih, S., Amaliyah, A., & Puspita Rini, C. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Berajah Journal, 2(1), 44–48. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.48
Kusuma, E. (2014). Upaya Mentransfer Pengetahuan dan Keterampilan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(3), 145–156.
Megawati, F. I., Nursyahidah, F., Fadilah, N., & Valencia, R. E. (2024). Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik melalui Model PBL Berbantu Media Board Game Kelas V. 15(November 2023), 1711–1718.
Meilita, I. M., Asbari, M., & Timur, L. S. (2023). Pendidikan Melalui Permainan: Membangun Kreativitas dan Inovasi pada Generasi Digital. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(5), 68–72. https://jisma.org/index.php/jisma/article/view/629
Melawati, E., Rezkita, S., & Makarti, L. (2022). Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Power Point Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD Negeri Karangpule. Prosidung Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Sarjanawiyata Tamansiswa, 1(1).
Mualifah, K. N., Gembong, S., & Sulistyawati, L. (2024). Implementasi PBL Berintegrasi CRT dan Casel Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII B SMP Negeri 14 Madiun. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(4), 466–477.
Muijs, D., & Reynolds, D. (2008). Effective Teaching: Teori dan Aplikasi. Pustaka Pelajar.
Putri, S. A., Heryanto, D., Aisyah, M., & Sutaryo, U. (2024). Penerapan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bilangan Cacah Fase B Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(10), 874–886.
Rahman, A. A., Mushlihuddin, R., Afifah, N., Refugio, C. N., & Zulnaidi, H. (2024). Problem- based learning innovation through realism and culture : Impact on mathematical problem solving and self-efficacy in primary school students. Al-Jabbar: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 251–264.
Sholihah, N. A., & Adri, H. T. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPAS di SD Melalui Penerapan Model Problem Based Learning dengan Berbantuan Media Power Point. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 15–33.
Siti Nur Rohmah. (2021). Strategi Pembelajaran Matematika. UAD Press.
Sukardi. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas (Implementasi dan Pengembangannya). PT Bumi Aksara.
Syarifuddin, & Nurmi. (2022). embelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX Semester Genap SMP Negeri 1 Wera Tahun Pelajaran 2021/2022. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(2), 93–102.
Zulaeha, I., Sintarani, C., Aminah, S., Taripah, & Lekatompessy, A. (2024). Spektrum Pembelajaran Bahasa di Era Merdeka Belaja. Cahaya Ghani Recovery.
Copyright (c) 2025 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah Universitas Muhammadiyah Kuningan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.