https://jurnal.umkuningan.ac.id/index.php/jumlahku/issue/feed JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah Universitas Muhammadiyah Kuningan 2025-06-03T02:17:06+00:00 Ricki Yuliardi rickisyahidan27@upmk.ac.id Open Journal Systems <p style="text-align: justify;">JUMLAHKU: the scientific mathematics journal of Muhammadiyah University of Kuningan, is a digital journal based on open access, has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of mathematics education. This journal was founded by the Department of Mathematics Education in Muhammadiyah Kuningan, while this has only been indexed by Google Scholar and iOS National Library. JUMLAHKU has received the title of Sinta 4 accreditation in 2020. JUMLAHKU published scientific articles through digital journals in 2015-2022 with issue volume 1 - volume 8 2022. The period of publication of this journal is every May and November.</p> https://jurnal.umkuningan.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/4698 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS MAHASISWA 2025-06-03T02:17:06+00:00 Nosva Adam Yunus nosva@umgo.ac.id Ita Yusritawati ita@upmk.ac.id <p style="text-align: justify;">Tujuan Penelitian ini untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan penalaran matematis mahasiswa pada mata kuliah Statistik. Peserta penelitian ini adalah mahasiswa semester akhir Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) di Universitas Muhammadiyah Gorontalo. Sampel penelitian terdiri dari 87 mahasiswa, yang semuanya termasuk dalam sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan penalaran matematika dalam bentuk tes awal dan tes akhir. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan desain <em>Pre-Eksperimental Design tipe One Grup Pre-test-Posttest</em> dengan pendekatan kuantitatif. Data dianalisis menggunakan uji-t sampel berpasangan, didahului oleh uji prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai |t<sub>hitung</sub>| &gt; t<sub>tabel</sub> yaitu 11,375 &gt; 1,988. Maka H<sub>0 </sub>ditolak dan H<sub>1</sub> diterima. Dari hal ini, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek memiliki dampak yang signifikan terhadap kemampuan penalaran matematika siswa. Selain itu, hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek memiliki korelasi positif sebesar 87% dengan peningkatan kemampuan penalaran matematika siswa. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran memberikan kontribusi dominan, namun 13% kemampuan penalaran matematika siswa masih bergantung pada faktor lain.</p> 2025-06-03T02:17:06+00:00 Copyright (c) 2025 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah Universitas Muhammadiyah Kuningan https://jurnal.umkuningan.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/4554 OPTIMALISASI KETERAMPILAN KOLABORASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA MERANCANG ASESMEN AUTENTIK 2025-06-02T08:26:06+00:00 Zubaidah R zubaidah.r@fkip.untan.ac.id Munaldus munaldus@fkip.untan.ac.id Dona Fitriawan donafitriawan@fkip.untan.ac.id Nurfadilah Siregar nurfadilah.siregar@fkip.untan.ac.id <p style="text-align: justify;">Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) profil keterampilan kolaborasi mahasiswa; 2) kemampuan mahasiswa dalam merancang alat ukur asesmen autentik yang meliputi dimensi sikap, kognitif, dan keterampilan. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian dilaksanakan di FKIP Untan Pontianak dengan melibatkan 49 mahasiswa yang mengikuti perkuliahan penilaian pembelajaran matematika. Teknik pengumpulan datanya adalah teknik pengukuran dan komunikasi tidak langsung dengan instrumennya berupa tes kemampuan dan angket skala kolaborasi. Hasil penelitiannya adalah: profil kolaborasi yang dicapai terdiri dari konstribusi mahasiswa sebesar 48,6%. teknik penyelidikan sebesar 50,8%. fleksibilitas sebesar 80,5%, ketergantungan positif sebesar 71%, tanggung jawab sebesar 49,3%; 2) dimensi sikap yang memperoleh kategori sangat tinggi sebesar 16,33%, tinggi sebesar 44,33%, sedang sebesar 25%, dan rendah sebesar 14,33%; 3) dalam dimensi kognitif yang memperoleh kategori sangat tinggi sebesar 24,5%, tinggi sebesar 38,7%, sedang sebesar 22,5%, dan rendah sebesar 14,3%; dan 4) dalam dimensi keterampilan yang memperoleh kategori sangat tinggi sebesar 20,5%, tinggi sebesar 36,7%, sedang sebesar 26,5%, dan rendah sebesar 16,3%. Dari penelitian ini diperoleh keterampilan kolaborasi mahasiswa tergolong kuat, kemampuan mahasiswa merancang instrument skala sikap tergolong tinggi, kemampuan mahasiswa merancang penilaian kognitif tergolong sedang, dan kemampuan mahasiswa merancang instrument pengukuran keterampilan tergolong sedang.</p> 2025-05-31T15:09:41+00:00 Copyright (c) 2025 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah Universitas Muhammadiyah Kuningan https://jurnal.umkuningan.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/4546 PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA 2025-06-02T05:17:53+00:00 Hasbi Perdinan hasbiperdinan25@gmail.com Ahmad Yani T ahmad.yani.t@fkip.untan.ac.id Dona Fitriawan donafitriawan@fkip.untan.ac.id Sugiatno sugiatno@fkip.untan.ac.id Edy Yusmin edy.yusmin@fkip.untan.ac.id <p style="text-align: justify;">Upaya mencapai hasil belajar matematika yang optimal masih menghadapi berbagai kendala dari pihak siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Pontianak. Subjek penelitian terdiri atas dua kelas, yaitu VIII H dan VIII K, yang masing-masing berjumlah 31 siswa. Hasil analisis mengindikasikan bahwasanya rerata nilai tes akhir kelas perlakuan (eksperimen) mencapai 76,45, di sisi lain kelas pembanding (kontrol) hanya 63,55. Uji Independent T-Test menghasilkan signifikansi statistik sebesar 0,00, yang berarti 0,00 &lt; 0,05, sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Uji besar pengaruh (effect size) sebesar 0,94 termasuk dalam klasifikasi tinggi, mengindikasikan bahwa model pembelajaran TGT mempunyai pengaruh yang tergolong tinggi dalam peningkatan hasil belajar matematika siswa. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model TGT terbukti berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di SMPN 13 Pontianak.</p> 2025-05-31T14:46:04+00:00 Copyright (c) 2025 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah Universitas Muhammadiyah Kuningan https://jurnal.umkuningan.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/4707 EKSPLORASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH ALJABAR PADA MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GORONTALO 2025-05-31T16:52:14+00:00 Rizal Masaniku rizalmasaniku@umgo.ac.id Ricky Yuliardi rickisyahidan27@upmk.ac.id <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kemampuan pemecahan masalah aljabar mahasiswa PGSD. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 mahasiswa dengan kemampuan kategori tinggi. Instrumen yang digunakan adalah 3 butir soal aljabar dan pedoman wawancara. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data yakni metode tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Subjek Kategori Tinggi 1 (SKT1) mampu memenuhi setiap indikator kemampuan pemecahan masalah yakni kemampuan memahami masalah, merencanakan pemecahan, menyelesaikan masalah dan memeriksa kembali hasil yang diperoleh pada soal nomor 1, 2, dan 3. Sedangkan Subjek Kategori Tinggi 2 (SKT2) hanya mampu memenuhi setiap indikator kemampuan pemecahan masalah pada pada soal nomor 2 dan 3. Pada soal nomor 1, meskipun telah memenuhi indikator memahami masalah, merencanakan pemecahan, dan menyelesaikan masalah sehingga kesimpulan jawabannya juga sudah benar, namun SKT2 tidak mampu memenuhi indikator kemampuan pemecahan masalah yang keempat yakni memeriksa kembali hasil yang diperoleh untuk menguji kebenaran kesimpulan jawabannya.</p> 2025-05-31T14:03:17+00:00 Copyright (c) 2025 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah Universitas Muhammadiyah Kuningan