OPTIMALISASI KETERAMPILAN KOLABORASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA MERANCANG ASESMEN AUTENTIK
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) profil keterampilan kolaborasi mahasiswa; 2) kemampuan mahasiswa dalam merancang alat ukur asesmen autentik yang meliputi dimensi sikap, kognitif, dan keterampilan. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian dilaksanakan di FKIP Untan Pontianak dengan melibatkan 49 mahasiswa yang mengikuti perkuliahan penilaian pembelajaran matematika. Teknik pengumpulan datanya adalah teknik pengukuran dan komunikasi tidak langsung dengan instrumennya berupa tes kemampuan dan angket skala kolaborasi. Hasil penelitiannya adalah: profil kolaborasi yang dicapai terdiri dari konstribusi mahasiswa sebesar 48,6%. teknik penyelidikan sebesar 50,8%. fleksibilitas sebesar 80,5%, ketergantungan positif sebesar 71%, tanggung jawab sebesar 49,3%; 2) dimensi sikap yang memperoleh kategori sangat tinggi sebesar 16,33%, tinggi sebesar 44,33%, sedang sebesar 25%, dan rendah sebesar 14,33%; 3) dalam dimensi kognitif yang memperoleh kategori sangat tinggi sebesar 24,5%, tinggi sebesar 38,7%, sedang sebesar 22,5%, dan rendah sebesar 14,3%; dan 4) dalam dimensi keterampilan yang memperoleh kategori sangat tinggi sebesar 20,5%, tinggi sebesar 36,7%, sedang sebesar 26,5%, dan rendah sebesar 16,3%. Dari penelitian ini diperoleh keterampilan kolaborasi mahasiswa tergolong kuat, kemampuan mahasiswa merancang instrument skala sikap tergolong tinggi, kemampuan mahasiswa merancang penilaian kognitif tergolong sedang, dan kemampuan mahasiswa merancang instrument pengukuran keterampilan tergolong sedang.
Downloads
References
Adha, E., & Permatasari, C. L. (2021). Peran Pendidikan Kewirausahaan Dalam Menumbuhkan Kesiapan Berwirausahaa Peserta didik. Journal of Economic Education, 15, 60–71. https://doi.org/10.19184/jpe.v15i1.21158
Anggelita, D. M., Mustaji, M., & Mariono, A. (2020). Pengaruh Keterampilan Kolaborasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta didik SMK. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2), 21–30. https://doi.org/10.32832/educate.v5i2.3323
Eveline, E., & Suparno, S. (2021). Analisis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Peserta didik Sekolah Menengah Atas di Kota Pontianak. QUANTUM: Jurnal Pembelajaran IPA Dan Aplikasinya, 1(1), 13–18. https://doi.org/10.46368/qjpia.v1i1.311
Fatmawanti, I., & Istihapsari, V. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD Materi Segiempat Segitiga. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika, 1(2), 1–11. https://doi.org/10.56587/jipm.v1i2.32
Fauzi, A. (2020). E-Learning Berbasis Moodle Komunikasi Guna Mencegah Penyebaran Covid-19. Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman, 13(1), 28–39.
Hardiansyah, H., Putri, A. P., Wibisono, M. D., Utami, D. S., & Diana, D. (2020). Penyusunan Alat Ukur Resiliensi Akademik. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 9(3), 185. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v9i3.3159
Hidayati, N., Ferazona, S., Desti, D., & Idris, T. (2021). 4Cs’ (Critical Thinking, Communication, Collaboration, Creativity) pada Era Revolusi Industri 4.0: Pentingnya Mengenalkan Keterampilan ini Bagi Guru SMPN 1 Kuok. Community Education Engagement Journal, 3(1), 30–38. https://doi.org/10.25299/ceej.v3i01.7822
Ikhsani, M. M., Bagis, F., & Darmawan, A. (2022). the Role of Human Resource Management on Increasing Organizational Commitment To Hospital Employees in Banyumas Regency. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 6(1), 754. https://doi.org/10.29040/ijebar.v6i1.4909
Island, F., Islands, G., Fuke, Y., Iwasaki, T., Sasazuka, M., & Yamamoto, Y. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Pendidikan, 71(1), 63–71.
Lutfiwati, S. (2020). Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Matematika. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 10(1), 55.
Marlina, W., & Jayanti, D. (2019). 4C dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Sendika, 5(1), 392–396.
Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhammad Yahya, Sidin, U. S., & Wahyudi. (2023). Pelatihan Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka Bagi Guru SMK Produktif Kota Makassar. TEKNOVOKASI : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 292–297. https://doi.org/10.59562/teknovokasi.v1i3.964
Muhardini, S., Sudarwo, S., Anam, K., Bilal, A. I., Mayasari, D., Haifaturrahmah, H., Winata, A., Haeruni, H., Husnah, A., Pratiwi, N. M. S., Nurjannah, N., Hidayanti, N., Fitri, R., Susilawati, S., Milandari, B. D., & Ibrahim, I. (2023). Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pengembangan Perangkat Pembelajaran Di Gugus 5 Kota Mataram. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 839. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.14580
NCTM. (2019). Chapter 1 Teaching Mathematics in the 21st Century. Principles and Standards for School Mathematics, 1908, 2–6.
Ningsih, A., Kusaeri, & Suparto. (2022). Pengembangan Four-Tier Diagnostic Test Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Materi Segitiga. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 61–74. https://doi.org/10.36526/tr.v6i1.1941
Pangestuti, D. S., Latifah, N., Guru, P., Dasar, S., & Tangerang, U. M. (2019). Pengaruh Metode Socriates Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Kelas V. 3(1), 85–94.
Pratiwi, E. T., & Setyaningtyas, E. W. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Basicedu, 4(2), 379–388. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.362
Purwadhi. (2019). Pembelajaran Inovatif dalam Pembentukan Karakter Peserta didik. Mimbar Pendidikan, 4(1), 21–34. https://doi.org/10.17509/mimbardik.v4i1.16968
Putri Timur, A., Maryono, I., Lesta Ariany, R., Pendidikan Matematika, P., Sunan Gunung Djati Bandung Jl Soekarno Hatta, U., & Bandung, K. (2022). Mathematics Education on Research Publication (MERP I ). Gunung Djati Conference S Eries, 12, 16–22.
Saenab, S., Yunus, S. R., & Husain, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa Pendidikan IPA. Biosel: Biology Science and Education, 8(1), 29. https://doi.org/10.33477/bs.v8i1.844
Septikasari, R. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, VIII(2), 107–117.
Sholihatin, T., Suana, W., & Sesunan, F. (2019). Pengaruh Pemanfaatan Mobile Instant Messaging pada Pembelajaran Materi Hukum Newton terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 1–10. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v15i1.349
Siburian, J., Sinaga, E., & Murni, P. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Implementasi Flipped. 12(1), 71–80. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v12i1.68213
Sofyana, N. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Smp Negeri 1 Tungkal Ulu Pada Materi Bioteknologi Melalui Model Project Based Learning. Inspiratif Pendidikan, 12(1), 127–138. https://doi.org/10.24252/ip.v12i1.38900
Sulistyowati, Rahmad, Gofur, A., Jasiah, Syabrina, M., Syar, N. I., & Mahmudah, I. (2023). Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka di MIN 2 Kota Palangka Raya. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(2), 888–895.
Ulhusna, M., Putri, S. D., & Zakirman, Z. (2020). Permainan Ludo untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta didik dalam Pembelajaran Matematika. International Journal of Elementary Education, 4(2), 130. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i2.23050
Copyright (c) 2025 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah Universitas Muhammadiyah Kuningan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.