PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Abstract
Upaya mencapai hasil belajar matematika yang optimal masih menghadapi berbagai kendala dari pihak siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Pontianak. Subjek penelitian terdiri atas dua kelas, yaitu VIII H dan VIII K, yang masing-masing berjumlah 31 siswa. Hasil analisis mengindikasikan bahwasanya rerata nilai tes akhir kelas perlakuan (eksperimen) mencapai 76,45, di sisi lain kelas pembanding (kontrol) hanya 63,55. Uji Independent T-Test menghasilkan signifikansi statistik sebesar 0,00, yang berarti 0,00 < 0,05, sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Uji besar pengaruh (effect size) sebesar 0,94 termasuk dalam klasifikasi tinggi, mengindikasikan bahwa model pembelajaran TGT mempunyai pengaruh yang tergolong tinggi dalam peningkatan hasil belajar matematika siswa. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model TGT terbukti berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di SMPN 13 Pontianak.
Downloads
References
Becker, L. A. (2000). Effect Size. Dictionary of Statistics & Methodology, 1993. https://doi.org/10.4135/9781412983907.n624
Cahyaningsih, U. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD. 3(1), 1–5.
Fauzi, A., & Masrupah, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Ngaos: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 10–20. https://doi.org/10.59373/ngaos.v2i1.7
Hasanah, U., Wijayanti, R., & Liesdiani3, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dengan Permainan Ludo terhadap Hasil Belajar Siswa. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 104–111. https://doi.org/10.24176/anargya.v3i2.5334
Leonard, L., & Kusumaningsih, K. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS-GAMES-TOURNAMENTS (TGT) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA KONSEP SISTEM PENCERNAAN MANUSIA. Faktor Exacta, 2, 83–98.
OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. OECD Publishing. https://gpseducation.oecd.org/CountryProfile?primaryCountry=IDN&topic=PI
Solihah. (2016). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science, 3(2), 243–250. https://doi.org/10.52188/ijpess.v3i2.465
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Suhendri, H. (2022). Pengaruh pemberian tugas pekerjaan rumah terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kemandirian belajar siswa. Exacta Jurnal Ilmiah Pendidikan & Teknologi, 3(4), 361–363.
Sulistiani, U. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Matematika Siswa Kelas 5 SDN 1 BODOR. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 08(September), 5–24.
Susanna. (2018). Penerapan Teams Games Tournament (TGT) Melalui Media Kartu Domino Pada Materi Minyak Bumi Siswa Kelas Xi Man 4 Aceh Besar. Lantanida Journal, 5(2), 93–105.
Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif Dan Metode Gabungan (Edisi Pertama). Jakarta: Pt Fajar Interpratama Mandiri.
Copyright (c) 2025 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah Universitas Muhammadiyah Kuningan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.