PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

  • Hasbi Perdinan Universitas Tanjungpura
  • Ahmad Yani T Universitas Tanjungpura
  • Dona Fitriawan Universitas Tanjungpura
  • Sugiatno Universitas Tanjungpura
  • Edy Yusmin Universitas Tanjungpura

Abstract

Upaya mencapai hasil belajar matematika yang optimal masih menghadapi berbagai kendala dari pihak siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Pontianak. Subjek penelitian terdiri atas dua kelas, yaitu VIII H dan VIII K, yang masing-masing berjumlah 31 siswa. Hasil analisis mengindikasikan bahwasanya rerata nilai tes akhir kelas perlakuan (eksperimen) mencapai 76,45, di sisi lain kelas pembanding (kontrol) hanya 63,55. Uji Independent T-Test menghasilkan signifikansi statistik sebesar 0,00, yang berarti 0,00 < 0,05, sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Uji besar pengaruh (effect size) sebesar 0,94 termasuk dalam klasifikasi tinggi, mengindikasikan bahwa model pembelajaran TGT mempunyai pengaruh yang tergolong tinggi dalam peningkatan hasil belajar matematika siswa. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model TGT terbukti berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di SMPN 13 Pontianak.

Keywords: Pengaruh, Model Pembelajaran Team Games Tournament, Hasil Belajar Matematika

Downloads

Download data is not yet available.

References

Becker, L. A. (2000). Effect Size. Dictionary of Statistics & Methodology, 1993. https://doi.org/10.4135/9781412983907.n624

Cahyaningsih, U. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD. 3(1), 1–5.

Fauzi, A., & Masrupah, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Ngaos: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 10–20. https://doi.org/10.59373/ngaos.v2i1.7

Hasanah, U., Wijayanti, R., & Liesdiani3, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dengan Permainan Ludo terhadap Hasil Belajar Siswa. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 104–111. https://doi.org/10.24176/anargya.v3i2.5334

Leonard, L., & Kusumaningsih, K. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS-GAMES-TOURNAMENTS (TGT) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA KONSEP SISTEM PENCERNAAN MANUSIA. Faktor Exacta, 2, 83–98.

OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. OECD Publishing. https://gpseducation.oecd.org/CountryProfile?primaryCountry=IDN&topic=PI

Solihah. (2016). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science, 3(2), 243–250. https://doi.org/10.52188/ijpess.v3i2.465

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Suhendri, H. (2022). Pengaruh pemberian tugas pekerjaan rumah terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kemandirian belajar siswa. Exacta Jurnal Ilmiah Pendidikan & Teknologi, 3(4), 361–363.

Sulistiani, U. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Matematika Siswa Kelas 5 SDN 1 BODOR. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 08(September), 5–24.

Susanna. (2018). Penerapan Teams Games Tournament (TGT) Melalui Media Kartu Domino Pada Materi Minyak Bumi Siswa Kelas Xi Man 4 Aceh Besar. Lantanida Journal, 5(2), 93–105.

Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif Dan Metode Gabungan (Edisi Pertama). Jakarta: Pt Fajar Interpratama Mandiri.

Published
2025-05-31
How to Cite
Hasbi Perdinan, Ahmad Yani T, Dona Fitriawan, Sugiatno, & Edy Yusmin. (2025). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah Universitas Muhammadiyah Kuningan, 11(1). https://doi.org/10.33222/jumlahku.v11i1.4546
Abstract viewed = 17 times

Most read articles by the same author(s)