EKSPLORASI POTENSI BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK DALAM MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

  • Melsa Putri Universitas Tanjungpura
  • Sugiatno Universitas Tanjungpura
  • Agung Hartoyo Universitas Tanjungpura
  • Dede Suratman Universitas Tanjungpura
  • Hamdani Universitas Tanjungpura

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan dalam menjelaskan potensi berpikir kreatif peserta didik ketika mengerjakan soal tes berpikir kreatif. Jenis penelitian yang digunakan berupa jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini terdiri dari 28 peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Pontianak. Dari 28 peserta didik, dipilih 2 peserta didik pada setiap kategori potensi berpikir kreatif atas, tengah dan bawah untuk diwawancarai, sehingga total terdapat 6 peserta didik. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes tertulis berupa soal-soal berpikir kreatif yang berjumlahkan 4 soal dengan indikator kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), keaslian (originality), dan keterperincian (elaboration) serta wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada teknik analisis Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi berpikir kreatif dari 28 peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Pontianak berada pada kriteria cukup baik, dengan tingkat ketercapaian mencapai 52,68%. Lebih lanjut, hasil wawancara dengan subjek terpilih mengungkapkan terdapat perbedaan signifikan antar kategori. Peserta didik dengan kategori atas menguasai seluruh indikator berpikir kreatif yang diamati, yaitu kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), keaslian (originality), dan keterperincian (elaboration). Kemudian, peserta didik dengan kategori tengah menguasai beberapa indikator, sementara kategori bawah menunjukkan keterbatasan pada semua indikator tersebut.

Keywords: Eksplorasi, Materi Bangun Ruang Sisi Datar, Potensi Berpikir Kreatif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aseeri, M. M. Y. (2020). Abstract Thinking of Practicum Students at Najran University in Light of Piaget’s Theory and Its Relation to Their Academic Level. Journal of Curriculum and Teaching, 9(1), 63. https://doi.org/10.5430/jct.v9n1p63

Awan, U., Sroufe, R., & Kraslawski, A. (2019). Creativity enables sustainable development: Supplier engagement as a boundary condition for the positive effect on green innovation. Journal of Cleaner Production, 226, 172–185. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2019.03.308

Creswell, J. W. (2015). Educational Research - Planning, COnducting, And Evaluating Quantitative and Qualitative Research - Fifth Edition. In AORN Journal (Vol. 62, Issue 1).

Dirgantara, W., Wayan, P., Suyasa, A., Nengah, I., & Mertayasa, E. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar Berbasis Articulat Storyline 3 Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII di SMP Lab Undiksha. Kumpulan Artikel Mahapeserta didik Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 12(1), 67–77.

Guilford, J. P. (1973). Characteristics of Creativity.

Hikmatulloh, M. S., Subarinah, S., Novitasari, D., & Sridana, N. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Gaya Belajar Peserta didik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 81–98. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.4749 Received:

Himmah, E. F., Handayanto, S. K., & Kusairi, S. (2021). Potensi Berpikir Kreatif Peserta didik SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(1), 50. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i1.14380

Huang, Y.-C. (2021). Comparison and Contrast of Piaget and Vygotsky’s Theories. Proceedings of the 7th International Conference on Humanities and Social Science Research (ICHSSR 2021), 554(Ichssr), 28–32. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210519.007

Ida, S., Aziz, R., & Irawan, W. H. (2021). Critical and Creative Thinking Skills To Solving Math Story Problems in Elementary School Students. Jurnal Tatsqif, 19(2), 98–113. https://doi.org/10.20414/jtq.v19i2.4069

Klau, Y. E., Garak, S. S., & Samo, D. D. (2022). Kajian Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama pada Materi Geometri. Fraktal: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.35508/fractal.v3i1.5635

Lexy, M. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosda Karya Bandung.

Loiulro, R., Mataheru, W., & Ngilawajan, D. A. (2023). Analisis Berpikir Kreatif Peserta didik Dalam Pemecahan Masalah Persamaan Kuadrat. Atom : Jurnal Riset Mahapeserta didik, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.30598/atom.1.1.1-11

Monisa, S., Bistari, & Fitriawan, D. (2023). Kemampuan berpikir kreatif terhadap pemecahan masalah. 6(1), 169–178. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i1.14565

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). (2000). Executive Summary : Principles and Standards for School Mathematics. The Arithmetic Teacher, 12747–12752.

Nurwahyuni, Sugiatno, & Ahmad, D. (2020). Potensi Berpikir Kreatif Peserta Didik dalam Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Teori Wallas di SMP. 1–12.

Putri, Y. S., & Alberida, H. (2022). Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas X Tahun Ajaran 2021/2022 di SMAN 1 Pariaman. Biodik, 8(2), 112–117. https://doi.org/10.22437/bio.v8i2.17356

Saefudin, A. A. (2011). Proses Berpikir Kreatif Peserta didik Sekolah Dasar (SD) Berkemampuan Matematika Tinggi dalam Pemecahan Masalah Matematika Terbuka. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1–9.

Samosa, R. C., Mae Dominguez, J. P., Budaño, S. D., Joy Ronquillo, C. C., Ellein Yumul, R. F., De San Gabriel Arcangel, C., & De San Gabriel Arcanghel, C. (2021). Visualize, Represent and Solve Problem Technique as Teaching Strategy to Improve the Learner’s Problem Solving Skill in Mathematics 2. International Journal of Academic Multidisciplinary Research, 5(12), 75–78. www.ijeais.org/ijamr

Satriawan, M., Rosmiati, R., Widia, W., Sarnita, F., Suswati, L., Subhan, M., & Fatimah, F. (2020). Physics learning based contextual problems to enhance students’ creative thinking skills in fluid topic. Journal of Physics: Conference Series, 1521(2). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/2/022036

Sternberg, R. J. (2006). The Nature of Creativity. Creativity Research Journal, 18(1), 87–98. https://doi.org/10.1207/s15326934crj1801_10

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D (M. Dr.Ir.Sutopo.S.Pd (ed.)). Alfabeta.

Toheri, Winarso, W., & Haqq, A. A. (2020). Where exactly for enhance critical and creative thinking: The use of problem posing or contextual learning. European Journal of Educational Research, 9(2), 877–887. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.2.877

Trisnayanti, Y., Ashadi, Sunarno, W., & Masykuri, M. (2020). Creative thinking profile of junior high school students on learning science. Journal of Physics: Conference Series, 1511(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1511/1/012072

Wahyuni, W., Zaiyar, M., Mazlan, M., Saragih, S., & Napitupulu, E. (2023). Students talk about difficulties they have in solving math problems. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 181–190. https://doi.org/10.24042/ajpm.v14i1.16910

Wulantina, E., Kusmayadi, T. A., & Riyadi. (2015). Proses berpikir kreatif peserta didik dalam pemecahan matematika pada peserta didik kelas X MIA SMA 6 Surakarta. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 3(6), 671–682.

Zuliyanti, Sugiatno, & Suratman, D. (2018). Potensi Berpikir Kreatif Peserta didik Dalam Penyelesaian Soal Cerita Materi Segitiga di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(6), 1–9.

Published
2025-05-31
How to Cite
Melsa Putri, Sugiatno, Agung Hartoyo, Dede Suratman, & Hamdani. (2025). EKSPLORASI POTENSI BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK DALAM MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah Universitas Muhammadiyah Kuningan, 11(1), 64-76. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v11i1.4565
Abstract viewed = 18 times
PDF downloaded = 6 times