HUBUNGAN KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN ADVERSITY QUOTIENT DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
Banyak peserta didik yang telah memberikan label negatif terhadap matematika yang mengakibatkan kebanyakan peserta didik malas untuk berusaha dan berpengaruh terhadap rendahnya hasil belajar. Hal tersebut seringkali disebabkan oleh kurangnya kesadaran diri terhadap matematika dan kemampuan menghadapi tantangan belajar. Penelitian ini bertujuan menguji hubungan antara kecerdasan intrapersonal dan adversity quotient dengan hasil belajar matematika peserta didik kelas X di MAN 2 Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasional. Sampel penelitian terdiri dari 68 peserta didik kelas X A sampai dengan kelas X F yang dipilih dengan teknik Proportional Stratified Random. Data dikumpulkan melalui angketang telah melalui uji validitas dan reliabilitas untuk memastikan kualitas instrumen. Uji validitas menggunakan korelasi Pearson di mana seluruh butir pernyataan memiliki nilai rhitung > rtabel, sehingga dinyatakan valid. Sementara uji reliabilitas dilakukan dengan rumus Alpha Cronbach dan menghasilkan nilai 0,853 > 0,70 menunjukkan angket memiliki reliabilitas tinggi dan layak digunakan, serta tes essay yang mengukur hasil belajar matematika. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan intrapersonal dengan hasil belajar matematika peserta didik dengan nilai korelasi pearson rhitung > rtabel yaitu 0,816 > 0,239. Demikian pula, adanya hubungan yang signifikan antara adversity quotient dengan hasil belajar matematika peserta didik dengan nilai korelasi pearson rhitung > rtabel yaitu 0,768 > 0,239. Analisis korelasi ganda juga menunjukkan bahwa kecerdasan intrapersonal dan adversity quotient secara bersamaan memiliki hubungan yang signifikan terhadap hasil belajar matematika. Nilai korelasi ganda sebesar 0,871 menunjukkan bahwa semakin tinggi kecerdasan intrapersonal dan adversity quotient peserta didik, maka semakin tinggi pula hasil belajar matematikanya.
Downloads
References
Abubakar, R. (2017). Pengantar Metodologi Penelitian. In Antasari Press.
Ajengprabandari, K. (2019). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas Iv Sd Negeri 4 Genengadal. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Arikunto, S. (2010). Manajemen Penelitian. Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Azwar, S. (2022). Metode Penelitian Psikologi (Edisi 2). Pustaka pelajar.
Gardner, H. (2013). Multiple Intelligences: Memaksimalkan Potensi dan Kecerdasan Individu dan Masa Kanak-Kanak Hingga Dewasa. Daras Books.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Huda, N., & Damar, D. (2021). Asosiasi Adversity Quotient dengan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Jenjang SMP. Journal of Instructional Mathematics, 2(1). https://doi.org/10.37640/jim.v2i1.892
Jailani, M. (2024). Kecerdasan Personal Sebagai Pemantik Pengembangan Inovasi Pada Peserta didik Kelas 7 Smp Muhammadiyah Yogyakarta. Transformasi: Journal of Manado Education and Training Center of Religious Affairs, 6(No.2), 159–186.
Kezia, A., Gismin, S. S., & Umar, M. F. R. (2024). Gambaran Adversity Quotient pada Taruna di Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar. Jurnal Psikologi Karakter, 4(2).
Maratusyolihat, Adillah, N., & Ulfah, M. (2021). Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal Dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pelajaran Matematika. KORDINAT, 20(2).
Muhid, A. (2019). Analisis Statistik 5 Langkah Praktis Analisis Statistik dengan SPSS for Windows (D. Nur Hidaya (ed.)). Zifatama Jawara.
Nuryadi, Dwi Astuti, T., Sri Utami, E., & Budiantara, M. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian.
Pertiwi, A. W. (2022). Pengaruh Kecerdasan Interpersonal dan Kecerdasan Intrapersonal Terhadap Hasil Belajar Peserta didik SMP 1 Cemerlang Sepatan Timur Kelas VII. Journal of Academia Perspectives, 2(2), 121–132. https://doi.org/10.30998/jap.v2i2.1043
Purwaningsih, I., Oktariani, Hernawati, L., Wardarita, R., & Utami, P. I. (2022). Pendidikan Sebagai Suatu Sistem. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 10(1).
Rahima, M. (2023). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Pada Peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 4(3).
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Sugiyono, & Susanto, A. (2015). Cara Mudah Belajar SPSS & Lisrel: Teori dan Aplikasi Untuk Analisis Data Penelitian. Alfabeta.
Tambun, S. I. E., Sirait, G., & Simamora, J. (2020). Analisis Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Mencakup Bab Iv Pasal 5 Mengenai Hak Dan Kewajiban Warga Negara, Orang Tua Dan Pemerintah. Visi Ilmu Sosial Dan Humaniora (VISH), 01(01).
Zulkarnain, I., Septhiani, S., Nusantari, D. O., Studi, P., & Matematika, P. (2022). Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal Dan Adversity Quotient Terhadap Prestasi Belajar Matematika. 4(20), 1–12.
Copyright (c) 2025 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah Universitas Muhammadiyah Kuningan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.