HUBUNGAN KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN ADVERSITY QUOTIENT DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

  • Febriani Ratu Sakinah Universitas Tanjungpura
  • Zubaidah R Universitas Tanjungpura
  • Rustam Universitas Tanjungpura

Abstract

Banyak peserta didik yang telah memberikan label negatif terhadap matematika yang mengakibatkan kebanyakan peserta didik malas untuk berusaha dan berpengaruh terhadap rendahnya hasil belajar. Hal tersebut seringkali disebabkan oleh kurangnya kesadaran diri terhadap matematika dan kemampuan menghadapi tantangan belajar. Penelitian ini bertujuan menguji hubungan antara kecerdasan intrapersonal dan adversity quotient dengan hasil belajar matematika peserta didik kelas X di MAN 2 Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasional. Sampel penelitian terdiri dari 68 peserta didik kelas X A sampai dengan kelas X F yang dipilih dengan teknik Proportional Stratified Random. Data dikumpulkan melalui angketang telah melalui uji validitas dan reliabilitas untuk memastikan kualitas instrumen. Uji validitas menggunakan korelasi Pearson di mana seluruh butir pernyataan memiliki nilai rhitung > rtabel, sehingga dinyatakan valid. Sementara uji reliabilitas dilakukan dengan rumus Alpha Cronbach dan menghasilkan nilai 0,853 > 0,70 menunjukkan angket memiliki reliabilitas tinggi dan layak digunakan, serta tes essay yang mengukur hasil belajar matematika. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan intrapersonal dengan hasil belajar matematika peserta didik dengan nilai korelasi pearson rhitung > rtabel yaitu 0,816 > 0,239. Demikian pula, adanya hubungan yang signifikan antara adversity quotient dengan hasil belajar matematika peserta didik dengan nilai korelasi pearson rhitung > rtabel yaitu 0,768 > 0,239. Analisis korelasi ganda juga menunjukkan bahwa kecerdasan intrapersonal dan adversity quotient secara bersamaan memiliki hubungan yang signifikan terhadap hasil belajar matematika. Nilai korelasi ganda sebesar 0,871 menunjukkan bahwa semakin tinggi kecerdasan intrapersonal dan adversity quotient peserta didik, maka semakin tinggi pula hasil belajar matematikanya.

Keywords: Kecerdasan Intrapersonal, Adversity Quotient, Hasil Belajar Matematika

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abubakar, R. (2017). Pengantar Metodologi Penelitian. In Antasari Press.

Ajengprabandari, K. (2019). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas Iv Sd Negeri 4 Genengadal. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Arikunto, S. (2010). Manajemen Penelitian. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Azwar, S. (2022). Metode Penelitian Psikologi (Edisi 2). Pustaka pelajar.

Gardner, H. (2013). Multiple Intelligences: Memaksimalkan Potensi dan Kecerdasan Individu dan Masa Kanak-Kanak Hingga Dewasa. Daras Books.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Huda, N., & Damar, D. (2021). Asosiasi Adversity Quotient dengan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Jenjang SMP. Journal of Instructional Mathematics, 2(1). https://doi.org/10.37640/jim.v2i1.892

Jailani, M. (2024). Kecerdasan Personal Sebagai Pemantik Pengembangan Inovasi Pada Peserta didik Kelas 7 Smp Muhammadiyah Yogyakarta. Transformasi: Journal of Manado Education and Training Center of Religious Affairs, 6(No.2), 159–186.

Kezia, A., Gismin, S. S., & Umar, M. F. R. (2024). Gambaran Adversity Quotient pada Taruna di Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar. Jurnal Psikologi Karakter, 4(2).

Maratusyolihat, Adillah, N., & Ulfah, M. (2021). Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal Dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pelajaran Matematika. KORDINAT, 20(2).

Muhid, A. (2019). Analisis Statistik 5 Langkah Praktis Analisis Statistik dengan SPSS for Windows (D. Nur Hidaya (ed.)). Zifatama Jawara.

Nuryadi, Dwi Astuti, T., Sri Utami, E., & Budiantara, M. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian.

Pertiwi, A. W. (2022). Pengaruh Kecerdasan Interpersonal dan Kecerdasan Intrapersonal Terhadap Hasil Belajar Peserta didik SMP 1 Cemerlang Sepatan Timur Kelas VII. Journal of Academia Perspectives, 2(2), 121–132. https://doi.org/10.30998/jap.v2i2.1043

Purwaningsih, I., Oktariani, Hernawati, L., Wardarita, R., & Utami, P. I. (2022). Pendidikan Sebagai Suatu Sistem. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 10(1).

Rahima, M. (2023). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Pada Peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 4(3).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Sugiyono, & Susanto, A. (2015). Cara Mudah Belajar SPSS & Lisrel: Teori dan Aplikasi Untuk Analisis Data Penelitian. Alfabeta.

Tambun, S. I. E., Sirait, G., & Simamora, J. (2020). Analisis Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Mencakup Bab Iv Pasal 5 Mengenai Hak Dan Kewajiban Warga Negara, Orang Tua Dan Pemerintah. Visi Ilmu Sosial Dan Humaniora (VISH), 01(01).

Zulkarnain, I., Septhiani, S., Nusantari, D. O., Studi, P., & Matematika, P. (2022). Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal Dan Adversity Quotient Terhadap Prestasi Belajar Matematika. 4(20), 1–12.

Published
2025-05-31
How to Cite
Febriani Ratu Sakinah, Zubaidah R, & Rustam. (2025). HUBUNGAN KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN ADVERSITY QUOTIENT DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah Universitas Muhammadiyah Kuningan, 11(1), 265-278. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v11i1.4722
Abstract viewed = 24 times
PDF downloaded = 9 times