Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together dengan Pendekatan PAIKEM Terhadap Hasil Belajar Matematika
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan pendekatan PAIKEM terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini Quasi Eksperimen dengan desain The Randomized Control Group Pretest-Post Test Desain. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII C (kelas kontrol) dan VIII D (kelas eksperimen) SMP Negeri 2 Tuntang pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 dan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Penelitian dilaksanakan dalam pembelajaran matematika pada materi Pola Bilangan. Pada penelitian ini adalah tes essay kemudian dilakukan Uji normalitas dengan metode kolmogorov- smirnov dan Shapiro-Wilk serta menggunakan uji mann whitney U. Keseluruhan uji menggunakan SPSS versi 16 dengan taraf signifikan sebesar 5%. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan dengan uji mann whitney diperoleh nilai signifikasi (2-tailed) sebesar 0,000 (kurang dari 0,05) maka H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan pendekatan PAIKEM terhadap hail belajar matematika kelas VIII di SMP N 2 Tuntang.
Downloads
References
Sudrajat,Akhmad.Permendikbud No.20,21,22dan 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses dan Standar Penilaian.Diambil dari: https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2016/07/14/permendikbud-no-20-21-22-dan-23-tahun-2016/. (9 Maret 2018)
Kusuma,Danar.2017.Peringkat Berapakah Indonesia di TIMSS?.Diambil dari: https://www.bernas.id/50899-peringkat-berapakah-indonesia-di-timss.html. (9 Maret 2018)
Fizriyani, Wida.2016.Nilai Matematika Paling Turun pada UN 2016.Diambil dari: http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/16/06/10/o8k0jf284-nilai-matematika-paling-turun-pada-un-2016.(9 Maret 2018)
Puspitarini,Margaret.Ini Penyebab Nilai Matematika Indonesia Rendah.Diambil dari: https://news.okezone.com/read/2014/09/09/373/1036506/ini-penyebab-nilai-matematika-indonesia-rendah. (9 Maret 2018)
Annajmi,dkk.2016.Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Smp Negeri 1 Rambah Samo. Vol.2 number 2.Diambil dari:http://e-journal.upp.ac.id/index.php/mtkfkip/article/view/1215/936.(10 Maret 2018)
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakara: Pustaka Pelajar
M.S, Suwanda.2011.Desain Eksperimen untuk Penelitian Ilmiah.Bandung:Alfabeta
Copyright (c) 2019 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.