Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dengan Taksonomi SOLO pada Siswa SMA
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dengan Taksonomi SOLO pada Siswa SMA
Abstract
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematika dengan taksonomi SOLO pada siswa SMA. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari tiga subjek yang dipilih berdasarkan nilai raport kenaikan kelas. Subjek tersebut adalah subjek hasil belajar tinggi (S1), subjek hasil belajar sedang (S2), serta subjek hasil belajar rendah (S3). Penelitian ini menggunakan teknik tes, wawancara, dan dokumentasi. Data diambil pada tanggal 8 September 2018 sampai 1 Oktober 2018 di SMA Negeri 2 Salatiga. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan S1 dan S2 berada pada ekstended abstrak karena dapat menyelesaikan soal dengan benar serta mampu membuat kesimpulan di akhir pekerjaanya. Sedangkan S3 berada pada tingkat multistruktural karena tidak dapat menemukan solusi yang tepat untuk menyelesaikan soal tersebut.
Downloads
References
Biggs, J. & Collis, K. F. 1982. Evaluating the quality of learning; The SOLO taxonomy. New York: Academic Press
Fitriah, Isrotul. 2017. profil kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan taksonomi solo plus ditinjau dari perbedaan kemampuan matematika. Universitas Negeri Surabaya. Vol 2 No 6
Http://www.slideshare.net/mobile/iwankusuma/pp–no–32–tahun–2013–tentang–standar –nasional–pend tanggal 4 April 2019
Hudojo, Herman. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negri Malang (UM PRESS)
Kuswana , Sunaryo Wowo. 2013. Takaonomi Berpikir. Bandung: Remaja Rosdakarya
Safitri, Elita. 2016. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Berdasarkan Taksonomi Solo. Surakarta: Universitas Muhamadiyah Surakarta
Sugiyono. 2015. Metode Penlitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif RND. Bandung: Alfabeta
Uno, Hamzah B. 2008. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Winarti, Titi W. 2011. Profil Kemampuan Pemecahan Maalah Siswa kelas VIII Berdasarkan Taksonomi Solo Di Lihat Dari Perbedaan Kemampuan Matematika dan Perbedaan Gender. Tesis tidak dipublikasikan. Surabaya: Perpustakaan Pascasarjana UNESA
Copyright (c) 2019 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.