EKSPLORASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH ALJABAR PADA MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GORONTALO

  • Rizal Masaniku Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Ricki Yuliardi Universitas Muhammadiyah Kuningan
Keywords: Eksplorasi, Pemecahan Masalah, Aljabar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kemampuan pemecahan masalah aljabar mahasiswa PGSD. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 mahasiswa dengan kemampuan kategori tinggi. Instrumen yang digunakan adalah 3 butir soal aljabar dan pedoman wawancara. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data yakni metode tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Subjek Kategori Tinggi 1 (SKT1) mampu memenuhi setiap indikator kemampuan pemecahan masalah yakni kemampuan memahami masalah, merencanakan pemecahan, menyelesaikan masalah dan memeriksa kembali hasil yang diperoleh pada soal nomor 1, 2, dan 3. Sedangkan Subjek Kategori Tinggi 2 (SKT2) hanya mampu memenuhi setiap indikator kemampuan pemecahan masalah pada pada soal nomor 2 dan 3. Pada soal nomor 1, meskipun telah memenuhi indikator memahami masalah, merencanakan pemecahan, dan menyelesaikan masalah sehingga kesimpulan jawabannya juga sudah benar, namun SKT2 tidak mampu memenuhi indikator kemampuan pemecahan masalah yang keempat yakni memeriksa kembali hasil yang diperoleh untuk menguji kebenaran kesimpulan jawabannya.

References

Damayanti, N. (2022) ââ¬ËAnalisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA pada Materi Barisan dan Deret Geometri Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematikaââ¬â¢, 11, pp. 107ââ¬â118.

Difinubun, F.A. and Hidajat, F.A. (2022) ââ¬ËAnalisis kebutuhan modul ajar matematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMK kelas Xââ¬â¢, 2, pp. 853ââ¬â864.

Güner, P. and Hatice Nur Erbay (2021) ââ¬ËMetacognitive Skills and Problem- Solving To cite this article : Metacognitive Skills and Problem-Solvingââ¬â¢.

Hikmahturrahman (2024) ââ¬ËLevel Kognitif Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal HOTSââ¬â¢, 4(3), pp. 2277ââ¬â2292.

Hikmahturrahman et al. (2025) ââ¬ËMathematics Education Students ââ¬â¢ Understanding of Exponent Concepts Based on Cognitive Style Mathematics Education Students ââ¬â¢ Understanding of Exponent Conceptsââ¬â¢, 13(1), pp. 9ââ¬â13.

Kurino, Y.D. et al. (2023) ââ¬ËKemampuan Pemecahan Masalah Dalam Menyelesaikan Soal Volume Kubusââ¬â¢, 6(4), pp. 2051ââ¬â2057. Available at: https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7825.

Laia, H.T. and Harefa, D. (2021) ââ¬Ë= 3,5043 > tââ¬â¢, pp. 463ââ¬â474.

Masnia, Sohilait, E. and Hafsah Adha Diana (2025) ââ¬ËIntegrasi geogebra dalam pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman berpikir aljabarââ¬â¢, 16(November 2024), pp. 12ââ¬â19.

Nisa, K. et al. (2023) ââ¬ËDeskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau Kemampuan Awal Matematisââ¬â¢, 5(3).

Nurhaswinda et al. (2024) ââ¬Ëdan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hariââ¬â¢, 1(1), pp. 16ââ¬â20.

Pratami, S.R., Sundayana, R. and Sofyan, D. (2023) ââ¬ËKesalahan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan prosedur newman pada materi sistem persamaan linear dua variabel Pendahuluan Pendidikan merupakan upaya untuk membentuk sumber daya manusia yang dapatââ¬â¢, 02(02), pp. 165ââ¬â174.

Pratiwi, D.T. and Alyani, F. (2022) ââ¬ËKemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SD Pada Materi Pecahanââ¬â¢, 5(1), pp. 136ââ¬â142.

Putri, A.A. and Juandy, D. (2022) ââ¬ËSymmetry | Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Educationââ¬â¢, 7, pp. 135ââ¬â147. Available at: https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.6493.

Sagita, D.K., Ermawati, D. and Riswari, L.A. (2023) ââ¬ËKemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasarââ¬â¢, 9(2), pp. 431ââ¬â439. Available at: https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.460.

Septian, A. and Aulia, S.R. (2021) ââ¬ËKemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pendekatan Problem Posing Berbantuan Edmodoââ¬â¢, 10(2), pp. 170ââ¬â181.

Simangunsong, A.R., Panggabean, E.M. and Irvan (2023) ââ¬ËKonektivitas Belajar Himpunan Matematika dengan Aljabar Abstrakââ¬â¢, 4(2), pp. 85ââ¬â90. Available at: https://doi.org/10.30596/jppp.v4i2.14892.

Sriwahyuni, K. and Maryati, I. (2022) ââ¬ËKemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Statistikaââ¬â¢, 2, pp. 335ââ¬â344.

Published
2025-05-31
How to Cite
Masaniku, R., & Ricki Yuliardi. (2025). EKSPLORASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH ALJABAR PADA MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GORONTALO. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah Universitas Muhammadiyah Kuningan, 11(1), 138-154. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v11i1.4707