EKSPLORASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH ALJABAR PADA MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GORONTALO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kemampuan pemecahan masalah aljabar mahasiswa PGSD. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 mahasiswa dengan kemampuan kategori tinggi. Instrumen yang digunakan adalah 3 butir soal aljabar dan pedoman wawancara. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data yakni metode tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Subjek Kategori Tinggi 1 (SKT1) mampu memenuhi setiap indikator kemampuan pemecahan masalah yakni kemampuan memahami masalah, merencanakan pemecahan, menyelesaikan masalah dan memeriksa kembali hasil yang diperoleh pada soal nomor 1, 2, dan 3. Sedangkan Subjek Kategori Tinggi 2 (SKT2) hanya mampu memenuhi setiap indikator kemampuan pemecahan masalah pada pada soal nomor 2 dan 3. Pada soal nomor 1, meskipun telah memenuhi indikator memahami masalah, merencanakan pemecahan, dan menyelesaikan masalah sehingga kesimpulan jawabannya juga sudah benar, namun SKT2 tidak mampu memenuhi indikator kemampuan pemecahan masalah yang keempat yakni memeriksa kembali hasil yang diperoleh untuk menguji kebenaran kesimpulan jawabannya.
Downloads
References
Damayanti, N. (2022) ‘Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA pada Materi Barisan dan Deret Geometri Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika’, 11, pp. 107–118.
Difinubun, F.A. and Hidajat, F.A. (2022) ‘Analisis kebutuhan modul ajar matematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMK kelas X’, 2, pp. 853–864.
Güner, P. and Hatice Nur Erbay (2021) ‘Metacognitive Skills and Problem- Solving To cite this article : Metacognitive Skills and Problem-Solving’.
Hikmahturrahman (2024) ‘Level Kognitif Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal HOTS’, 4(3), pp. 2277–2292.
Hikmahturrahman et al. (2025) ‘Mathematics Education Students ’ Understanding of Exponent Concepts Based on Cognitive Style Mathematics Education Students ’ Understanding of Exponent Concepts’, 13(1), pp. 9–13.
Kurino, Y.D. et al. (2023) ‘Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Menyelesaikan Soal Volume Kubus’, 6(4), pp. 2051–2057. Available at: https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7825.
Laia, H.T. and Harefa, D. (2021) ‘= 3,5043 > t’, pp. 463–474.
Masnia, Sohilait, E. and Hafsah Adha Diana (2025) ‘Integrasi geogebra dalam pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman berpikir aljabar’, 16(November 2024), pp. 12–19.
Nisa, K. et al. (2023) ‘Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau Kemampuan Awal Matematis’, 5(3).
Nurhaswinda et al. (2024) ‘dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari’, 1(1), pp. 16–20.
Pratami, S.R., Sundayana, R. and Sofyan, D. (2023) ‘Kesalahan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan prosedur newman pada materi sistem persamaan linear dua variabel Pendahuluan Pendidikan merupakan upaya untuk membentuk sumber daya manusia yang dapat’, 02(02), pp. 165–174.
Pratiwi, D.T. and Alyani, F. (2022) ‘Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SD Pada Materi Pecahan’, 5(1), pp. 136–142.
Putri, A.A. and Juandy, D. (2022) ‘Symmetry | Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education’, 7, pp. 135–147. Available at: https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.6493.
Sagita, D.K., Ermawati, D. and Riswari, L.A. (2023) ‘Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar’, 9(2), pp. 431–439. Available at: https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.460.
Septian, A. and Aulia, S.R. (2021) ‘Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pendekatan Problem Posing Berbantuan Edmodo’, 10(2), pp. 170–181.
Simangunsong, A.R., Panggabean, E.M. and Irvan (2023) ‘Konektivitas Belajar Himpunan Matematika dengan Aljabar Abstrak’, 4(2), pp. 85–90. Available at: https://doi.org/10.30596/jppp.v4i2.14892.
Sriwahyuni, K. and Maryati, I. (2022) ‘Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Statistika’, 2, pp. 335–344.
Copyright (c) 2025 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah Universitas Muhammadiyah Kuningan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.