PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DENGAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA
Abstract
Riset ini memiliki sasaran untuk mengoptimalkan kompetensi problem-solving pada peserta didik. Fase prasiklus mengungkapkan bahwa kriteria kemampuan tersebut masih berada pada level yang rendah, dan kondisi inilah yang melatarbelakangi partisipasi peserta didik dalam riset ini. Materi yang peneliti ambil untuk penelitian ini yaitu SPtLDV dimana nantinya peserta didik mencari daerah hasil penyelesaian (DHP) pada grafik. Riset ini dikategorikan sebagai penelitian tindakan kelas yang melibatkan dua siklus. Pada siklus pertama, implementasi pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dilakukan tanpa adanya dukungan media atau aplikasi. Hasil yang diperoleh per indikator unrtuk siklus I masih tergolong rendah karena dari ke empat indikator pemecahan masalah. Rata-rata yang diperoleh maasih tergolong rendah yaitu hanya sebesar 22,16 dan melakukan tindakan pada siklus II. Temuan yang didapatkan pada siklus II memperlihatkan progres yang substansial dibandingkan siklus I, tercermin dari peningkatan mean pada setiap indikator. Nilai rerata yang dicapai oleh peserta didik tergolong baik, yakni sebesar 72,25. Pada siklus kedua ini, implementasi model pembelajaran Problem Based Learning dioptimalkan dengan pemanfaatan aplikasi Geogebra.
Downloads
References
Alfiandari, L., Alman, A., & Sahidi, S. (2022). Keterampilan penyelesaian persoalan matematis dalam mengerjakan soal cerita berdasarkan tahapan Polya pada materi bangun ruang di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 34-40.
Asni, A., Murniasih, T. R., & Pranyata, Y. I. P. (2021). Kajian keterampilan penyelesaian persoalan matematika tahap Polya pada sistem persamaan linear dua variabel. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi, 3(2), 76-86.
Astutiani, R., dkk. (2019). Keterampilan Penyelesaian Persoalan Matematika dalam Mengatasi Soal Cerita Berdasarkan Tahapan Polya. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 2(1), 297-303. https://doi.org/10.29303/griya.v2i4.260
Christina, E. N. (2021). Kajian keterampilan menyelesaikan persoalan tahap Polya dalam menangani persamaan dan ketidaksamaan linear satu variabel. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(2), 405-424. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.p%25p
Damayanti, N. (2022). Kajian keterampilan penyelesaian persoalan matematis peserta didik SMA pada topik barisan dan deret geometri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 107-118. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.691
Davita, P.W.C., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Komparatif Keterampilan Resolusi Persoalan Matematika Berdasarkan Perspektif Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110-117. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3661
Diva, D. F., Andriyani, J., Rangkuti, S. A., Prasiska, M., Lumban Tobing, T. E. W., Irani, A. R., & Saragih, R. M. B. (2023). Signifikansi Pemahaman Konseptual Geogebra pada Pengajaran Matematika. Journal on Education, 5(3), 8441-8446.
Faoziyah, N. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pendekatan STEM Berbasis PBL. Pasundan Journal of Mathematics Education (PJME): Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 50-64. https://doi.org/10.23969/pjme.v11i1.3942
Fonna, M., & Nufus, H. (2024). Implikasi Implementasi PBL Terhadap Kompetensi Abad ke-21.. Ar- Riyahyiyyat: Journal of Mathematics Education, 5(1), 22-30. https://doi.org/10.47766/arriyadhiyyat.v5i1.2900
Firdaus, A., Asikin, M., Waluya, B., & Zaenuri, Z. (2021). Implementasi PBL dalam Optimalisasi Keterampilan Matematika Peserta Didik. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13(2), 187-200.
Hidayanti, E. N., Wardana, M. Y. S., & Artharina, F. P. (2022). Kajian keterampilan penyelesaian persoalan matematis dalam mengerjakan soal cerita berdasarkan tahapan Polya pada peserta didik kelas III SD Negeri Muntung Temanggung. Praniti: Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 2(1), 36-42.
Husnidar, H., & Hayati, R. (2021). Implementasi model pembelajaran PBL untuk mengembangkan capaian belajar matematika peserta didik. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(2), 67-72. https://doi.org/10.51179/asimetris.v2i2.811
Kania, N., & Ratnawulan, N. (2022). Keterampilan matematika: Kapasitas penyelesaian persoalan matematis peserta didik berdasarkan Polya. Journal of Research in Science and Mathematics Education, 1(1), 17-26. https://doi.org/10.56855/jrsme.v1i1.10
Klang, N., Karlsson, N., Kilborn, W., Eriksson, P., & Karlberg, M. (2021, August). Penyelesaian masalah matematika melalui pembelajaran kooperatif—pentingnya penerimaan teman sebaya dan persahabatan. In Frontiers in Education (Vol. 6, p. 710296). Frontiers Media SA. https://doi.org/10.3389/feduc.2021.710296
La'ia, H. T., & Harefa, D. (2021). Keterkaitan Keterampilan Problem-solving matematis dengan keterampilan komunikasi matematik siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463-474. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.2.463-474.2021
Leonisa, I., & Soebagyo, J. (2022). Pendekatan Metode Peserta Didik dan Tahapan Polya dalam Menyelesaikan Persoalan Matematika HOTS. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 77-86. https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.1852
Lestari, L., Sugiarto, S., & Kurniati, R. (2023). SLR: Penggunaan perangkat lunak Geogebra dalam pembelajaran matematika. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3275-3287.
Marfu’ah, S., Zaenuri, Z., Masrukan, M., & Walid, W. (2022). Pendekatan Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan Kapasitas Berpikir Logis Peserta Didik. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 50-54.
Mawardi, K., Arjudin, A., Turmuzi, M., & Azmi, S. (2022). Kajian keterampilan penyelesaian persoalan matematika pada peserta didik SMP dalam mengerjakan soal cerita berdasarkan tahapan Polya. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(4), 1031-1048. https://doi.org/10.29303/griya.v2i4.260
Millati, D. Y. I., & Prihaswati, M. (2020). Analisis Minat Belajar Siswa Pada Materi Sptldv Berbantu Aplikasi Geogebra. EDUSAINTEK, 4.
Munaji, M., Rohaeti, T., Mutadi, M., Sumliyah, S., & Kodirun, K. (2025). Tinjauan Pustaka tentang Fleksibilitas dalam Kelas Matematika Interaktif: Peran Guru dan Siswa. Journal of Education and Learning (EduLearn), 19(2), 597-605. https://doi.org/10.11591/edulearn.v19i2.21501
Muslihah, N. N., & Suryaningrat, E. F. (2021). Pendekatan Pengajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Keterampilan Penyelesaian Persoalan Matematis. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 553-564. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i3.963
Nayanti, P. W., Miatun, A., & Kurniasih, M. D. (2023). Dampak Model PBL dengan Dukungan Perangkat Lunak Geogebra terhadap Keterampilan Penyelesaian Persoalan Matematis Peserta Didik SMP N 3 Babelan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(7), 733-747. .
Nurhasanah, D. S., & Luritawaty, I. P. (2021). Model pembelajaran REACT terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 71-82.
Nurkomaria, V., Lusiana, L., & Zainab, Z. (2022). Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik melalui Model Pembelajaran PBL pada Topik Peluang. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 5(1), 45-53. https://doi.org/10.31851/indiktika.v5i1.8730
Pratiwi, R., & Hidayati, N. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XI SMK berdasarkan tahapan polya. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 256-263. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1978
Putri, A. A., & Junadi, D. (2022). Keterampilan Penyelesaian Persoalan Matematis Berdasarkan Keyakinan Diri: Tinjauan Literatur Sistematis (SLS) di Indonesia. Symmetry: Pasundan Journal of Research In Mathematics Learning and Education, 7(2), 135-147. https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.6493
Rahmadani, R. (2019). Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learnig (Pbl). Lantanida Journal, 7(1), 75-86. https://doi.org/10.22373/lj.v7i1.4440
Sari, R. K. (2024). Peningkatan hasil belajar melalui penerapan model Problem Based Learning berbasis Culturally Responsive Teaching dengan metode Make A Match di SMP Negeri 4 Salatiga. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(6), 240-253.
Septian, A., Setiawan, E., & Noersapitri, Y. (2023). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Menggunakan GeoGebra. Jurnal Padegogik, 6(1), 1-9.
Siregar, N. U., Pulunagn, F. K., Thahara, M., Dalimunthe, N. F., Fakhri, N., Herawati, N., Rahmawati, A., & Saragih, R. M. B. (2023). Penerapan Aplikasi Geogebra pada Pembelajaran Matematika. Journal on Education, 5(3), 8151-8162. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1602
Sriwahyuni, K., & Maryati, I. (2022). Keterampilan penyelesaian persoalan matematis peserta didik pada topik statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 335-344.
Sukmawarti, S., Hidayat, H., & Liliani, O. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Penyelesaian Persoalan Matematika Peserta Didik SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 886-894. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5345
Supriadi, S., Hidayani, H., Rusani, I., & Trisnawati, N. F. (2021). Kajian Keterampilan Penyelesaian Persoalan Matematika Peserta Didik Menggunakan Tahapan Polya Ditinjau dari Adversity Quotient Tipe Campers dan Tipe Quitters. AdMathEdu, 11(1), 73-86.
Ulfa, Y. L., & Roza, Y. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA pada materi jarak pada bangun ruang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 415-424.
Wahyuni, Y., Edrizon, E., & Fauziah, F. (2022). Pengembangan materi pembelajaran matematika melalui pemanfaatan Geogebra. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1120-1130.
Ziatdinov, R., & Valles Jr, J. R. (2022). Sintesis pemodelan, visualisasi, dan pemrograman dalam GeoGebra sebagai pendekatan efektif untuk pengajaran dan pembelajaran topik STEM. Mathematics, 10(3), 398. https://doi.org/10.3390/math10030398
Copyright (c) 2025 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah Universitas Muhammadiyah Kuningan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.