PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI L.E.S.S. UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS
Abstract
Rendahnya pemahaman konsep matematis peserta didik, khususnya pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV), menjadi perhatian dalam proses pembelajaran. Banyak peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami langkah penyelesaian soal secara menyeluruh. Kondisi ini mendorong perlunya strategi pembelajaran yang inovatif dan mendukung keterlibatan aktif serta pemahaman konseptual. Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman konsep matematis melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) yang didukung aplikasi Linear Equation System Solver (LESS). Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) selama dua siklus. Pada siklus I, penerapan PBL tanpa bantuan teknologi menghasilkan skor rata-rata 39,93. Pada siklus II, setelah menggunakan aplikasi LESS, skor rata-rata meningkat menjadi 74,07. Hasil ini menunjukkan bahwa integrasi PBL dan aplikasi LESS efektif dalam memperkuat pemahaman peserta didik terhadap SPLTV secara sistematis dan interaktif.
Downloads
References
https://doi.org/10.57096/blantika.v2i12.249
Anggraeni, A. F., Sunaryo, Y., & Fatimah, A. T. (2021). Analisis kesalahan pemahaman konsep matematis siswa smk kelas xi pada pokok bahasan dimensi tiga. Jurnal Wahana Pendidikan, 8(2), 135–148. http://dx.doi.org/10.25157/wa.v8i2.4670
Anggraeni, S. A. (2023). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIAKN SOAL CERITA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL DENGAN METODE NEWMAN OLEH SISWA KELAS X TKR 1 SMK NEGERI WINONGAN. Jurnal Pembelajaran Dan Pengembangan Matematika, 3(2), 92–108. https://doi.org/10.36733/pemantik.v3i2.6952
Azizah, A. (2021). Pentingnya penelitian tindakan kelas bagi guru dalam pembelajaran. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475
Dakabesi, D., & Luoise, I. S. Y. (2019). The effectiveness of problem-based learning model to increase the students’ critical thinking skills. Journal of Education and Learning (EduLearn), 13(4), 543–549. https://doi.org/10.11591/edulearn.v13i4.12940
Fatimah, S., Prasetyo, S., Munastiwi, E., Islam, U., Sunan, N., & Yogyakarta, K. (2024). MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah INOVASI DALAM PENGAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR MELALUI PENGGUNAAN TEKNOLOGI DIGITAL. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 6(1). https://doi.org/10.19105/mubtadi.v6i1.14271
Firdaus, A., Asikin, M., Waluya, B., & Zaenuri, Z. (2021). Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 187–200. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.871
Hartati, L., & Indrawati, F. (2019). Analisis Kemampuan Awal dan Kepercayaan Diri terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(02), 50–63. https://doi.org/10.22437/edumatica.v9i02.7565
Heriyaman, H. (2022). Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis dengan Pembelajaran Model Snowball Throwing berbantuan alat peraga pada masa pandemi Covid-19. JESA-Jurnal Edukasi Sebelas April, 6(1), 67–75. https://ejournal.lppmunsap.org/index.php/jesa/article/view/50
Japa I G. N. (2008). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Terbuka melalui Investigasi bagi Siswa Kelas V SD 4 Kaliuntu. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan.
Jeheman, A. A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191–202https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.552.
Liando, M. A. J. (2021). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. In Edu Primary Journal : Jurnal Pendidikan Dasar (Vol. 2, Issue 2). http://ejurnal-mapalus-unima.ac.id/index.php/eduprimar
Luritawaty, I. P. (2018). Pembelajaran take and give dalam upaya mengembangkan kemampuan pemahaman konsep matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 179–188. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.499
Maria Simarmata, S., Sinaga, B., & Syahputra, H. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dalam Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Matlab. 06(01), 692–701. DOI: 10.31004/cendekia.v6i1.1227
Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP dalam pembelajaran menggunakan model penemuan terbimbing (discovery learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1). http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292
Meidianti, A., Kholifah, N., & Sari, N. I. (2022). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(2), 134–144. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8
Putri, A. A., & Juandi, D. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self Efficacy: Systematic Literature Review (SLR) di Indonesia. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 7(2), 135–147. https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.6493
Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman konsep anak pada pembelajaran matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1–8.
Rambe, A. H. (2024). Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Materi Al Hujurat Ayat 13. 2(1), 2986–4658. https://doi.org/10.62086/al-murabbi.2i1
Rasyada, R. (2023). Implementasi Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Matematika. BASICA Journal of Arts and Science in Primary Education, 3(1), 151–162. https://doi.org/10.37680/basica.v3i1.3943
Rifa’i, A. (2021). Pengaruh model PBL terhadap kemampuan pemahaman matematis ditinjau dari KAM siswa. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(1), 60–68.
Sihombing, J. M., Syahrial, S., & Manurung, U. S. (2023). Kesulitan Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika Materi Perkalian dan Pembagian di Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(3), 1003–1016. https://doi.org/10.26811/didaktika.v7i3.1177
Siti Koyimah, I., Suryani, Y., Atin Nuryatin, dan, & Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Kuningan, P. (2021). Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi PENGARUH PENERAPAN BLENDED LEARNING DALAM MODEL PBL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Quasi Eksperimen pada Siswa Kelas X OTKP SMK Model Patriot IV Ciawigebang). 18, 2. https://journal.uniku.ac.id/index.php/Equilibrium
Sri Astutik, Subiki, & Singgih Bektiarso. (2021). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru SMAN Panarukan Situbondo. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 54–62. https://doi.org/10.53621/jippmas.v1i1.5
Sulistyawati, D., Hadi, W., Hidayat, A., & Muhammad, R. R. (2023). The Impact of Problem-Based Learning Augmented with HOTS Problems on Students’ Mathematical Problem-Solving Abilities. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika. 8(2), 219–236. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol8no2.2023pp221-238
Sunarsi, S., Yunus, M., & Hamid, S. (2023). Model Problem Based Learning Berbasis Audio Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Peserta Didik UPT SPF SD Negeri Mangkura I Kota Makassar. Bosowa Journal of Education, 4(1), 01–11. https://doi.org/10.35965/bje.v4i1.3826
Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) solusi alternatif problematika pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edunomika, 2(01). https://doi.org/10.29040/jie.v2i01.175
Syarifah, L. L. (2017). Analisis kemampuan pemahaman matematis pada mata kuliah pembelajaran matematika SMA II. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2).
Wijnia, L., Noordzij, G., Arends, L. R., Rikers, R. M. J. P., & Loyens, S. M. M. (2024). The effects of problem-based, project-based, and case-based learning on students’ motivation: A meta-analysis. Educational Psychology Review, 36(1), 29.
Zulkarnain, I. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 149–157. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.298
Copyright (c) 2025 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah Universitas Muhammadiyah Kuningan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.