SELF-EFFICACY SISWA SMA BERGAYA KOGNITIF IMPULSIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat self-efficacy yang dimiliki siswa bergaya kognitif impulsif dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu dua puluh satu siswa kelas X IPA di salah satu SMA di Kota Palembang. Instrumen tes untuk mengetahui gaya kognitif siswa menggunakan Matching Familiar Figure Test (MFFT). Instrumen non-tes self-efficacy menggunakan angket yang terdiri dari 28 butir pernyataan dengan 15 pernyataan positif dan 13 pernyataan negatif berdasarkan dimensi self-efficacy. Hasil menunjukkan bahwa sebagian besar siswa SMA kelas X IPA yang bergaya kognitif impulsif memiliki tingkat self-efficacy sedang, kemudian sisanya siswa bergaya kognitif impulsif memiliki tingkat self-efficacy tinggi. Tidak terdapat siswa bergaya kognitif impulsif yang memiliki tingkat self-efficacy rendah. Dapat dikatakan bahwa siswa bergaya kognitif impulsif memiliki tingkat kepercayaan terhadap kemampuan di dalam dirinya terhadap proses pembelajaran matematika tergolong baik. Kemudian berdasarkan persentase dimensi self-efficacy diketahui bahwa siswa bergaya kognitif impulsif dengan tingkat self-efficacy tinggi maupun tingkat self-efficacy sedang memiliki keyakinan yang baik terhadap dirinya bahwa dapat menyelesaikan keberagaman tingkat kesulitan dari suatu permasalahan dan berani mengambil resiko. Namun, siswa bergaya kognitif impulsif kurang berhati-hati sehingga hal tersebut dapat mempengaruhi hasil atau tingkat capaian siswa tersebut menjadi kurang maksimal.
Downloads
References
Acharya, Ms, Chandrama. 2002. Students’ Learning Style and Their Implications for Teacher. Center for Development of Teaching and Learning (CDTL) 5(6) pp 213-223.
Ahmad, S. R. 2016. Importance of English communication skills. International
Journal of Applied Research, 2(3), 475 – 480.
Alamsyah, T. P. dan Turmudi. 2016. Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif serta Self-Esteem Matematis Siswa Melalui Model Advance Organizer. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 1, hal. 119-128.
Ayotola, A. & Adedeji, T. 2009. The Relationship between Gender, Age, Mental Ability, Anxiety, Mathematics Self-Efficacy and Achievement in Mathematics. Cypriot Journal of Educational Sciences, 4, 113-124.
Azwar, S. 2013. Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Bandura, A. 1997. Self-Efficacy (The Exercise of Control). New York: W. H. Freeman and Company.
__________. 2006. Guide for Constructing Self-Efficacy Scales. In Frank Pajares& Tim Urdan (Ed.), Self-Efficacy Beliefs of Adolescents. Greenwich: Information Age Publishing.
Brown, E., et al. 2006. Reappraising Cognitive Style in Adaptive Web Applications. www2006.org/programme/files/pdf/1043.pdf (diakses 20 Desember 2019)
Creswell, J. W. 2007. Qualitative inquiry & research design: Choosing among
five approaches. 2nd edn. California: Sage.
Kagan, J. 1965. Matching Familiar Figure Test. Cambridge: Harvard University.
_______. 1966. Reflection-Impulsivity: The Generally and Dynamics of Conceptual Tempo. Journal of Abnirmal Psychology, Vol 71, No. 1, 17–24.
Kline, M. 1973. Why Johnny Can’t Add: The Failure of The New Math. New York: St. Martin’s Press.
Kozhevnikov, M. 2007. Cognitive Style in the Context of Modern Psychology: Toward an Integrated Framework of Cognitive Style. Physhological Bulletin. Volume 133 No. 3 pp.464-481.
Liu, X. & Koirala, H. 2009. The effect of mathematics self-efficacy on mathematics achievement of high school students. NERA Conference Proceedings, 30, 1-13
Martdiastuti, D. P. 2011. Gambaran Self Efficacy Siswa SMA Swasta X
Tangerang Pada Mata Pelajaran Matematika. (Skripsi). Fakultas Psikolog, Universitas Esa Unggul, Jakarta.
Miliyawati, B. 2012. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Self-Efficacy Matematis Siswa SMA dengan Menggunakan Pendekatan Investigasi. (Tesis). Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Ningsih, P.R. 2013. Profil Berpikir Kritis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif. Gramatika, Vol 2 No. 2, hal 123.
Nurussafa’at, F. A., Sujadi, I., Riyadi. 2016. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Volume Prisma dengan Fong’s Shcematic Model For Error Analysis Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(2); 174-187.
OECD. 2010. The OECD’s Programme for International Student Assessment.
Paris_: OECD
Rahman, A. 2008. Analisis Hasil Belajar Matematika Berdasarkan Perbedaan
Gaya Kognitif Secara Psikologis Dan Konseptual Tempo Pada Siswa Kelas
X SMA Negeri 3 Makasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, No. 072,
Tahun ke-14, Mei. 452-473.
Rahmatina, Siti. 2014. Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Jurnal Didatik Matematika, 1:1,63-65.
Riding, R.J., & Rayner, S. 1998. Cognitive styles and learning strategies: Understanding style differences in learning and behavior. London: D. Fulton.
Rozencwajg, P. & Corroyer, D. 2005. Cognitive Processes in the Reflective-Impulsive Cognitive Style. The Journal of genetic Psychology. Vol. 166, No.4. Heldref Publications.
Schoenfeld, A. H. (Ed.). (1994). Studies in mathematical thinking and learning. Mathematical thinking and problem solving. Lawrence Erlbaum Associates, Inc.
Schunk, D. H. 2012. Learning Theories: An Educational Perspectives, 6th Edition. New York: Pearson Education Inc.
Warli. 2010. Profil Kreativitas Siswa yang Bergaya Kognitif Reflektif dan Siswa yang Bergaya Kognitif Impulsif dan Reflektif dalam Memecahkan Masalah Geometri. Disertasi tidak diterbitkan. Surabaya: Program Pascasarjana UNESA.
_____. 2013. Kreativitas Siswa SMP yang Bergaya Kognitif Reflektif atau Impulsif dalam Memecahkan Masalah Geometri. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 20(2), 190–201.
Wasida, M. R. & Hartono, H. 2018. Analisis kesulitan menyelesaikan soal model ujian nasional matematika dan self-efficacy siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika 5(1), 2018, 82-95.
Copyright (c) 2023 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.