IMPLEMENTASI LESSON STUDY BERBANTUAN E-BOOK BERBASIS SIGIL: PENINGKATAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH
Abstract
Kemampuan Pemecahan Masalah merupakan satu dari empat kemampuan yang dibutuhkan abad-21. Berbagai upaya telah dilakukan dalam rangka mengembangkan kemampuan pemecahan masalah baik pada pembelajaran daring maupun luring. Upaya yang dapat dilakukan dalam mengembangkan kemampuan pemecahan masalah adalah mengimplementasikan pembelajaran matematika dengan pendekatan Lesson Studi for Learning Comunity (LSLC) media e-book berbantuan aplikasi sigil. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tahapan yang digunakan adalah Perencanaan (Plan), Pelaksanaan (Do), Refleksi (See), dan Redesain. Subjek penelitian adalah mahasiswa Semester VII Pendidikan Matematika yang berjumlah 14 orang. Instrumen pengambil data yaitu Lembar Observasi, Tes, Catatan lapangan, dan Alat Rekam Gambar/Video. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data Deskriptif Kuantitaif. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Implementasi pembelajaran matematika dengan pendekatan Lesson Studi for Learning Comunity (LSLC) dengan media e-book berbantuan aplikasi sigil mampu meningkatkan keaktifan mahasiswa selama proses pembelajaran dan mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Dengan demikian pendekatan Lesson Studi for Learning Comunity (LSLC) efektif digunakan baik pada pembelajaran luring maupun daring. Penggunaan media yang membantu mahasiswa belajar secara daring dipercaya mampu mengotimalkan proses dan hasil pembelajaran.
Downloads
References
Anita, Y., Thahir, A., & Rahmawati, N. D. (2021). Buku Saku Digital Berbasis STEM : Pengembangan Media Pembelajaran terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika. 10(September), 401–412.
Dinata, K. B. (2020). Problematika Pembelajaran Daring Mata Kuliah Geometri Transformasi di Masa Pandemi Covid-19. Eksponen, 10(2), 50–58.
Dwitalia Sari, D. (2021). Permasalahan Guru Sekolah Dasar Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(02), 27–35. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i02.394
Engzell, P., Frey, A., & Verhagen, M. D. (2021). Learning loss due to school closures during the COVID-19 pandemic. Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America, 118(17). https://doi.org/10.1073/PNAS.2022376118
Fauziah, E. (2021). Digital Repository Universitas Jember. In Digital Repository Universitas Jember (Issue September 2019).
Hariana, S. R., Musaddat, S., Hidayat, R., & Mataram, U. (2021). Jurnal PEPADU. 2(3), 311–319.
Ida, P., Dewi, A., Daring, P., & Mutu, P. P. (2021). PINTU : Pusat Penjamin Mutu Volume : 2 , No 2 , Oktober 2021 ISSN : 2746-7074 PIN TU : Pusat Penjamin Mutu Volume : 2 , No 2 , Oktober 2021 ISSN : 2746-7074. 2(2).
Ismawarni, N. Q. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Learning Community Dalam Meningkatan Aktivitas Belajar Menulis Siswa Kelas Vii/A Mtsn Tarakan. EDUCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pengajaran, 1(3), 146–155.
Iswara, E., & Sundayana, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing dan Direct Instruction dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika,1, 223–234.
Kristiani, Y. D., Studi, P., & Matematika, P. (2021). Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas sriwijaya tahun 2021.
Kuncoro adhi. (2020). Pengembangan EBook Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemik Dengan Bantuan Sigil-Software Untuk Materi Vektor (Issue 4). UNIMED.
Lin, Y. T. (2019). Impacts of a flipped classroom with a smart learning diagnosis system on students’ learning performance, perception, and problem solving ability in a software engineering course. In Computers in Human Behavior (Vol. 95). Elsevier B.V. https://doi.org/10.1016/j.chb.2018.11.036
Manurung, P. (2020). Pengembangan Mediapembelajaran Berbasis E-book di Masa Pandemi Coid-19. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2859(2), 197–203.
Muhfahroyin, M., & Lepiyanto, A. (2021). Telaah Bahan Ajar Biologi Melalui Learning Community Pada Pembelajaran Kolaboratif Virtual Di Masa Pandemi Covid-19. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 12(1), 49. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v12i1.3754
Nugraha, M. R. (2021). Kesulitan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP di Desa Mulyasari pada Materi Statistika. 1,235–248.
Prasetyo, M. T. (2020). Modul Elektronik Sebagai Media Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. Ico Edusha, 9, 134–138.
Prayogi, R. D., & Estetika, R. (2019). Kecakapan Abad 21: Kompetensi Digital Pendidik Masa Depan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(2), 144–151. www.p21.org
Putri, R. I. I., Nurjannah, Ansari, A., Nopalia, Y., & Primasanti, I. (2020). Instructional Design Linear Equations In Two Variables Using Dart Games And Lesson Study For Learning Community (Lslc). International Conference On Lesson Study. www.icls9.unpak.ac.id
Sari, D. (2020). Penalaran Matematis Siswa Operasi Hitung Bentuk Aljabar Melalui PMRI dan LSLC Berbantuan Video Animasi Di ERa Covid-19. Universitas Sriwijaya.
Sumarni, S., Putri, R. I. I., & Andika, W. D. (2021). Project Based Learning (PBL) Based Lesson Study for Learning Community (LSLC) in kindergarten. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 989–996. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1637
Tasso, A. F., Hisli Sahin, N., & San Roman, G. J. (2021). COVID-19 disruption on college students: Academic and socioemotional implications. Psychological Trauma: Theory, Research, Practice, and Policy, 13(1), 9–15. https://doi.org/10.1037/tra0000996
Warsiyah, S. P. (2021). Strategi Kelompok Kerja Guru (KKG) Untuk Memitigasi Learning Loss Melalui Pembelajaran Terdiferensiasi. Neo-Jer: North Borneo Journal of Educational Research, 2(1), 1–9.
Copyright (c) 2023 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.