Pengintegrasian Budaya Lampung dalam Pembelajaran Mata Kuliah Himpunan Dengan Flatform Schoology
Abstract
Abstrak
Lampung memiliki khasanah kekayaan budaya yang dapat dilihat pada rumah adat lampung, Pakaian adat lampung, Alat-alat musik tradisional, Upacara adat Lampung, dan nilai-nilai kearifan lokal lampung. Untuk menumbuhkan kesadaran dan kecintaan mahasiswa terhadap budaya lampung, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengintegrasikan budaya lampung terhadap pembelajaran. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode penelitian deskriptif Kualitatif. Beberapa konten budaya lampung dintegrasikan dalam materi himpunan. Selain itu juga, konten budaya lampung khususnya nilai-nilai kearifan lokal lampung seperti piil pesenggiri, bejuluk adok, nemui nyimah, nengah nyappukh, dan Sakai Sambayan dapat juga diintegrasikan dalam pembelajaran himpunan dengan flatform Schoology.
Kata Kunci: Kearifan Lokal, Schoology, Piil Pesenggiri
Abstract
Lampung has a wealth of cultural treasures that can be seen in the traditional Lampung house, Lampung traditional clothing, traditional musical instruments, Lampung traditional ceremonies, and the values of local wisdom of Lampung. To foster awareness and love of students towards Lampung culture, one way that can be done is by integrating Lampung culture with learning. The research method used is descriptive qualitative research method. Some of the cultural content of Lampung is integrated in the material of the association. In addition, the content of Lampung culture, especially the values of local wisdom of Lampung such as Piil Pesenggiri, Bejuluk adok, meet nyimah, nengah nyappukh, and Sakai Sambayan can also be integrated into association learning with the Schoology platform.
Keywords: Lokal Wisdom, Schoology, Piil Pesenggiri
Downloads
References
Aminoto , T., & Pathoni, H. (2014). Penerapan Media E-Learning Berbasis Schoology Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi Di Kelas XI SMA N 10 Kota Jambi. Sainmatika, 13-29. Diambil kembali dari https://www.neliti.com/id/publications/221167/penerapan-media-e-learning-berbasis-schoology-untuk-meningkatkan-aktivitas-dan-h
Darwanto, & Sari, N. (2020). Pengintegrasian Soft Skills pada Setiap Pembelajaran. Eksponen, 10(2), 42-49. Diambil kembali dari https://jurnal.umko.ac.id/index.php/eksponen/article/view/295
Dinata, K. B. (2018). Inovasi Pembelajaran Aljabar Ring Melalui Lesson Study. Eksponen, 8(1), 53-59. Diambil kembali dari https://jurnal.umko.ac.id/index.php/eksponen/article/view/141
Dwidayati, N. (2018). Pengintegrasian Etnomatematika Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika. 1, hal. 516-521. Semarang: Prisma. Diambil kembali dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20135
Juraman, S. R. (2014). Pemanfaatan Smartphone Android oleh Mahasiswa Ilmu Komunikasi dalam Mengakses Informasi Edukatif. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 3(1). Diambil kembali dari https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/4493
Lestari, E. Y. (2018). PERAN STRATEGIS KEARIFAN LOKAL DALAM PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI ERA DISRUPSI. Seminar Nasional Pendidikan dan Kewarganegaraan IV (hal. 194-200). Ponorogo: Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Diambil kembali dari http://seminar.umpo.ac.id/index.php/SEMNASPPKN/article/view/176
Miles, , B. M., & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.
Musafiri, M. R. (2016). Peran Kearifan Lokal Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter Pada Sekolah Menengah Atas. Darussalam, 1-19. Diambil kembali dari https://ejournal.iaida.ac.id/index.php/darussalam/article/view/2
Pingge, H. D. (2017). Kearifan Lokal dan Penerapannya di Sekolah. Jurnal edukasi Sumba, 128-135. Diambil kembali dari http://jurnalstkip-weetebula.ac.id/index.php/jes/article/view/27
Prihatini, A. (2015). Pengintegrasian Konten Budaya Lokal Dalam Buku Tematik Pegangan Siswa Kelas V Sekolah Dasar. LINGUA, 12(2), 173-186. Diambil kembali dari https://lingua.soloclcs.org/index.php/lingua/article/view/26
Ruslan, I. (2018). Dimensi Kearifan Lokal Masyarakat Lampung sebagai Media Resolusi Konflik. Kalam, 12(1), 105-126. Diambil kembali dari http://103.88.229.8/index.php/KALAM/article/view/2347
Timbowo, D. (2016). Manfaat Penggunaan Smartphone sebagai Media Komunikasi (Studi pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi). ACTA DIURNA KOMUNIKASI. Diambil kembali dari https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/11719/11312
Wahyudi, I. (2017). Pengembangan Program Pembelajaran Fisika SMA Berbasis E-Learning dengan Schoology. 6(2), 187-199. Diambil kembali dari http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-biruni/article/view/1850
Wuryandani, W. (2010). Integrasi Nilai-nilai Kearifan Lokal dalam Pembelajaran untuk Menanamkan Nasionalisme di Sekolah Dasar. Proceding Seminar Nasional Lembaga Penelitian UNY (hal. 1-10). Universitas Negeri Yogyakarta.
Copyright (c) 2020 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.