Deskripsi Kecerdasan Majemuk Ditinjau Dari Aktivitas Anak Usia 5-6 Tahun di Sekolah TK Negeri Mekar Sari Desa Potanga
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kecerdasan majemuk pada anak usia 5-6 tahun melalui aktivitas mereka di TK Negeri Mekar Sari, Desa Potanga, Kecamatan Boliyohuto, Kabupaten Gorontalo. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya penerapan pendekatan kecerdasan majemuk di pendidikan anak usia dini, yang cenderung masih terfokus pada aspek akademik seperti membaca, menulis, dan berhitung. Padahal, anak memiliki potensi kecerdasan yang beragam seperti linguistik, logika-matematis, visual-spasial, kinestetik, musikal, interpersonal, intrapersonal, naturalistik, dan eksistensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berbagai aktivitas tematik di sekolah, seperti bercerita, berhitung, mewarnai, senam pagi, menyanyi, hingga kegiatan eksplorasi alam, mampu menstimulasi beragam jenis kecerdasan tersebut. Namun, masih ditemukan keterbatasan dalam perencanaan pembelajaran yang terstruktur dan kurangnya stimulasi optimal dari guru terhadap kecerdasan non-akademik anak. Oleh karena itu, penting bagi guru dan orang tua untuk memahami dan mengembangkan seluruh aspek kecerdasan anak secara seimbang guna menunjang pertumbuhan dan perkembangan mereka secara menyeluruh.
Downloads
References
Abdullah, N., Putri, yuna, & Meylida, K. (2023). Peningkatan Kecerdasan Visual-Spasial Anak Kelompok B Melalui Bermain Playdough di RA Al-Islamiyah Al-Khalidiyah Samarinda. Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal, 2(2).
Abidin, R., & Kurniawati. (2020). Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Pada Anak Usia Dini Melalui Permainan Puzzle Cross Road Map. Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 85.
Andari, & Wiguna I. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Menstimulasi Kecerdasan Musikal Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Seni Dan Budaya, 1(1), 55–70.
Dewi, A. A. (2018). Guru mata tombak pendidikan. CV Jejak (Jejak Publisher).
Hidayat, S. (2020). Kiat pengembangan kecerdasan intelektual (otak) anak didik. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1271–1280.
Hidayat S. (2020). Kiat Pengembangan Kecerdasan Intelektual (Otak) Anak Didik. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1271.
Jazilurrahman. (2022). Implementasi Metode Bercerita dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3291–3299.
Marpaung J. (2017). Pengaruh Pola Asuh Terhadap Kecerdasan Majemuk Anak (Influences of Caring Parenting on Multiple Intelligence). Jurnal Kopasta, 4(1), 7–15.
Na’imah. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 4(2), 197–206.
Nasution, F., Sa’adah, N., Salna, I., Sabrina, A., & Hsb, R. (2025). Analisis Perkembangan Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia Dini Kelompok B di RA Rahmatullah. Inovasi Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 101–110. https://doi.org/10.61132/inpaud.v2i3.334
Nita, D. (2020). Kecerdasan majemuk dan implikasinya dalam pendidikan. Jurnal Psikologi Universitas HKBP Nommensen, 7(1), 40–49.
Novanti, & Wijaya I. (2021). Pengembangan Kecerdasan Logis-Matematis Melalui Penggunaan Bahan Alam Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal SEMDIKJAR, 4(1), 76.
Prasetyo, D., & Abidin, M. (2021). Pengembangan Kecerdasan Visual Spasial Melalui Kegiatan Menggunting dan Menempel di TKIT Yaumi Faitmah Pati”. SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam, 4(2), 236–248.
Rahmawati K. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan linguistik. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 227–236.
Setyawati, T., Permanasari, A., & Yuniarti, T. (2020). Meningkatkan Kecerdasan Musikal Melalui Bermain Alat Musik Angklung . JPKS (Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni), 2(1).
Sukardi, A. (2019). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Kecerdasan Logika-Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 123–130.
Suyadi, M. (2021). Pengembangan Kecerdasan Majemuk dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Khasanah Islam dan Neurosains. UAD PRESS. UAD Press.
Syaikhu A. (2020). Strategi pembelajaran berbasis multiple intelligences. Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 61–72.
Syarifah, S. (2019). Konsep Kecerdasan Majemuk Howard Gardner. Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 2(2), 154–175.
Thalib N. (2020). Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Written terhadap Kecerdasan Naturalis Siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan, 11, 1–16.
Copyright (c) 2025 Nur'ain Rahman, Irvin Novita Arifin, Yenti Juniarti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.