Pengaruh Penggunaan Media Tanah Liat Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh penggunaan media tanah liat terhadap kreativitas anak usia dini kelompok A di TK Negeri 12 Kartini Wonosari Kabupaten Boalemo Gorontalo. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan media tanah liat terhadap kreativitas anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen (one group pretest-posttest design). Subjek penelitian adalah 15 anak kelompok A TK Negeri 12 Kartini Wonosari Kabupaten Boalemo Gorontalo. Teknis analisis data dilakukan dengan cara olah data statistik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan tara-rata hasil pre-test memperoleh nilai rata-rata 24,2. Sedangkan data post-test memperoleh nilai rata-rata 38,2. Hasil tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan sebelum dan sesudah pemberian perlakuan. Berdasarkan hasil uji t pada (ñ) = 0.05 diperoleh ttabel = 2.131 Kemudian diperoleh nilai thitung = 34,303. Jadi thitung ââ°Â¥ ttabel, 34,303 ââ°Â¥ 2.131 dengan kata lain thitung > ttabel Maka Ho ditolak dan Hi diterima, dengan demikina maka hipotesis diterima artinya terdapat Pengaruh Penggunaan Media Tanah Liat Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini Kelompok A di TK Negeri 12 Kartini Wonosari Kabupaten Boalemo Gorontalo.
References
Aprianti, N. (2020) ââ¬ÅMeningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 tAHUN Melalui Bermain Tanah Liat,ââ¬Â (1), hal. 1ââ¬â14.
Arianti, P.E. (2019) ââ¬ÅMeningkatkan Kreativitas Anak Melalui Metode Bermain Plastisin Dikelompok B2 Paud Islam Terpadu Anak Mandiri Kota Palu,ââ¬Â Skripsi, 3(1), hal. 1ââ¬â76.
Arini, I. dan Fajarwati, A. (2020) ââ¬ÅMedia Bahan Alam Untuk Mengembangkan Kemampuan Klasifikasi Pada Anak Usia Dini,ââ¬Â JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 15(2), hal. 117ââ¬â126. Tersedia pada: https://doi.org/10.21009/jiv.1502.3.
Azizi, N.N. (2021) ââ¬ÅMengembangkan Kreativitas Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Ekstrakurikuler Kriya Di Paud Islam Makarima Pada Tahun 2020/2021,ââ¬Â Skripsi, 3(2), hal. 1ââ¬â111.
Desi, S. dan Jaya, I. (2021) ââ¬ÅPengembangan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Membentuk Tanah Liat Di Taman Kanak-kanak,ââ¬Â Jurnal Kajian Anak (J-Sanak), 2(02), hal. 76ââ¬â88. Tersedia pada: https://doi.org/10.24127/j-sanak.v2i02.816.
Dheana, M.N. (2020) ââ¬ÅPeningkatan Kreativitas Anak Melalui Penggunaan Media Bermain Plastisin Pada Anak Usia Dini Kelompok B Al Lail Di Ra Masjid Al Azhar Permata Puri Ngaliyan Semarang Tahun Ajaran 2019/2020,ââ¬Â hal. 1ââ¬â81.
Fitri, Y.M. dan Mayar, F. (2019) ââ¬ÅEksistensi Guru dalam Mengembangkan Kreativitas Anak di TK,ââ¬Â Jurusan Teknik Kimia USU, 3(1), hal. 18ââ¬â23.
Hanita, H. dan Memelina, A. (2021) ââ¬ÅPeran Orang Tua dalam Memanfaatkan Bahan Alam Sebagai Media Pembelajaran di Rumah pada Anak Usia Dini,ââ¬Â JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 4(2), hal. 43ââ¬â50. Tersedia pada: https://doi.org/10.31537/jecie.v4i2.495.
Husna, K. (2022) Mengembangkan kreativitas Anak Melalui Teknik Membustir dari Tanah Liat pada Kelompok B di RA Riyadlul Qoriââ¬â¢in Jember Tahun Ajaran 2021/2022.
Maisarah, A. dkk. (2020) ââ¬ÅMeningkatkan Kreativitas Anak Melalui Metode Bermain Plastisin Tanah Liat,ââ¬Â Journal on Early Childhood Education Research (JOECHER), 1(2), hal. 46ââ¬â54. Tersedia pada: https://doi.org/10.37985/joecher.v1i2.7.
Mutiah, E. dan Srikandi, S. (2021) ââ¬ÅKonsep Pengembangan Kreativitas Aud,ââ¬Â BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 1(1), hal. 1ââ¬â15. Tersedia pada: https://doi.org/10.24952/alathfal.v1i1.3464.
Ningsih, M.F. dkk. (2014) ââ¬ÅPeningkatan kreativitas melalui bermai balok pada anak usia 5-6 Tahun di PAUD Bina Insan,ââ¬Â Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(10), hal. 1ââ¬â10.
Nurfajria, I.S. (2017) ââ¬ÅMeningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Membentuk Menggunakan Media Tanah Liat Di Kelompok B Tk Ar-Rofi (Penelitian Tindakan Kelas di Kelompok B TK Ar-Rofi Bantargebang-Bekasi),ââ¬Â Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), hal. 23. Tersedia pada: https://doi.org/10.30870/jpppaud.v4i1.4641.
Nursifa, A. (2019) ââ¬ÅPeningkatan Kreativitas Melalui Permainan Clay PadaPaud Al Musfiroh Cidokom-Bogor.ââ¬Â
Pamilia, R. dkk. (2019) ââ¬ÅPerkembangan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Membentuk di TK Bungong Seuleupoek Banda Aceh,ââ¬Â Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 4(3), hal. 1ââ¬â23.
Rahayu, I. dan Mayar, F. (2019) ââ¬ÅPengaruh Tanah Liat Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah 29 Tanjung Aur Padang,ââ¬Â Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 3(1), hal. 32ââ¬â40. Tersedia pada: https://doi.org/10.35896/ijecie.v3i1.47.
Rodiyah, W.I. (2019) ââ¬ÅImplementasi Penggunaan Metode Bermain Dengan Media Plastisin Untuk Kreativitas Anak Di Ra Kalimosodo Manisharjo Sukoharjo Tahun 2018/2019,ââ¬Â Jurusan Teknik Kimia USU, 3(1), hal. 18ââ¬â23.
Sari, B.M. (2022) ââ¬ÅPengaruh Pasir Terhadap Perkebangan Kreativitas Anak Usia Dini di PAUD Kasih Ibu Semidang Aji Baturaja,ââ¬Â Skripsi, hal. 1ââ¬â26. Tersedia pada: http://www.nber.org/papers/w16019.
Supriatna, M.A. (2018) ââ¬ÅPenggunaan Tanah Liat Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Bentuk Dasar Tiga Dimensi Bagi Pendidikan Anak Usia Dini,ââ¬Â Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), hal. 45ââ¬â50. Tersedia pada: https://doi.org/10.17509/cd.v5i1.10495.
Suryana, D. dan Desmila (2022) ââ¬ÅMengembangkan Kreativitas Anak melalui Kegiatan Bermain Balok,ââ¬Â PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(02), hal. 143ââ¬â153. Tersedia pada: https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i02.8632.