Efektivitas Metode Bercerita dalam Meningkatkan Aspek Keterampilan Berbahasa Siswa di Sanggar Bimbingan Rawang, Selangor, Malaysia
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta yang terjadi dilapangan bahwasanya keterampilan berbahasa siswa di Sanggar Bimbingan Rawang masih perlu ditingkatkan. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode bercerita dalam meningkatkan aspek keterampilan berbahasa pada siswa kelas lll dan lV di Sanggar Bimbingan Rawang, Selangor, Malaysia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode ekperimen dengan desain penelitian Ome Group Pretest Posttes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Sanggar Bimbingan Rawang dan sampel berjumlah 15 orang. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan nilai pretest dan posttes terjadi peningkatan yang signifikan. Diketahui terdapat perbedaan pengaruh positif penerapan metode bercerita terhadap kemapanan berbahasa siswa dalam proses pembelajaran. Direkomendasikan kepada guru untuk menggunakan metode bercerita sebagai alternatif dalam kegiatan pembelajaran terutama dalam meningkatkan aspek perkembangan bahasa siswa.
Downloads
References
Abraham, Irfan, and Yetti Supriyati. 2022. “Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review.” Jurnal Ilmiah Mandala Education 8(3): 2476–82. doi:10.58258/jime.v8i3.3800.
Aini, Nur. 2019. “Bahasa Indonesia Sebagai Alat Media Komunikasi Sehari-Hari.” Universitas Mitra Indonesia: 3.
Akhyar, Fitria. 2019. “Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Dalam Kurikulum 2013.” Prosiding Seminar Nasional STKIP PGRI Bandar Lampung 1(1): 77–90.
Ardiansyah, Risnita, and M. Syahran Jailani. 2023. “Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif.” Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam 1(2): 1–9. doi:10.61104/ihsan.v1i2.57.
Aulia, Rida Nur. 2023. “Analisis Keterampilan Berbicara Dengan Menggunakan Metode Bercerita Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar.” Karimah Tauhid 2(5): 1993–2006.
Delvia, Riri, Taufina Taufina, Ulfia Rahmi, and Eva Zuleni. 2019. “Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Dengan Bercerita Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 3(4): 1022–30. doi:10.31004/basicedu.v3i4.230.
Devianti, Rika, Suci Lia Sari, and Indra Bangsawan. 2020. “R De.” Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan dan Konseling 03(02): 67–78.
Dhari, Putri Wulan, Heni Anggraini, and Mustafa Kamal Nasution. 2022. “Peran Guru Kelas Dalam Mengembangkan Keterampilan Berbahasa Siswa Kelas Rendah.” Ta’dib: jurnal Pemikiran Pendidikan 12(1): 40–50.
Harianto, Erwin. 2020. “‘Keterampilan Membaca Dalam Pembelajaran Bahasa.’” Jurnal didaktika 9(1): 2. doi:https://doi.org/10.58230/27454312.2.
Hermanto, Bambang. 2020. “Perekayasaan Sistem Pendidikan Nasional Untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa.” Foundasia 11(2): 52–59. doi:10.21831/foundasia.v11i2.26933.
Isnainy, S, and A Setyawan. 2021. “Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Keterampilan Berbicara Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas III Di SDN Telang 1.” Jurnal Pendidikan Bahasa 11(1): 12–16.
Jaa, Jurnal Al-amar, Upaya Meningkatkan, Literasi Anak, and Pada Mata. 2024. “PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN METODE Sadar Dan Terencana Untuk Mewujudkan Suasana Belajar Dan Proses Pembelajaran Agar Tujuan Pendidikan Nasional . Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Pada.” 5(1): 7–12.
Khosiah, Nur, Yulina Fadilah, Nizrina Sofiani Rizkillah, and Irhamatul Milla. 2022. “Model Pembelajaran Tematik Melalui Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar.” AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan 4(2): 284–98. doi:10.46773/muaddib.v4i2.461.
Lega, Maria Dolorosa. 2021. “Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bercerita Pada Siswa Kelas Iii Sdk Lei.” JPG: Jurnal Pendidikan Guru 2(1): 7. doi:10.32832/jpg.v2i1.4096.
Lenaini, Ika. 2021. “Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling.” HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah 6(1): 33–39.
Nihayaturaochmah, Nihayaturaochmah. 2023. “Perkembangan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Di Tk Hidayatut Tholibin Kecamatan Gegesik Kabupaten Cirebon.” Jurnal Multidisiplin Indonesia 2(8): 1938–51. doi:10.58344/jmi.v2i8.391.
Noor, Tajuddin. 2018. “Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional (Pasal 3 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003).” Wahana Karya Ilmiah Pendidikan 2(01): 123–44.
Nur, Ahmad Hasan, Andi Dian Angriani, Nurkhalisah Latuconsina, Nursalam, and Muhammad Rusydi Rasyid. 2023. “Meta Analysis: The Effect of Emotional Qoutient (EQ) on Students’ Mathematics Learning Outcomes.” Alauddin Journal of Mathematics Education 5(2): 149–59. doi:10.24252/ajme.v5i2.37984.
Nurbaeti, Nurbaeti, Annisa Mayasari, and Opan Arifudin. 2022. “Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Literasi Anak Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.” Jurnal Tahsinia 3(2): 98–106. doi:10.57171/jt.v3i2.328.
Suardi, Indah Permatasari, Syahrul Ramadhan, and Yasnur Asri. 2019. “Pemerolehan Bahasa Pertama Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3(1): 265. doi:10.31004/obsesi.v3i1.160.
Suriani, Nidia, Risnita, and M. Syahran Jailani. 2023. “Konsep Populasi Dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan.” Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam 1(2): 24–36. doi:10.61104/ihsan.v1i2.55.
Syahrizal, Hasan, and M. Syahran Jailani. 2023. “Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif.” Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora 1(1): 13–23. doi:10.61104/jq.v1i1.49.
William, and Hita. 2019. “Mengukur Tingkat Pemahaman Pelatihan PowerPoint.” JSM STMIK Mikroskil 20(1): 71–80.
Copyright (c) 2025 Wini Wahdaniah, Hana AstriaNur, Oman Hadiana, tio heriyana, Hermawan Hermawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.