Strategi Pembelajaran Literasi pada Anak Tunanetra dengan Menggunakan Alat Bantu Braille di SLB A Perwari Kuningan

  • Nina Hernawati Universitas Muhammadiyah Kuningan
  • Erna Juherna Universitas Muhammadiyah Kuningan
  • Wini Wahdaniah Universitas Muhammadiyah Kuningan
  • Wini Wahdaniah Universitas Muhammadiyah Kuningan
  • Dara Nur'afifa Universitas Muhammadiyah Kuningan
  • Eka Fitriyenti Universitas Muhammadiyah Kuningan
  • Eli Kartini Universitas Muhammadiyah Kuningan
  • Rifa Fauziyah Universitas Muhammadiyah Kuningan
  • cicih sopiani Universitas Muhammadiyah Kuningan
  • Rini Sarah Universitas Muhammadiyah Kuningan
  • Hisni Fauziah Universitas Muhammadiyah Kuningan
  • Rusmianti Fauziah Universitas Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi pembelajaran literasi siswa tunanetra dengan menggunakan alat bantu braille di SLB A Perwari Kuningan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 22 siswa, sedangkan sampel berjumlah 8 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi siswa tunanetra meningkat setelah menggunakan alat bantu braille dalam proses pembelajaran. Direkomendasikan kepada guru untuk menggunakan alat bantu braille sebagai alternatif dalam pembelajaran terutama dalam meningkatkan pembelajaran literasi siswa tunanetra.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-06-27
Abstract viewed = 21 times
PDF downloaded = 18 times

Most read articles by the same author(s)