Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Melalui Media Video Pembelajaran Di Selangor Malaysia

  • Fadhilah Islamia Huda STKIP Muhammadiyah Kunigan
  • Oman Hadiana Universitas Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahasa ekspresif anak-anak melalui penggunaan media video pembelajaran di Selangor, Malaysia. Pendekatan yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus bertujuan untuk meningkatkan kualitas media pembelajaran yang digunakan dan mengevaluasi dampaknya terhadap perkembangan bahasa ekspresif anak-anak. Pada siklus pertama, media yang digunakan adalah gambar statis dan rekaman audio sederhana, yang menunjukkan hasil yang terbatas, di mana anak-anak hanya meniru kata-kata tanpa berimprovisasi. Siklus kedua melibatkan penggunaan video pembelajaran dengan kualitas gambar dan suara yang lebih baik, yang menghasilkan peningkatan keterlibatan, meskipun anak-anak masih terbatas dalam mengembangkan percakapan mereka. Pada siklus ketiga, video interaktif yang memungkinkan partisipasi aktif anak-anak digunakan, yang menghasilkan perkembangan signifikan dalam kemampuan berbicara mereka. Anak-anak mulai berbicara lebih bebas, mengimprovisasi, dan mengungkapkan pemikiran mereka dengan lebih percaya diri. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media video yang interaktif memiliki dampak yang sangat positif terhadap pengembangan bahasa ekspresif anak-anak. Media yang memungkinkan interaksi langsung terbukti lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak-anak dibandingkan dengan media yang bersifat pasif. Temuan ini memberikan wawasan penting untuk pengembangan pembelajaran bahasa di usia dini, dengan mendorong penggunaan media yang dapat merangsang keterlibatan aktif anak-anak.

Keywords: bahasa ekspresif, media video pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas, interaktivitas, pengembangan bahasa anak

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Eliyawati, C. (2005). Pemanfaatan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti PPLPTK Departemen P dan K.

Fitria, A. (2014). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498

Hadi, G. K. (2018). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Mengungkapkan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Pertiwi 1 Banjarsari. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(2), 131–137. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v5i2.5441

Istiningsih. (2010). Pemanfaatan TIK Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Skripta.

Izzaty, R. E., Suardiman, S. P., Ayriza, Y., Purwandari, H., & Kusmaryani, R. E. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.

Karlina, H. (2017). Penggunaan Media Audio-Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Naskah Drama. Literasi: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 1(1), 28–35. https://doi.org/https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi/article/view/82

Khotimah, K., & Jannah, M. (2021). Pengaruh Metode Bercerita Menggunakan Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Dan Emosi Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(2), 223–235. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i2.350

Kusbudiyah, Y. (2018). Peningkatan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Melalui Kegiatan Sandiwara Boneka Pada Mata Diklat Praktek Pembelajaran di Raudhatul Athfal (RA). Tatar Pasundan: Jurnal Diklat Keagamaan, 12(33), 130–137. https://doi.org/10.38075/tp.v12i33.63

Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republi Indonesia.

Rad, A. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rasyid, H., & Mansyur, S. (2009). Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Sudijono, A. (2008). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N., & Ibrahim. (2004). Penelitian dan Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Sinar Baru.

Tambunan, I., Yus, A., & Lubis, W. (2019). Development Of Hand Puppet Media Based On Surroundings In Storytelling Learning Of Children At Pembina State Kindergarten, Padang Hilir Subdistrict, Tebing Tinggi City. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(2), 204–214. https://doi.org/10.33258/birle.v2i2.291

Published
2025-06-26
Abstract viewed = 12 times
pdf downloaded = 5 times