Abstrak
Pendekatan heutagogi adalah strategi pembelajaran yang memberikan kebebasan kepada peserta didik dalam menentukan metode, sumber, dan strategi belajar mereka sendiri. Pendekatan ini berfokus pada pengembangan kemandirian belajar, berpikir kritis, serta keterampilan pemecahan masalah, yang menjadi kunci dalam menghadapi tantangan pendidikan di era digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kajian literatur dengan menganalisis berbagai sumber akademik dan artikel daring yang membahas implementasi heutagogi dalam pembelajaran di sekolah dasar. Data dikumpulkan dari jurnal penelitian dan laporan ilmiah yang relevan untuk memahami efektivitas serta tantangan dalam penerapan heutagogi. Analisis menunjukkan bahwa heutagogi dapat meningkatkan motivasi intrinsik peserta didik, memperkuat pembelajaran sepanjang hayat, serta membantu mereka mengembangkan keterampilan adaptif dalam menghadapi perubahan. Namun, implementasi pendekatan ini menghadapi tantangan seperti kesiapan peserta didik untuk belajar secara mandiri, keterampilan tenaga pendidik dalam membimbing pembelajaran berbasis heutagogi, serta keterbatasan akses terhadap teknologi pendidikan. Agar heutagogi dapat diterapkan secara efektif, perlu adanya strategi kombinasi, seperti blended learning, serta pelatihan bagi tenaga pendidik dan penyediaan infrastruktur yang memadai. Dengan strategi yang tepat, heutagogi dapat menjadi solusi inovatif untuk menciptakan peserta didik sekolah dasar yang lebih mandiri, kreatif, dan siap menghadapi tantangan global.
Referensi
, N. F. (2023, May). Pendekatan Heutagogi untuk Mewujudkan Merdeka Belajar Pada Blended Learning Media Pembelajaran PAI di IAI Hasanuddin Pare. In Indonesian Proceedings and Annual Conference of Islamic Education (IPACIE) (Vol. 2, pp. 147-160).
Fauzi, M. S. D. (2021). Implementasi paradigma heutagogi dalam pembelajaran jarak jauh di perguruan tinggi: Sebuah sistematis review. Heutagogia: Journal of Islamic Education, 1(1), 1-13.
Febry, O., Santi, D. E., & Muhid, A. (2022). Pendekatan pembelajaran heutagogy untuk meningkatkan kreativitas siswa: Systematic literature review. Lectura: Jurnal Pendidikan, 13(2), 206-220.
Halim, A. (2022). Signifikansi Dan Implementasi Berpikir Kritis Dalam Proyeksi Dunia Pendidikan Abad 21 Pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 3(3).
Hase, S., & Kenyon, C. (2000). From andragogy to heutagogy. Ulti-BASE In-Site.
Hikmah, A. N., Chudzaifah, I., & Rohman, W. A. (2024). Implementasi Pendekatan Heutagogi: Self-Determined Learning Untuk Calon Guru SD/MI. As-Sibyan, 7(1), 53-72.
Hotimah, U., & Raihan, S. (2020). Pendekatan heutagogi dalam pembelajaran di era society 5.0. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 152-159.
Ishaq, I. (2024). Membangun Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Pendekatan Heutagogy dalam Mata Kuliah Teori Belajar dan Pembelajaran Membangun Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Pendekatan Heutagogy dalam Mata Kuliah Teori Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 4(3), 2339-2350.
Kamal, N. M. M., Hussin, Z., & Sulaiman, A. M. (2022). Pendekatan heutagogi: Persepsi murid terhadap pentaksiran rakan sebaya. International Journal of Education and Pedagogy, 4(1), 114-129.
Meri, E. G., & Mustika, D. (2022). Peran guru dalam pembelajaran di kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 200-208.
Muhid, A. (2021). Heutagogi: memerdekakan mahasiswa belajar di era revolusi digital.
Mustofa, M., & Komalasari, H. (2022) Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Pendekatan Heutagogi: Studi Eksperimen Pada Siswa SMA. Ringkang: Kajian Seni Tari dan Pendidikan Seni Tari, 2(2), 302-310.
Putri, N. A., & Wiyono, B. B. (2023). Hubungan Pendekatan Heutagogi, Fasilitas Pembelajaran Dan Teacher Digital Competence (TDC) Dengan Kreativitas Guru Di SMP Negeri Kabupaten Blitar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(2).
Suryani, A. I., & Lastri, W. (2025). ANALISIS PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN GEOGRFI DI SEKOLAH. MIND Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Budaya, 5(1), 33-40.
Syafri, U. A., Maya, R., & Primarni, A. (2021). Implikasi konsep heutagogi dalam pendidikan Islam kontemporer. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 45-56.
