Abstrak
Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan monopoli terhadap minat belajar IPS pada siswa kelas IV. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain two group prestest-posttest control group design.Sampel dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas IV SDN Pondok Kelapa 05 Pagi Duren Sawit Jakarta Timur sebanyak 58 siswa/i. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil peneltian menunjukkan hasil uji t 0,007 < 0,05 artinya ada pengaruh media permainan monopoli terhadap minat belajar IPS kelas IV di SD Kelurahan Pondok Kelapa Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur. Oleh sebab itu, guru perlu memberikan materi pembelajaran secara kreatif kepada peserta didik dengan memanfaatkan media bermain sebagai alat bantu edukasi seperti pemanfaatan monopoli agar mampu meningkatkan minat peserta didik dalam menerima materi pembelajaran dan mendapatkan pemahaman maksimal dari apa yang disampaikan.
Referensi
Adnyana, Komang Surya., Gusti Ngurah Arya. (2023). Peningkatan Minat Belajar IPAS Berbantuan Media Gambar pada Siswa Sekolah Dasa. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 61-70.
Akbar, Jakub Saddam. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Era Digital. Jambi: PT Senopedia Publishing Indonesia.
Anita., dkk. (2023). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Muatan IPS Menggunakan Model Pena. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 64-75.
Fadillah, Miftah, dkk., (2024). Merdeka Belajar: Solusi Revolusi Pendidikan di Indonesia. Journal of Information Systems and Management, 3(1), 19-22.
Fatmawati, Ira. (2021). Peran Guru dalam Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Revorma: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran, 1(1), 20-37.
Fikry, Muhammad., dkk. (2024). Pengembangan Media Monopoli dalam Meningkatkan Motivasi serta Minat pada Mata Pelajaran IPS Kelas 7 SMP. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1574-1582.
Fitrianingtyas, Ika., dkk. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Monopoli terhadap Minat dan hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri di gugus Nusa Kecamatan Karanganyar. Jurnal Riset Pedagogik, 7(1).
Hariyadi, Ahmad., dkk. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Monopoli terhadap Kemampuan Pemahaman IPS Kelas IV. Jurnal PGSD Musi, 6(2), 37-51.
Ledia, Shinta., Betty Mauli Rosa Bustam. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(1), 790-816.
Pratiwi, Ajeng Dwi., dkk. (2023). Identifikasi Permasalahan Pembelajaran IPS di Semua Tingkat Pendidikan Formal (SD, SMP. dan SMA). Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2).
Safitri, Irma Sintiya., dkk. (2024). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran IPS Muatan IPAS di Sekolah Dasar. Ainara Journal, 3(1).
Sarbaitinil., dkk. (2024). Menumbuhkan Minat Belajar Siswa melalui Metode Belajar Kreatif. Journal of International Multidisciplinary Reseasrch, 2(2), 367-379.
Sihotang, Nurhasanah. (2022). Penerapan Permainan Monopoli dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Prosiding Senkim, 2(1), 60-67.
Umah, Faridatul., Kholis Aniyati. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Monopoly Game Smart terhadap Minat Belajar Peserta Didik. EL-MIAZ, 4(1), 22-27.
Uno, Hamzah B. (2024). Profesi Kependidikan: Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Yulianti, Maria Eni. (2022). Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII B SMP Negeri 1 Kasihan dengan Media Pembelajaran Va & Av. Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 2(3), 120-128.
