Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektifitas pengembangan permainan lintasan semut untuk melatih konsentrasi anak autis TKLB Sehati Karimun. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D (Research Development) dengan model penelitian four-D dari Thiagarajan (1974). Subjek dalam penelitian ini berada di SLB Sehati Karimun dengan instrumen pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket yang dilakukan oleh para tim ahli media, tim ahli materi, respon pengguna dan untuk menguji keefektifan permainan lintasan semut, dilakukan juga tes terhadap anak menggunakan pre test dan post test. Jenis data yang dihasilkan kualitatif dengan melakukan analisis data sesuai dengan pedoman kriteria penilaian sehingga dapat menentukan kualitas media permainan yang dikembangkan. Hasil dari penelitian ini berupa media lintasan semut yang digunakan sebagai media permainan untuk melatih konsentrasi anak autis. Berdasarkan penilaian dari tim ahli media memperoleh nilai rata-rata 3,25 dengan keterangan layak. Penilaian dari tim ahli materi mendapatkan nilai rata-rata 3,2 dengan keterangan layak. Penilaian dari uji coba tanggapan guru memperoleh nilai rata-rata 3,5 dengan kriteria sangat layak. Sedangkan hasil uji efektifitas didapatkan kenaikan nilai rata-rata sebesar 0,5 dengan merujuk dari tabel interprestasi N Gain termasuk ke dalam kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan permainan lintasan semut dinyatakan layak dan efektif untuk melatih konsentrasi anak autis.
Referensi
A Ayuning, A., Pitaloka, P., Fakhiratunnisa, S. A., & Ningrum, T. K. (2022). Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus. In Masaliq : Jurnal Pendidikan dan Sains (Vol. 2, Issue 1). https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/masaliq
Ballerina, T. (2017). Meningkatkan Rentang Perhatian Anak Autis dalam Pembelajaran Pengenalan Huruf. INKLUSI, 3(2), 245. https://doi.org/10.14421/ijds.030205
Fadlillah, M. (2017). Buku Ajar Bermain & Permainan Anak Usia Dini (Rifmanto, Ed.; pertama). Prenada Media Grup. https://books.google.co.id/books?id=fja2DwAAQBAJ&lpg=PR5&ots=Bk-ISGOglW&dq=pengertian%20permainan&lr&hl=id&pg=PR5#v=onepage&q=pengertian%20permainan&f=false
Hasanah, U., Ahmad, R., & Karneli, Y. (2017). International Counseling and Education Seminar The Responsibility of Counselor and Educator in Millennium Era Efektifitas Layanan Penguasaan Konten untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa. http://bk.fip.unp.ac.id/ices2017|pp:143-148
Sri Ratnawati, M. P. (2017). Faktor Penyebab Kesulitan Belajar. Pedagogi Jurnal Penelitian Pendidikan, 04, 25–29.
Syafrol, D., Dan, W., & Utami, S. (2013). Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Autis Dalam Berhitung Melalui Keterampilan Meronce. Skripsi Sarjana, tidak diterbitkan, Universitas Tanjungpura, Pontianak.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. In Indiana University. Indiana University. https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2
Thosin Waskita, D., Sabilah, N., & Rakeyan Santang, S. (2022). Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini Melalui Metode Demonstrasi (Vol. 3, Issue 1).
