Belajar Budaya Sambil Bermain E-Ragam Budi Guna Meningkatkan Komunikasi Siswa Sekolah Dasar
PDF

Kata Kunci

Media Pembelajaran, Kemampuan Berkomunikasi, IPAS

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis digital yang bernama E-Ragam Budi (E-Ludo Keberagaman Budaya di Indonesia) untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi pada siswa kelas IV B MI Maulana Maghribi. Penelitian ini dilaksanakan di MI Maulana Maghribi pada bulan Juni 2025. Jenis penelitian ini adalah Research and Development. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah 17 siswa kelas IV B. Instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari lembar validasi ahli materi dan media, serta lembar observasi awal dan lembar observasi akhir kemampuan berkomunikasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan keefektifan penggunaan media terhadap kemampuan berkomunikasi siswa diperoleh dari rata-rata nilai persentase observasi awal sebesar 61,29% sedangkan observasi akhir sebesar 90,17%. Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 (< 0,05), yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan. Rata-rata perolehan N-Gain sebesar 0,7 yang masuk dalam kategori sedang yang menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berkomunikasi siswa. Dengan demikian media E-Ragam Budi dinyatakan efektif digunakan dalam pembelajaran IPAS untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa.

https://doi.org/10.33222/jlp.v10i2.4992
PDF

Referensi

Anas, N., & Sapri. (2022). Komunikasi Antara Kognitif dan Kemampuan Berbahasa. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 1(1), 1–8.

Anggraeni, N. O., Abidin, Y., & Wahyuningsih, Y. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Digital Pada Materi Keragaman Budaya Indonesia Mata Pelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 8(1), 22–25.

Elmi, D. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Ipas Di Sekolah Dasar. Journal Of Basic Education Studies, 6(2), 1–10.

Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat, dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 1–17.

Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian&Pengembangan (Research&Development) Uji Produk Kuantitatif dan Kualitatif Proses dan Hasil Dilengkapi Contoh Proposal Pengembangan Desain Uji Kualitatif dan Kuantitatif. Literasi Nusantara.

Ndruru, P. (2024). Pengaruh Komunikasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Camat Hilisalawa’ahe. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Nias Selatan, 7(3), 241–253.

Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 243255.

Oktapiani, N., & Hamdu, G. (2020). Desain Pembelajaran STEM Berdasarkan Kemampuan 4C Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 99–108.

Pratiwi, E. A., Witono, A. H., & Abdul Kadir. (2022). Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas V SDN 32 Cakranegara Kecamatan Sandubaya Kota Mataram Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1639–1646.

Putri, D. N. S., Islamiah Fitriah, Andini, T., & Marini, A. (2022). Analisis Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(2), 365–376.

Warunu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 2620–2626.

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936.

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##