IMPLIKASI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA TERHADAP KREATIVITAS SISWA KELAS 4 MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DI SD NEGERI 1 BENAWA
PDF

Kata Kunci

Kurikulum Merdeka
Kreativitas Siswa
Seni Budaya
Sekolah Dasar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan implikasi implementasi Kurikulum Merdeka terhadap kreativitas siswa kelas 4 pada mata pelajaran Seni Budaya di SD Negeri 1 Benawa. Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan kepada sekolah, guru, dan siswa dalam merancang pembelajaran sesuai karakteristik dan kebutuhan peserta didik. Dalam pembelajaran Seni Budaya, kurikulum ini menjadi sarana untuk menggali serta mengembangkan kreativitas siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru kelas 4, dan siswa kelas 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka memberikan dampak positif dalam mendorong kreativitas siswa, terlihat dari kebebasan dalam berekspresi, kemampuan menciptakan karya seni yang indah, serta keterlibatan aktif dalam pembelajaran. Guru juga mulai menerapkan metode yang bervariasi, seperti pembelajaran berbasis proyek. Meskipun masih terdapat kendala, kurikulum ini terbukti memberikan ruang yang luas untuk pengembangan potensi kreatif siswa, khususnya dalam mata pelajaran Seni Budaya.

 

https://doi.org/10.33222/jlp.v10i2.4747
PDF

Referensi

Agustina, E., Sukardi, & Idris, M. (2023). Analisis Kegiatan P5 dalam Penerapan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran. Wahana Didaktika, 442-451.

Aida, S. M., Gutama, A., & Nita, C. I. (2024). Analisis Implementasi Pembelajaran Seni Rupa Pada Kurikulum Merdeka Di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 521-536.

Akbar, M., Putri, N. K., Febriani, S., Abunoya, J. I., & Sukemi. (2023). Kajian Literatur : Analisis Kelemahan dan Faktor Penghambat Pada Implementasi Kurikulum Merdeka. Prosiding Seminar Nasional Kimia, 106-111.

Enawati, Supardi, & Lubna. (2024). Dampak Evaluasi Penerapan Kurikulum Merdeka Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Sekolah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 1710-1715.

Fauzi, M. N. (2023). Problematika Guru Mengimplementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran PAI Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1661-1674.

Febrian, F. T., Kamilah, I. P., Raja Gukguk, R. T., Adi Putra, M. J., & Sari, M. Y. (2024). Pengaruh Fasilitas Sekolah Terhadap Pemahaman dan Penerapan Kurikulum Merdeka oleh Guru. General and Specific Research, 508-517.

Fitra, D. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Pendidikan Modern. Jurnal Inovasi Edukasi, 149-156.

Handayani, D., Sari, S. P., & Nasution, I. S. (2023). ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 4303-4309.

Kumala, F. N., Yasa, A. D., Yulianti, & Setiawan, D. A. (2023). Optimalisasi Teknologi Pembelajaran dan Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 31-38.

Nisa, K., & Ain, S. Q. (2023). Pemanfaatan Barang Bekas Pada Pembelajaran Seni Rupa untuk Menunjang Kreativitas Siswa Kelas IV A SDN 115 Pekanbaru. Journal Of Social Science Research, 3021-3028.

Nurhayati, A., Fitria, E., & Nurfadhillah, S. (2020). Peran Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) Dalam Pengembangan Kemampuan Motorik Siswa Di SDS Islam Harapan Ibu School. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 426-434.

Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., & Hasna, S. (2022). Menerapkan Metode Pemblejaran Berorientasi Student Centered Menuju Masa Transisi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8840.

Ramadhan, I. (2023). Dinamika Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Pada Aspek Perangkat dan Proses Pembelajaran. AoEJ:Academy of Education Journal, 629.

Rawi, H. W., Salsabila, A., Ainun, N., Harahap, N., Akmalia, R., Lubis, S. P., & Rachman, S. (2023). Peralihan Kurikulum 2013 Menjadi Kurikulum Merdeka Pada Siswa Sma Melalui. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5969-5976.

Sinaga, T. M. (2022, November Senin). Kurikulum Merdeka Mengasah Kreativitas Siswa.

Siswanto, E., & Cendana, W. (2022). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Melalui Pemberian Apresiasi Secara Sinkronus. Cendekiawan, 43-49.

Sugiyono. (2021). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN. Bandung: ALFABETA.

Tanggulungan, L., & Murniarti, E. (2024). Analisis Implemnetasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Kreatifitas Siswa Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan : Kajian dan Implementasi, 1-11.

Zainuri, A. (2023). Manajemen Kurikulum Merdeka. Bengkulu: 2023.

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##