Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran penataan tempat duduk dalam menunjang efektivitas pembelajaran di Sekolah Dasar. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur, artikel ini menganalisis berbagai strategi penataan tempat duduk dan dampaknya terhadap keterlibatan, kenyamanan, serta hasil belajar siswa. Hasil kajian menunjukkan bahwa penataan tempat duduk yang bervariasi dan disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran, seperti formasi kelompok kecil, setengah lingkaran, dan huruf U, dapat meningkatkan aspek kognitif siswa. Studi kasus di beberapa sekolah juga menunjukkan hubungan antara penataan ruang dengan motivasi dan partisipasi belajar siswa. Penataan tempat duduk yang fleksibel direkomendasikan untuk mendukung pembelajaran yang aktif dan kolaboratif. Penelitian ini juga menyarankan adanya pengembangan lebih lanjut terkait integrasi penataan ruang kelas dengan teknologi dan pendekatan pembelajaran inovatif
Referensi
Alawiyah, Q., Muliasari, A., Ilma, N., Nurathifah, J., Rahmayanti, R., Awaliah, M., & Sulisnawati. (2024). ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PENATAAN DENAH TEMPAT DUDUK (Studi Kasus di Kelas V SDN Pasirhuni), 01(2), 72–80.
Febrianto, A., & Siroj, R. A. (2024). Studi Literatur : Landasan Dalam Memilih Metode Penelitian Yang Tepat, 01(02), 259–263.
Hakim, M. A. R. (2024). PENGARUH PENATAAN TEMPAT DUDUK (CLASSROOM SEATING) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DWIPA ABADI KATEMAN. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU PEKANBARU.
Inggritiyaa, S. E., Mauladhanib, A. E., Safitric, I. A., & Bektiarsod, S. (2024). Analisis Pengaruh Penerapan Manajemen Kelas terhadap Kenyamanan Siswa dan Efektivitas Pembelajaran, 01(03), 84–89.
Jumrawarsi, J., & Suhaili, N. (2021). Peran Seorang Guru Dalam Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Kondusif. Ensiklopedia Education Review, 2(3), 50–54. https://doi.org/10.33559/eer.v2i3.628
Kurniasih, N., Muliasari, A., Halimatuzzahroh, F., Nurlaila, A., Haeriyah, S., Natasya, R., … 1-7STKIP. (2024). ANALISIS PENATAAN RUANG KELAS DALAM MELIHAT RESPON SISWA (Studi Kasus di Kelas 2 SDN Kalanggunung Cipeucang Pandeglang), 01, 81–87.
Lestari, Y., Rohiat, R., & Anggraini, D. (2017). Pengaruh Penataan Tempat Duduk Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa Kelas V Sd N 20 Kota Bengkulu. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 61–65. https://doi.org/10.33369/pgsd.10.1.61-65
Mahanum, M. (2021). Tinjauan Kepustakaan. ALACRITY : Journal of Education, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.20
Mutiaramses, S, N., & Murni, I. (2023). Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin, 2(2), 208–224. https://doi.org/10.54723/ejpgmi.v2i2.104
Nihar, R. Z. (2020). PENGARUH VARIASI PENATAAN TEMPAT DUDUK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPS KELAS V DI MI NATIJATUL ISLAM SUMBEREJO JAKEN PATI TAHUN AJARAN 2019/2020. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.
Parlindungan, D. P., & Anandia, Y. (2018). Pengaruh pola tempat duduk terhadap interaksi siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1(1), 115–126.
Rohmanurmeta, F. M., & Farozin, M. (2016). Pengaruh Pengaturan Tempat Duduk Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Integratif. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 9(1). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v9i1.10691
Tati’ah, Hartini, A., & Fitriani, N. H. (2025). PENGARUH MANAJEMAN PENATAAN TEMPAT DUDUK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SDN PASAR JATI 2 KABUPATEN BANJAR. Junal EduCurio, 3(2), 389–394.
Widiasworo, E. (2018). Cerdas Pengelolaan Kelas. Yogyakarta: DIVA Press.
Yantoro, Y. (2020). STRATEGI PENGELOLAAN KELAS YANG EFEKTIF DALYantoro, Y. (2020). STRATEGI PENGELOLAAN KELAS YANG EFEKTIF DALAM MENUMBUHKAN SIKAP DISIPLIN SISWA. Jurnal Muara Pendidikan, 5(1), 586–592. https://doi.org/10.52060/mp.v5i1.265AM MENUMBUHKAN SIKAP DISIPLIN SISWA. Jurnal Muara Pendidikan, 5(1), 586–592.
