Abstrak
Penelitian ini mengkaji peran ekstrakurikuler drumband dalam mengembangkan kreativitas dan kecerdasan emosional siswa sekolah dasar di UPTD SDN Purwamekar, Purwakarta, yang memberikan kontribusi terhadap peningkatan dan kreativitas kecerdasan emosional siswa pada jenjang sekolah dasar. Kegiatan ekstrakurikuler seperti drumband tidak hanya menjadi sarana pengembangan bakat, tetapi juga berperan sebagai media pembentukan karakter dan keterampilan sosial siswa sejak dini. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan guru pembimbing dan angket yang diisi oleh 15 siswa kelas IV dan V yang aktif mengikuti kegiatan drumband kurang lebih selama satu semester. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan mengelompokkan temuan berdasarkan indikator kreativitas dan kecerdasan emosional siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan drumband memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap perkembangan kreativitas siswa; sebanyak 86,6% responden menyatakan mampu menyalurkan ide-ide kreatif dan berani berekspresi melalui musik. Selain itu, semua responden (100%) menyatakan mengalami peningkatan dalam hal manajemen emosi dan kerja sama tim, yang sangat penting dalam proses belajar di sekolah dasar. Hasil penelitian ini juga didukung oleh guru yang melihat adanya peningkatan rasa percaya diri, disiplin, serta keterampilan sosial peserta didik selama mengikuti kegiatan. Berdasarkan hasil penelitian, kegiatan ekstrakurikuler drumband merupakan sarana yang bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan abad 21, seperti berpikir kritis dan kolaboratif, selain mengasah bakat bermusik. Rekomendasi penelitian ini antara lain perlunya penelitian lebih lanjut untuk mengkaji unsur-unsur yang berkontribusi terhadap keberhasilan kegiatan ekstrakurikuler drumband serta pelaksanaan program ekstrakurikuler seni lainnya pada jenjang sekolah dasar
Referensi
Afandi, Sajidan, Akhyar, M., & Suryani, N. (2019). Development frameworks of the Indonesian partnership 21 st -century skills standards for prospective science teachers: A Delphi study. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(1), 89–100. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i1.11647
Andryani, R., Tindangen, M., & Nooryani. (2022). Analisis Kecerdasan Emosional Peserta Didik Kelas X-1 Di Sma Negeri 5 Samarinda. Prosiding, 3, 89–94.
Aprinastuti, C. (2020). Developing 21st Century Skills for Elementary School Students Grade 1 by Implementing Indonesian Traditional Games in Mathematic Learning. 422(Icope 2019), 80–82. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200323.094
Bullard, A. J., & Bahar, A. K. (2023). Common-barriers-in-teaching-for-creativity-in-K-12-class_2023. Literature Review. Journal of Creativity, 33(1), 100045.
Candra, P. A., & Wahyuni, A. (2024). Fostering Discipline Through Drum Band Extracurricular Activities in Children Aged 5-6 Years. Academic Journal Research, 2(2), 31–38.
Fredagsvik, M. S. (2023). The challenge of supporting creativity in problem-solving projects in science: a study of teachers’ conversational practices with students. Research in Science and Technological Education, 41(1), 289–305. https://doi.org/10.1080/02635143.2021.1898359
Hassan, F. D., Tahir, D. M., & Shagoo, M. R. (2023). A study of effects of emotional intelligence on the academic performance of the students of Utas Nizwa. International Journal of Multidisciplinary Research and Growth Evaluation. https://doi.org/10.54660/.ijmrge.2023.4.6.362-367
Indriyani, I., Sutisnawati, A., & Nurmeta, I. K. (2024). Analisis Kegiatan Ekstrakurikuler Drumband Dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab Siswa Di Sekolah Dasar. Attadib: Journal of Elementary Education, 8(1), 2614–1752.
Kurniawan, E. Y. (2018). Pendidikan Karakter dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Drumbannd di Sekolah Dasar Negeri Mekarsari II Kabupaten Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 3(2), 109–120. https://doi.org/10.30870/jpks.v3i2.4575
Laili, N. (2023). Dan Kedisiplinan Terhadap Peningkatan Kecerdasan Kinestik Siswa Sdit Al-Fathimiyyah. Jurnal Pendidikan Dasar Islam| P-ISSN 2620-9004 | E-ISSN 2620-8997 Vol. 6 No.1 Januari 2023 | Hal 48-62, 6(1), 48–62.
Ludfiana, Y., & Minsih. (2023). Instilling the Character of Responsibility and Confidence Through Students Elementary Drumband Extracurriculars. In International Conference on Learning and Advanced Education (ICOLAE 2022), 2508–2521. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-086-2_198
Ngabdiningsih, S. W., & Rivaningsih, S. A. (2023). Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based
