ANALISIS KESULITAN BELAJAR MENULIS PERMULAAN PADA SISWA KELAS I SD NEGERI X DI INDRALAYA TAHUN 2024/2025
PDF

Kata Kunci

Keterampilan menulis
Siswa kelas bawah
Tes keterampilan menulis
Analisis kesulitan

Abstrak

Kemampuan menulis merupakan kemampuan dasar yang harus dikuasai oleh siswa sekolah dasar sebagai fondasi untuk kesuksesan akademik di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan menulis permulaan siswa kelas satu SD Negeri x Indralaya dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan menulis mereka. Metode kualitatif deskriptif digunakan dengan sampel 18 siswa. Instrumen penelitian meliputi tes keterampilan menulis yang melibatkan kegiatan seperti menghubungkan garis, menjiplak pola, mencoret-coret bebas, menyalin huruf, dan menulis melalui dikte. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan dalam keterampilan menulis dasar, seperti mempertahankan tulisan tangan yang rapi, membentuk huruf dengan benar, dan secara akurat mengikuti instruksi dikte. Beberapa faktor yang berkontribusi diidentifikasi, termasuk kurangnya fokus selama pembelajaran, lemahnya penguasaan alfabet, dan terbatasnya keterampilan motorik halus. Temuan ini diharapkan dapat menjadi dasar untuk mengembangkan strategi pengajaran menulis yang lebih efektif dan sesuai dengan perkembangan siswa kelas awal, untuk meningkatkan hasil belajar mereka dalam jangka panjang.

https://doi.org/10.33222/jlp.v10i2.4709
PDF

Referensi

Atmojo, I. R. W., Muzzazinah, M., Ekawati, E. Y., Triastuti, R., Isnantyo, F. D., Sukarno, S., & Ramadian, R. K. (2025). Pelatihan Implementasi Pendekatan Pembelajaran Deep Learning untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru SD di Kota Surakarta. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 6(1), 123. https://doi.org/10.33394/jpu.v6i1.

Chandra, C., Mayarnimar, M., & Habibi, M. (2018). Keterampilan Membaca dan Menulis Permulaan Menggunakan Model Vark untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 72-80. https://doi.org/10.24036/jippsd.v2i1. 100050

Christianti, M. (2013). Membaca dan Menulis Permulaan Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 2(2).

Hadyanti, P. T. (2022). Problematika Pembelajaran Menulis Permulaan pada Masa Pandemi Covid- 19. Jurnal Basicedu, 6(1), 886-893.

Harahap, H. W. S., Harahap, S. M., Harahap, R. D., & Siregar, S. (2025). Penerapan Pentingnya Belajar Membaca Dan Menulis Kepada Anak Sekolah Dasar. Jurnal PKM Indonesia (JPI), 1(1), 10–15. https://doi.org/10.62567/jpi.v1i1.562

Iryani, W. S., Sumantri, S., & Zakiah, L. (2024). Survei Faktor Kesulitan Menulis Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2). https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13266

Khairunnisa, R., Kusumarini, E., & Riyandana, A. (2023). Pentingnya Penggunaan Ice Breaking Terhadap Fokus Belajar Siswa Kelas VD Di Sdn 012 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2022/2023. Jurnal Pendas Mahakam, 8(1).

Mardika, T. (2017). Analisis Faktor- Faktor Kesulitan Membaca Menulis Dan Berhitung Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 10(1).

Mukhtar. (2013). Metode penelitian deskriptif kualitatif. Jakarta: GP Press Group. Mustari, L., Indihadi, D., & Elan, E. (2020). Keterampilan Menulis Anak 4-5 Tahun. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 39–49. https://doi.org/10.17509/jpa.

v4i1.27195

Nashar, A. F., Nabila, A., Karella Lichesya Feithjeria, A., Rifa’atul, M., Suriansyah, A., & Aslamiah. (2025). Peran Orang Tua Dan Masyarakat Dalam Mendukung Pendidikan Bermutu Pada Sdn Benua Anyar 4 Banjarmasin. Journal of Innovation Research and Knowledge, 4(8).

Palaler, A. T., Mardiana, N., & Martono, B. (2024). Letter Card Media To Improve Students’ Reading Skills And Enthusiasm. JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 4(2).

Prismatuti, N. A. N. S., Kasanah, N., Halim, R. L., & Ermawati, D. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Menulis Permulaan pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 5262-5275.

Putra, P. G. N, Japa, I. G. N., & Yasa, L. P. Y. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan Melalui Model Pembelajaran Quantum. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3).

https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3. 36069

Rahayu, N. (2018). Pembelajaran Calistung Bagi Anak Usia Dini. Atfaluna: Jurnal Of Islamic Early Childhood Education, 1(2). http://dx.doi.org/10.32505/atfaluna. v1i2.922

Rais, A. R. D., Sudrajat, R. T., & Mahardika, R. Y. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa Mahasiswa Ikip Siliwangi Dalam Literasi Media. Jurnal Mahasiswa Ikip Siliwangi, 3(4), 505–515.

Sabrin, N & Ernawati, N . (2024). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Melalui Metode EJA di Kelas Rendah. PUSTAKA: Jurnal Bahasa dan Pendidikan, 4(2), 124–133.

https://doi.org/10.56910/pustaka.v4i2. 1324

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. Bandung: ALFABETA

Suprayogi., Pranoto, B. E., Budiman, A., Maulana, B., & Swastika, G. B. (2021). Pengembangan keterampilan menulis siswa SMAN 1 Semaka melalui web sekolah. Madaniya, 2(3).

Utari, V., & Rambe, R. N. (2023). Analisis faktor- faktor kesulitan menulis pada siswa kelas rendah di SD/MI.

Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(3), 361-372.

Wijayanti, T. I., & Utami, R. D. (2022). Mengembangkan Keterampilan Membaca dan Menulis Melalui Berbagai Metode dan Media Pembelajaran yang Bervariasi. Jurnal basicedu, 6(3), 5104-5114

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##