Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Menggunakan Model Role Playing Pada Pembelajaran Wawawancara
PDF

Kata Kunci

Keterampilan Berbicara
Model Role Playing
Pembelajaran Wawancara

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui penerapan model role playing pada pembelajaran wawancara di kelas IV SDN Budiwangi. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan tes unjuk kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran telah dilaksanakan dengan sangat baik, ditunjukkan dengan nilai rata-rata perencanaan sebesar 4,00 pada siklus I dan II. Pelaksanaan pembelajaran menunjukkan peningkatan dari siklus I dengan nilai rata-rata 3,60 menjadi 4,00 pada siklus II, dengan persentase peningkatan sebesar 11,11%. Selain itu, hasil belajar siswa dalam keterampilan berbicara juga mengalami peningkatan yang signifikan. Pada siklus I, nilai rata-rata tes unjuk kerja sebesar 74,16 dengan ketuntasan 66,7%, meningkat pada siklus II menjadi 85,33 dengan ketuntasan 86,66%. Persentase peningkatan hasil belajar mencapai 15,06%. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa model role playing efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran wawancara. Oleh karena itu, disarankan agar guru dapat memanfaatkan model ini sebagai alternatif strategi pembelajaran yang menarik dan partisipatif, khususnya untuk materi yang menuntut keterampilan komunikasi siswa.

https://doi.org/10.33222/jlp.v10i2.4702
PDF

Referensi

Anjelina, N., & Tarmini, W. (2022). Keterampilan berbicara siswa sekolah dasar pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7327-7333.

Bahtiar, R. S., & Suryarini, D. Y. (2019). Metode Role Playing dalam Peningkatkan Keterampilan Bercerita Pengalaman Jual Beli pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal ilmiah sekolah dasar, 3(1), 71-78.

Febriani, E. S., Arobiah, D., Apriyani, A., Ramdhani, E., & Millah, A. S. (2023). Analisis data dalam penelitian tindakan kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 140-153.

Herlina, U. (2015). Teknik role playing dalam konseling kelompok. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 2(1), 94-107.

Izzati, F. N., Kurnianti, E. M., & Hasanah, U. (2024). Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar Melalui Metode Role Playing. Kompetensi, 17(1), 134-142.

Mulyasa, E. (2010). Penelitian tindakan kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyatiningsih, E. (2015). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Modul Pelatiihan Pendidikan Profesi Guru: Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Muna, E. N., Degeng, I. N. S., & Hanurawan, F. (2019). upaya peningkatan keterampilan berbicara menggunakan media gambar siswa Kelas IV SD (Doctoral dissertation, State University of Malang).

Prawiyogi, A. G., Anggraeni, S. W., Amalia, D., & Rosalina, A. (2022). Peningkatan Kemampuan Berbicara dengan Menerapkan Metode Role Playing pada Siswa Kelas IV. Jurnal Sekolah Dasar, 7(2), 197-208.

Priatna, A., & Setyarini, G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SD Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 147-159.

Purnomo, B. H. (2011). Metodedan teknik pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas (classroomaction research). Jurnal Pengembangan Pendidikan, 8(1), 210251.

Rahmawati, R. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Bermain Peran Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Wawancara (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Rayhan, N., Ananda, R., Rizal, M. S., & Sutiyan, O. S. J. (2023). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Bermain Peran Pada Siswa Sekolah Dasar. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(1), 42-56.

Rohmanurmeta, F. M. R. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Metode Role Playing Pada Siswa Sekolah Dasar. Bahastra, 37(1), 24-31.

Susanti, S., Hartati, T., & Nuryani, P. (2021). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 1-12.

Tabrani, T., Afendi, A., Baitullah, B., Zamzami, Z., & Maspan, M. (2024). Model-Model Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 14713-14720.

Ummah, N. A., Ghufron, S., Kasiyun, S., & Rahayu, D. W. (2020). Pembelajaran keterampilan berbicara di kelas IV Sekolah Dasar. Wanastra: Jurnal Bahasa dan Sastra, 12(2), 120-128.

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##