ANALISIS KESULITAN GURU DAN SISWA DALAM BERADAPTASI DENGAN PERUBAHAN KURIKULUM DI INDONESIA
PDF

Kata Kunci

Kurikulum, Kesulitan Guru dan Siswa, Analisis.

Abstrak

Sistem pendidikan di Indonesia telah melalui beberapa perubahan kurikulum, dimulai dari kurikulum rencana pelajaran tahun 1947 hingga peluncuran kurikulum merdeka pada tahun 2022. Perubahan ini dimaksudkan untuk mengadaptasi pendidikan dengan kemajuan zaman dan kebutuhan siswa di era modern. Studi ini menerapkan metode tinjauan pustaka, yaitu menganalisis berbagai literatur dan penelitian terdahulu yang relevan dengan tantangan yang dialami guru dan siswa dalam menyesuaikan diri dengan perubahan kurikulum di Indonesia. Melalui metode ini, peneliti mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan mensintesis sejumlah temuan yang berkaitan, serta menggambarkan tantangan yang dihadapi oleh guru dan siswa dalam perubahan kurikulum yang terjadi secara dinamis. Temuan penelitian menunjukkan bahwa perubahan kurikulum yang sering dapat menyebabkan berbagai masalah bagi guru dan siswa. Kesulitan pada guru dapat terlihat dari pemahaman konsep yang belum sepenuhnya dipahami, keterbatasan pelatihan dan sosialisasi, sarana dan prasarana yang kurang memadai, dampak psikologis terhadap guru, serta adanya kesenjangan antara kebijakan yang ditetapkan dan praktik di lapangan. Sedangkan para siswa dituntut untuk beradaptasi dengan materi baru, metode pembelajaran yang berbeda, serta sistem penilaian yang mungkin terasa asing bagi mereka.

https://doi.org/10.33222/jlp.v10i2.4701
PDF

Referensi

Anggraena, Y., Felicia, N., Eprijum, D., Pratiwi, I., Utama, B., Alhapip, L., & Widiaswati, D. (2022). Kajian akademik kurikulum untuk pemulihan pembelajaran.

Ayudia, I., Bhoke, W., Oktari, R., Carmelita, M., Salem, V., Khairani, M., Mamontho, F., Setiawati, M., Nurhayati, N., Nurhidayati, N., & Imbar, M. (2023). Pengembangan kurikulum. Sumatera Utara: PT. Mifandi Mandiri Digital.

Azahra, S. (2024). Implikasi Perubahan Kurikulum Pendidikan Nasional Terhadap Kualitas Pembelajaran Dan Prestasi Siswa. Jurnal Nakula : Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Ilmu Sosial, 2(5), 319-326. https://doi.org/10.61132/nakula.v2i5.1075

Dewi, S. E. K., Pertiwi, R. P., Supangat, S., Ni’am, A. U., & Rahmawati, D. (2023). Analisis kesulitan guru dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik pada kurikulum merdeka di sekolah dasar. IBTIDA', 4(01), 41-50.

Fajari, L. E. W., Melianda, S., Aisyi, K. R., Afifah, L., & Salim, A. Analisis Kesulitan Belajar Muatan IPA Kelas 5 di Sekolah Dasar. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 7(3), 1681-1689. https://doi.org/10.20961/shes.v7i3.92177

Fatmawati, K. (2024). PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA KELAS III SDN 2 BANJAR TEGAL TAHUN PELAJARAN 2023/2024 (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).

Fikri, M., & Malihah, L. (2024). PERAN PENDIDIKAN AGAMA DALAM MEMBENTUK KARAKTER SUMBER DAYA MANUSIA: SEBUAH TINJAUAN PUSTAKA. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan, 24(2), 117-129.

Herman., Panji, A. L., & Mahmud, M. E. (2023). Kebijakan perubahan kurikulum di Indonesia. An-Nadzir : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 92-104. https://doi.org/10.55799/annadzir.v1i02.255

Indriani, N., & Suryani, I. (2023). Implementasi kurikulum merdeka belajar dalam pembentukan karakter disiplin peserta didik di sekolah dasar. Khazanah Pendidikan, 17(1), 242-252.

Kurniawati, D., & Setiawan, R. (2021). Kesulitan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Nasional, 8(2), 123-135.

Lugina, M. G., & Artiani, Y. (2022). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan, 1(1), 34-48. https://doi.org/10.22460/jpp.v1i1.10451

Mahrus, M. (2021). Manajemen kurikulum dan pembelajaran dalam sistem pendidikan nasional. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 3(1), 41-80. https://doi.org/10.35719/jieman.v3i1.59

Maulani, M., Kurniawan, D. A., & Jumiarti, H. (2021). Identifikasi kemampuan analisis siswa dengan menerapkan model pembelajaran berpusat pada guru (Teacher Center Learning) pada mata pelajaran fisika di SMA N 1 Lubuk Sikaping. SENRIABDI, 1(1), 143-150.

Maruhawa, I. A., Gulo, H., Zega, N. A., Telaumbanua, D. (2025). ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM PERUBAHAN KURIKULUM PADA PEMBELAJARAN IPA DI UPTD SMP NEGERI 1 GUNUNGSITOLI UTARA. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 12(2), 867-889. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v12i2.1737

Mawati, A. T., Hanafiah & Arifudin, O. (2023). Dampak pergantian kurikulum pendidikan terhadap peserta didik sekolah dasar. Jurnal Primary Edu (JPE), 1(1), 69-82.

Mere, K. (2024). ANALISIS KESULITAN GURU DALAM MENGADAPTASI PERUBAHAN KURIKULUM YANG SERING BERGANTI. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 16433-16438.

Novianto, A., Fitriani, N. L., Deniswa, A. S., Izzati, M. H. N., Firdaus, F., Ningrum, N. Y., & Dewi, R. C. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(2).

Pohan, S. A., & Dafit, F. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1191–1197. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.898

Pratiwi, M., & Nugraha, A. (2021). Analisis Keterbatasan Pelatihan Guru dalam Implementasi Kurikulum Baru di Wilayah Terpencil. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 31-46.

Puspitasari, L., & Rahman, A. (2020). Peran Teknologi dalam Kurikulum 2013 dan Kendala Implementasinya di Daerah Terpencil. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 7(2), 98-112.

Rahman. (2024). EFEKTIVITAS PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA LEMBAGA PENDIDIKAN. Nazzzama Journal of Management Education, 3(2), 210-224.

Ramaddini, N., Kurniasih, S., Syahidah, S. H. N., & Hilaliyah, T. (2024). TANTANTANGAN SISWA SMAN 1 PETIR DALAM MENGHADAPI KURIKULUM MERDEKA DI ERA DIGITAL TANGAN SISWA SMAN 1 PETIR DALAM MENGHADAPI KURIKULUM MERDEKA DI ERA DIGITAL. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(04), 222-234. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i04.4611

Azri, A., & Raniyah, Q. (2024). Peran Teknologi Dan Pelatihan Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 3(4), 4859-4884.

Rohim, D., & Rigianti, H. A. (2023). Hambatan guru kelas IV dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 7(5), 2801-2814.

Safitri, S. A., & Fajar, F. (2023). Hambatan-Hambatan Dalam Proses Adaptasi Pelaksanaan Kurikulum Merdeka (Studi Pada Guru Sma Negeri 1 Semarang).

Saputra, A. A., & Stiawan, A. (2024). Kajian Review Kurikulum K13 dan Kurikulum Merdeka dalam Implikasinya Terhadap Pembelajaran di Masa Mendatang. SOSEARCH: Social Science Educational Research, 5(1), 1-17.

Setiyorini, S. R., & Setiawan, D. (2023). Perkembangan kurikulum terhadap kualitas pendidikan di Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 12-12. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i1.27

Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104, 333-339.

Sucipto. (2024). Analisis tantangan dan peluang implementasi pembelajaran berbasis tenologi di era digital learning. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(3), 902-916. https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i3.4192

Sumilat, J. M., & Harun, M. (2024). Transisi Kurikulum dan Dampaknya terhadap Pembelajaran di Sekolah Dasar. Journal on Education, 6(4), 22057-22067. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.6326

Supriyanto, S., Fitri, I., & Nurhayati, N. (2022). Aplikasi Inventory Peralatan Mekanik Unit BRT UNAS Berbasis Web Menggunakan Metode Black-Box dan White-Box Testing. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi), 6(2), 224-233. https://doi.org/10.35870/jtik.v6i2.409

Syavitri, I., dkk. (2024). Implementasi kebijakan pendidikan di sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(11), 903-909. https://doi.org/10.5281/zenodo.14504074

Tight, M. (2020). The Development of Higher Education Research. Educational Research Review, 29, 100365.

Triwiyanto, T. (2022). Manajemen kurikulum dan pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Umayrah A., & Wahyudin, D. (2024). Analisis kesulitan guru sekolah dasar dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan gaya belajar siswa pada kurikulum merdeka. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 1956-1967. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i3.6599

Widyaningsih, N. W. (2025). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pengembangan Kemampuan Critical Thingking pada Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti di SMPN 2 Denpasar. ACINTYA: Jurnal Teologi, Filsafat Dan Studi Agama, 1(1), 163-182.

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##