IMPLEMENTASI MODEL THINK TALK WRITE BERBASIS MULTIMEDIAUNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS KELAS VSEKOLAH DASAR
Abstract
Mata pelajaran IPS di Sekolah Dasar merupakan pelajaran yang mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar, serta hasil belajar siswa kelas VA SD Islam Al-Madina Kota Semarang melalui penerapan model Think Talk Write berbasis multimedia.Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas tiga siklus. Setiap siklus terdapat empat tahapan yang dilalui yaitu perencanaan, pelaksanakan, pengamantan dan refleksi.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskripstif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan: (1) Keterampilan guru siklus I mendapatkan skor 27 kategori baik, pada siklus II skor 30 kategori sangat baik, dan siklus III meningkat dengan skor 34 kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa siklus I mendapatkan skor 21.14 kategori baik, pada siklus II skor 23.20 kategori baik, dan siklus III meningkat dengan skor 27.30 kategori sangat baik. (3) Ketuntasan belajar klasikal siswa siklus I 76% meningkat pada siklus II menjadi 83,33%, dan meningkat pada siklus III menjadi 90%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model Think Talk Write berbasis multimedia dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.