PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN PERISTIWA ALAM BESERTA DAMPAKNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI CIGUGUR KUNINGAN

  • Irna Erviani
  • Dede Cahyati Syahrir

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa, aktivitas belajar siswa, dan pengaruh penggunaan media audio visual pembelajaran pada mata pelajaran IPA. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen, sedangkan rancangan penelitian menggunakan one grup pretest-postest design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 64 siswa dan sampel yang diambil dari sekelompok populasi adalah siswa kelas V A yang berjumlah 20 orang siswa. Teknik yang dipakai untuk mengumpulkan data yaitu dengan pretest dan postest berupa pilihan ganda sebanyak 15 soal, diperoleh nilai pretest terendah 33, nilai tertinggi 86, dan memperoleh nilai rata-rata 56,7 dengan standar deviasi 16,63 berada di bawah KKM. Sedangkan nilai posttest diperoleh nilai terendah 20, nilai tertinggi 93, dan nilai rata-rata 67,7 dengan standar deviansi 18,01 berada di atas KKM. Teknik selanjutnya adalah dengan menggunakan observasi aktivitas belajar siswa diperoleh 46,7% kesiapan siswa, 53,3% antusiasme siswa dalam kelompok, 90% antusiasme siswa terhadap media pembelajaran, 66,7% aktivitas siswa dalam memecahkan masalah, 60% siswa dalam mengerjakan soal latihan dan 53,3% partisipasi siswa dalam menutup kegiatan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas pretest yang diperoleh ?2hitung 2,94 dan ?2tabel 5,99 sehingga ?2hitung (2,94) <?2tabel (5,99) dan uji normalitas posttest diperoleh ?2hitung (5,9) <?2tabel (5,99) dengan taraf kepercayaan ? (0,05). Sedangkanuji hipotesis (uji t) diperoleh t hitung (8,2) > ttabel (2,71) maka H1 di terima artinya terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan media audio visual pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada siswa kelas V SD Negeri Cigugur Kuningan.
?

Keywords: media audio visual, hasil belajar

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-09-01
Abstract viewed = 198 times
PDF downloaded = 0 times