The Use of Digital Media on Student Cognitive Learning Outcomes in SDN 2 Surodakan
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media diorama terhadap hasil belajar kognitif. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan pada peserta didik kelas VA dan VB SDN 2 Surodakan Trenggalek dengan jumlah 52 peserta didik. Instrumen utama pada penelitian ini menggunakan jenis tes tulis dan alat penilaiannya berupa soal pilihan ganda dengan jumlah 20 soal. Penskoran soal tersebut apabila salah = 1 dan benar = 2. Metode ini digunakan untuk mengetahui pengaruh media diorama (Variabel X) terhadap hasil belajar (Variabel Y). Untuk mengetahui pengaruh media diorama dengan menghitung data menggunakan Independent Sample T Test. Hasil uji Independent Sample T Test menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Maka H0 ditolak dan Ha diterima, berarti terdapat pengaruh penggunaan media diorama terhadap hasil belajar kognitif pada materi siklus air pada pembelajaran tematik peserta didik kelas V SDN 2 Surodakan Trenggalek tahun pelajaran 2018/2019.
Downloads
References
Arifin, Z. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Arsyad, A. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS Edisi Ketujuh. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Hidayati, A., Halimah, M., & Mulyadiprana, A. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Diorama terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Kegiatan Ekonomi. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 284–294. Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/7417/8057
Kurniawan, D. 2014. Pembelajaran Terpadu Tematik. Bandung: Alfabeta
P, V., Arini, N., & Riastini, P. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Diorama Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol: 5 No: Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/11021/7072
Solichin, M. 2017. Tes, Butir Hasil, Interpretasi Dan, T E S Ramalan, Validitas. Jurnal Manajemen & Pendidikan Islam, 192–213. Retrieved from https://journal.unipdu.ac.id/index.php/dirasat/article/view/879/637
Sudjana, N. 2017. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sugiyono. (2018) Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Supardi, S. (2016). Metodologi Penelitian. Metodologi Penelitian. Retrieved from http://bppsdmk.kemkes.go.id/pusdiksdmk/wp-content/uploads/2017/08/Metodologi-Penelitian-Komprehensif.pdf
Weranti, S. 2017. Pengaruh Media Diorama Tiga Dimensi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Materi Mengenal Penggunaan Uang Pada Mapel IPS Kelas III SDN Balong Bowo. Journal Of Information and Technology Education, 1(April), 32–42. https://doi.org/10.21070/jicte.v1i1.1127.
Widiyana, D. 2013. Satisfaction Learning Model To Improvement Learning Achievement On. Jurnal Pendidikan. Retrieved from https://studylibid.com/doc/659267/jurnal-fix---lumbung-pustaka-uny.