Pengembangan Media Digital Interaktif Materi Ciri-ciri Makhluk Hidup Kelas III SDN Tegalarum 1
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemanfaatan media pembelajaran digital interaktif pada materi ciri-ciri makhluk hidup, yang menyebabkan interaktivitas dan pemahaman peserta didik kurang optimal. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran digital interaktif yang valid dan praktis untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang melalui lima tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Produk yang dihasilkan adalah aplikasi CIMAHI (Ciri-ciri Makhluk Hidup) yang berbasis Android. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas III SDN Tegalarum 1, dengan uji kelayakan melalui validasi ahli, serta uji kepraktisan melalui angket respons guru dan peserta didik. Hasil validasi ahli memperoleh koefisien Aiken’s V sebesar 0,88 kategori sangat valid, sedangkan penilaian kepraktisan oleh guru mencapai 96% dan peserta didik 93,5% kategori sangat praktis. Hasil ini menunjukkan bahwa aplikasi CIMAHI efektif digunakan dalam pembelajaran, sehingga dapat menjadi alternatif inovatif bagi guru untuk menciptakan pembelajaran yang menarik, interaktif, dan sesuai kebutuhan peserta didik.
Downloads
References
Ananda, R. A., Inas, M., & Setyawan, A. (2022). Pentingnya Pendidikan Karakter pada anak Sekolah Dasar di Era Digital. JPBB: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(4), 83–88.
Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934
Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505
Hendra, Afriyadi, H., Tanwir, Noor Hayati, Supardi, Laila, S. N., Prakasa, Y. F., Hasibuan, R. P. A., & Asyhar, A. D. A. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Digital (Teori & Praktik). In PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Hidayat, N., & Khotimah, H. (2019). Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Kegiatan Pembelajaran. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(1), 10–15. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i1.988
Hussein, M. H., Ow, S. H., Cheong, L. S., & Thong, M. K. (2019). A Digital Game-Based Learning Method to Improve Students’ Critical Thinking Skills in Elementary Science. IEEE Access, 7, 96309–96318. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2019.2929089
Indartiwi, A., Wulandari, J., & Novela, T. (2020). Peran Media Interaktif Dalam Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. KoPEN : Konfrensi Pendidikan Nasional , 2(1), 28–31.
Jupriyanto, J., & Turahmat, T. (2018). Bahan Ajar Multimedia Interaktif Ilmu Pengetahuan Alam Sebagai Media Pembelajaran Inovatif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 119. https://doi.org/10.30659/pendas.4.2.119-128
Kustiati, T. (2022). Pengembangan multimedia interaktif sebagai media pembelajaran IPA. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 10(1), 81–92. https://doi.org/10.30738/wd.v10i1.7894
Legina, N., & Sari, P. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPA bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy, 9(3), 375–385. https://doi.org/10.33394/jp.v9i3.5285
Nurhalimah, D., & Azzahra, D. T. (2023). International Journal of Students Education THE IMPACT OF LEARNING MEDIA ON STUDENTS’ DEVELOPMENT IN LEARNING. International Journal of Students Education, 3(2), 264–266.
Pagarra H & Syawaludin, D. (2022). Media Pembelajaran. In Badan Penerbit UNM.
S, N. I. P., Idawati, I., & Nawir, M. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Interaktif Pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(1), 579–593. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i1.1332
Seprie, S. (2024). Studi Perbandingan Penggunaan Media Pembelajaran Digital dan Konvensional pada Siswa SD. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 9(7), 3890–3897. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v9i7.15900
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Tay, L. Y., Melwani, M., Ong, J. L., & Ng, K. R. (2017). A case study of designing technology-enhanced learning in an elementary school in Singapore. Learning: Research and Practice, 3(2), 98–113. https://doi.org/10.1080/23735082.2017.1350737
Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141
Copyright (c) 2025 Muhammad Supri Yanto, Sari Yustiana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.