Analisis Kebutuhan Penggunaan Media Pembelajaran dalam Mengatasi Miskonsepsi Peserta Didik di Sekolah Dasar

  • Silmi Nurul Fadhillah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ghullam Hamdu Universitas Pendidikan Indonesia
  • Agnestasia Ramadhani Putri Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Pembelajaran sains di sekolah dasar seringkali menghadapi tantangan, terutama dalam penyampaian konsep abstrak seperti siklus air. Topik ini seringkali menimbulkan miskonsepsi di kalangan siswa akibat minimnya media pembelajaran yang konkret dan kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan penggunaan water cycle box sebagai media pembelajaran alternatif yang dapat membantu siswa memperoleh pemahaman yang lebih komprehensif tentang konsep siklus air. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data seperti kuesioner, wawancara dengan guru dan siswa, serta dokumentasi. Penelitian ini melibatkan dua sekolah dasar dengan total 21 siswa dan beberapa guru kelas lima sebagai partisipan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa menikmati pelajaran sains tetapi kesulitan memahami proses siklus air, terutama karena terbatasnya penggunaan media pembelajaran yang tepat. Para guru juga mengakui minimnya alat peraga dan menyatakan dukungannya terhadap pengembangan media yang dapat merepresentasikan proses siklus air secara konkret. Water cycle box dianggap sebagai alat yang efektif untuk memberikan pengalaman belajar yang langsung dan representatif melalui elemen visual seperti gunung, danau, lautan, dan kapas untuk melambangkan awan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa water cycle box sangat dibutuhkan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep siklus air dan mengurangi kesalahpahaman selama proses pembelajaran.

Keywords: media pembelajaran, siklus air, ilmu pengetahuan alam, IPA, Miskonsepsi, water cycle box

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, A. N. H. (2021). Peningkatan Kemampuan Menganalisis Siklus Air Melalui Media Puzzle Berbantuan Kartu Siklus Air Pada Siswa Kelas V SDN Besowo 2 Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 1(2), 71–80. https://doi.org/10.53624/ptk.v1i2.19
Asriyanti, F. ., & Kurniasari, A. (2023). Pengembangan Buku Ajar Siklus Air Tema 8 Subtema 1 Manusia dan Lingkungan untuk Siswa Kelas V SD Negeri 1 Gemaharjo. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 1359–1365.
Diana, D., Sukamti, S., & Winahyu, S. E. (2022). Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA di SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(11), 1110–1120. https://doi.org/10.17977/um065v2i112022p1110-1120
Imhof, A. L. (2025). How to reliably diagnose children ’ s concepts in learning science ? Using the water cycle as an example. 21(2).
Istikhoroh, N., Damaianti, S. V., Hartati, T., & Nurdiansyah, N. (2024). FLIPPING THE SCRIPT : BOOSTING READING PROFICIENCY WITH WATER CYCLE INTERACTIVE READ-ALOUDS (IRA). 19(5), 174–182.
Lady, K. A., Sylvia, S. L., & Kabib, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Siklus Air Berbasis Digital Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 350–359. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5352
Rika Widianita, D. (2023). ANALISIS IMPLEMENTASI TEORI KONTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI SIKLUS AIR PADA SISWA KELAS V SDN SAWAH BESAR 01 KOTA SEMARANG. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19.
Safitri, R. L., & Kasriman, K. (2022). Pengaruh Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Materi Siklus Air pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8746–8753. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3939
Sukmawati, R., & Tarmizi, M. I. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIOSIR (DIORAMA SIKLUS AIR) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA SISWA KELAS V SDN DUREN JAYA XIV. Tjyybjb.Ac.Cn, 27(2), 58–66. https://doi.org/10.13040/IJPSR.0975-8232.12(10).5595-03
Wahyu, Y., Edu, A. L., & Nardi, M. (2020). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 107–112. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.344
Wulan, D. A. N., & Astutik, L. S. (2023). Pengembangan Media Pop-Up Book Pada Materi Siklus Air Untuk Siswa Kelas 4 SDN 1 Waung. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 17644–17655. https://mail.jptam.org/index.php/jptam/article/view/9159/7485
Wulansari, N., Mursidik, E. M., & Rahayu, K. B. (2023). Increasing student learning activity through guided inquiry used water cycle bag learning media in VA SDN 2 Baleharjo, Pacitan. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 12(2), 83–89. https://doi.org/10.52640/tajdid.v12i2.322
Lokal Di Kabupaten Ciamis. Jurnal Agregasi : Aksi Reformasi Government Dalam Demokrasi, 8(2), 114–128. https://doi.org/10.34010/agregasi.v8i2.3289
Zam Zam Jamaludin. (2022). E-Modul Keanekaragaman Hayati Berbasis Education for Sustanable Development Untuk Mendukung Implementasi Flipped Learning. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1550–1570. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3090
Zidny, R., & Eilks, I. (2022). Learning about Pesticide Use Adapted from Ethnoscience as a Contribution to Green and Sustainable Chemistry Education. Education Sciences, 12(4). https://doi.org/10.3390/educsci12040227
Published
2025-09-01
Section
Articles
Abstract viewed = 11 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 7 times