Analisis Gejala Disleksia Interpretatif Siswa Kelas Tinggi Kajian (Studi Fenomenologi) di Sekolah Dasar

  • Kartika Universitas Madako Tolitoli
  • Muh. Khaerul Ummah BK Universitas Madako Tolitoli
  • Hasia Marto Universitas Madako Tolitoli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru dalam mengatasi disleksia interpretatif pada siswa kelas V di SDN Sandana dan faktor-faktor yang memengaruhinya. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mengenali kesulitan siswa melalui ketidakmampuan memahami dan menjelaskan teks. Guru memberikan dukungan emosional dan menggunakan metode membaca berulang serta membaca bersama untuk membantu pemahaman siswa. Pujian dan reward diberikan untuk meningkatkan motivasi. Faktor penghambat termasuk keterbatasan waktu, kurangnya keterlibatan orang tua, dan fasilitas yang terbatas. Meskipun ada tantangan, upaya guru memberikan hasil positif, meskipun perubahannya masih bertahap. Penelitian ini menyarankan perlunya dukungan lebih lanjut dari sekolah dan orang tua untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Dr.H.Endang Solihin, M. S. (2021). Pendekatan kualitatif dalam penelitian pendidikan. In N. Widiawati (Ed.), Pustaka Ellios (Adel Lukma). Pustaka Ellios.

Haifa, N., Mulyadiprana, A., & Respati, R. (2020). Pengenalan anak pengidap disleksia. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 21–32. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i2.25035

Hasibuan, N. sari. (2021). Pendampingan orang tua untuk menstimulus belajar anak disleksia. Jurnal Anifa: Studi Gender dan Anak, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.32505/anifa.v1i1.2427

Husni, T. (2022). Implementasi budaya literasi baca tulis melalui membaca pemahaman. 1–13. https://drive.google.com/file/d/1oXenNKDqd4lk4DgAoBEOswybJtrQ5p5o/view?usp=drinesdk

Khaq, L. A. K. (2022). Gambaran pola asuh orang tua yang memiliki anak disleksia. 1–183. https://eprints.iain-surakarta.ac.id/3139/1/FULL TEKS_Lia_81141006.pdf

Khasanah, N., & Adhandayani, A. (2022). Pengalaman ibu dengan anak disleksia: studi interpretative phenomenlogical analysis. Jurnal Penelitian Psikologi, 13(1), 37–46. https://doi.org/10.29080/jpp.v13i1.718

Latifah, N., & Supena, A. (2020). Pelaksanaan pembelajaran anak tunalaras pada masa pandemi covid-19 di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.556

Lestari, N. F. (2020). Efektivitas model pembelajaran savi (somatic, auditory, visual, intellectualy) dalam meningkatkan hasil belajar dan mengembangkan keterampilan 4C di sekolah dasar. JURNAL PENDIDIKAN dan KONSELING, 1(2), 105–109. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.601

Makhsun, R. L., & Krisphianti, Y. D. (2023). Proses layanan BK kepada anak dengan kesulitan belajar disleksia. Prosiding SEMDIIKJAR Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran, 6, 843–851. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/3733

Nurwati. (2024). Peran pendidikan karakter dalam meningkatkan disiplin belajar siswa di sd negeri 09 bilah barat. Jurnal Edukatif, 2(2), 272–277. https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/edukatif/article/view/655

Putri, D. Y., Lathifah, A. S., Prasetyo, C. M. A., & Suparmi. (2024). Peran guru dalam meningkatkan keterampilan membaca anak disleksia. Jurnal Wahana Karya ilmiah Pendidikan, 8(01), 26–36. https://doi.org/10.35706/wkip.v8i01.11578

Rusandi, & Rusli, M. (2024). Merancang penelitian kualitatif dasar / deskriptif dan studi kasus. Jurnal pendidikan dan studi kasus, 1–13. http://jurnal.staiddimakassar.ac.id/index.php/aujpsi

Sinaga, B. M. V., & Nasution, F. A. (2023). Upaya pengembangan kualitas literasi dan numerasi siswa sd negeri 060839. SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 2(3), 441–446. https://doi.org/10.55123/sosmaniora.v2i3.2608

Triadi, R. B., & Regina, F. S. (2021). Kesulitan menulis pada anak disabilitas: studi kasus anak gangguan disleksia usia 8 tahun. Diglosia: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan …, 5(1), 167–179. https://drive.google.com/file/d/1oUEAVQ0hkJWCEf79tSnaXp2MyEJkjMgA/view?usp=drivesdk

Widodo, A., Indraswati, D., & Royana, A. (2020). Analisis penggunaan media gambar berseri untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa disleksia di sekolah dasar. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman, 11(1), 1–21. https://doi.org/10.31942/mgs.v11i1.3457

Published
2025-09-01
Section
Articles
Abstract viewed = 13 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 15 times