Analisis Kebijakan Program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Di Sekolah Dasar : Studi Konversial Era Merdeka
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan Program Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada min 1 Toli-Toli dalam konteks kurikulum Merdeka. Menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi siswa, guru, kepala sekolah, pengawas, dan orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi P5 menerima dukungan positif dari berbagai pihak dan berdampak pada peningkatan karakter dan keterampilan sosial siswa. Namun, sejumlah tantangan ditemukan, seperti batasan waktu, kebutuhan untuk biaya tambahan, dan adaptasi guru terhadap penilaian berbasis proses. Kontroversi muncul ketika cita-cita kebijakan tidak sejalan dengan kondisi nyata di sekolah. Program P5 dianggap relevan, tetapi masih memerlukan bantuan dan penyesuaian berkelanjutan terhadap karakteristik lokal untuk implementasi yang optimal.
Downloads
References
Ahmad, A., & Muslimah, M. (2021). Memahami teknik pengolahan dan analisis data kualitatif. PINCIS : Palangka Raya International and National Conference On Islamic Studies, 1(1), 173–186. https://e-proceedings.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/PICIS/article/view/605
Anggelia, S. F., Ds, Y. N., & Sadiah, T. L. (2024). Analisis kegiatan projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) pada kurikulum merdeka di sekolah dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 4668–4676. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14274
Artawan, K. S., & Astuti, N. W. W. (2024). Relevansi kurikulum merdeka dalam prespektif pandangan filsafat progresivisme John Dewey dan konsepsi filsafat Ki Hadjar Dewantara. PROSPEK, 3(3), 420–438. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/prospek/article/view/3572
Aulia, D., Hadiyanto, H., & Rusdinal, R. (2023). Analisis kebijakan kurikulum merdeka melalui implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila di sekolah dasar. JP2SD (Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar) Vol., 11(1), 122–133. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v11i1.25923
Hutabarat, H., Elindra, R., & Harahap, M. S. (2022). Analisis penerapan kurikulum merdeka belajar di SMA Negeri Sekota Padangsidimpuan. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(3), 58–69. http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu
Kartika, G. T. (2023). Pelaksanaan kurikulum merdeka belajar di Min 01 Rejang Lebong. In (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Curup). http://e-theses.iaincurup.ac.id/5569/
Khairunnisa, A. A., & I. Isrokatun, C. S. (2024). Studi implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila: meningkatkan berpikir kritis di sekolah dasar. Jurnal Educatio, 10(1), 242–250. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.7828
Kurniawan, T., & Wijarnako, B. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam menumbuhkan motivasi kewirausahaan pada siswa kelas VII SMP N 1 Kalikajar. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 9(1), 1–23. https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpse/article/download/2790/1679
Lisnawati, L., Wahyudin, W., & Caturiasari, J. (2023). Analisis implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila dalam mengembangkan pendidikan karakter siswa sekolah dasar. Jurnal Sadewa : Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran Dan Ilmu Sosial, 1(3), 48–78. https://doi.org/10.61132/sadewa.v1i3.36
Mawardani, S. I. (2023). Implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 5 Bandar Lampung tahun ajaran 2022/2023 [(Doctoral dissertation, Universitas Lampung)]. http://digilib.unila.ac.id/71655/
Purnawanto, A. T. (2022). Implementasi profil pelajar pancasila dalam pembelajaran kurikulum merdeka. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 21(1), 76–87. https://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/139
Putrie, H. S., Basyar, M. A. K., & Untari, M. F. A. (2023). Implementasi profil pelajar pancasila dalam pembelajaran P5 peserta didik kelas IV SDN Bandungrejo 2 Kabupaten Demak. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(2), 2472–2486. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.933
Rahayu, L., Junita, A., Fiani, F. R., Putra, M. J. A., & Sari, M. Y. (2024). Penguatan profil pelajar pancasila (P5) pada kurikulum merdeka di sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal (JIPKL), 4(5), 475–485. https://doi.org/10.62274/tadrusuun.v3i1.124
Rahmafitri, F., Deswita, E., & Trisoni, R. (2024). Analisis kebijakan kurikulum merdeka dan implikasinya terhadap kualitas pendidikan. Dirasah : Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 45–55. https://doi.org/10.58401/dirasah.v7i1.1050
Ratnasari, T. (2021). Analisis kebijakan kurikulum merdeka melalui implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila di SD Negeri 1 Wonoboyo. JJurnal Bahusacca: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Manajemen Pendidikan, 2(2), 46–57. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i1.35
Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi profil pelajar pancasila dan implikasinya terhadap ketahanan pribadi siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230–249. https://doi.org/10.22146/jkn.67613
Suhartono, O. (2021). Kebijakan merdeka belajar dalam pelaksanaan pendidikan di masa pandemi covid-19. Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 8–19. https://doi.org/10.18860/rosikhun.v1i1.13897
Umam, M. I., & Kunaenih, K. (2024). Analisis implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5) pada kurikulum merdeka studi kasus di SDN 05 Pagi Pisangan Timur. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 12528–12532. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34064
Wulandari, R. N. (2023). Analisis implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) pada kurikulum merdeka di SD ‘Aisyiyah Kota Malang. In (Doctoral dissertation,uiversitas Muhammadiyah Malang). https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/1047/
Copyright (c) 2025 Nurjanna, Muh. Khaerul Ummah BK , Moh. Rudini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.