Analisis Efektivitas Penggunaan Video Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan video pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian pustaka, yaitu mengkaji berbagai penelitian yang terkait dengan topik yang dibahas dan mengkaji penelitian terdahulu yang terkait dengan penggunaan video pembelajaran dan hasil belajar siswa. Untuk pengumpulan data, peneliti akan memanfaatkan studi pustaka yang terkait dengan efektivitas video pembelajaran sebagai upaya pendidik untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pencarian sumber pustaka yang relevan dengan topik penelitian dilakukan dengan menggunakan perpustakaan digital dan pangkalan data daring. Hasil analisis ini menunjukkan bahwa penggunaan video pembelajaran dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan video pembelajaran efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah dasar. Penggunaan video dalam proses pembelajaran memungkinkan siswa mudah memahami materi yang dipelajari melalui visual, audio, dan animasi yang disajikan, sehingga meningkatkan motivasi dan hasil belajar mereka.
Downloads
References
Adiati, C. C., Firdaus, R., & Nurwahidin, M. (2023). Efektivitas video animasi terhadap hasil belajar siswa. Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(01), 69-81.
Afif, M. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Video Online terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Bahasa Arab Semester III di STIT Raden Wijaya Mojokerto.Progressa: Journal of Islamic Religious Instruction,2(2), 93-98.
Agustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan video pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa menggunakan model R&D. Jurnal ilmiah pendidikan dan pembelajaran, 4(1), 62-78.
Amrah, Sahabuddin, E. S., & Atirah, R. D. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Matematika Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sdn 24 Kalibone Kabupaten Pangkajene Dan Kepulauan. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 47–66.
Ardhianti, F. (2022). Efektifitas penggunaan video sebagai media pembelajaran untuk siswa sekolah dasar. Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(1), 5-8.
Azis, R., Taiyeb, A. M., & Muis, A. (2018). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah. Prosiding Seminar Nasional Biologi Dan Pembelajarannya, 461–466.
Fahri, M. U. (2020). Pemanfaatan video sebagai media pembelajaran.
Friselya, E. Y., Wulandari, I., Maulida, R. Y., Rozaq, A. N., Mahardika, I. K., & Subiki, S. (2022). Efektivitas Video Pembelajaran Usaha dan Energi Berbasis Multirepresentasi terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Phi: Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapan, 8(1), 19-23.
Guswiani, W., Darmawan, D., Hamdan, A. N., & Noordyana, A. M. (2018). Efektivitas Penggunaan Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. JTEP (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran). 3(2), 695
Hadi, S. (2017, May). Efektivitas penggunaan video sebagai media pembelajaran untuk siswa sekolah dasar. In Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Dan Pendidikan Dasar 2017 (pp. 96-102).
Hakim, M. N., & Herdiana, B. (2021). Penggunaan Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Arus Jurnal Sosial dan Humaniora, 1(2), 39-44.
Irwanto, I. (2019). Efektivitas Penggunaan Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Front Office di Kelas XI Akomodasi Perhotelan SMKN 3 Garut. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 10(2), 77-91.
Isnaini, S. N., Firman, F., & Desyandri, D. (2023). Penggunaan Media Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 42-51.
Istiqomah, N. & Widodo, A. S., (2021). Efektivitas Penggunaan Video Pembelajaran Dalam Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19. Prosding Seminar Nasional Pendidikan Sultan. 2(1).
Khaedar, M., & Fitriana, E. H. (2022). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas V Sd Negeri 188 Tanrongi Kabupaten Wajo. Jkpd) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 7.
Lamusu, Z., & Syarifudin, S. (2020). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Bola Basket. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(2), 129–138.
Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sd. Indonesian Journal Of Primary Education Penggunaan, 3(2), 64–72.
Nurdin, N. (2022). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran terhadap Minat Belajar Siswa pada Materi Mendongeng di Masa Pandemi Covid 19. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 43-52.
Partayasa, W., Suharta, I. G. P., & Suparta, I. N. (2020). Pengaruh Model Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Minat. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika),4(1), 168-179.
Prastica, Y., Hidayat, M. T., & Ghufron, S. (2021). Pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika siswa sekolah dasar. Jurnal BASICEDU: Journal of Elementary Education, 5(5), 3260-3269.
Salma. 2022. Studi Literatur: Pengertian, Ciri, Teknik Pengumpulan Datanya.
Supryadi, P. E., dkk. 2013. Penerapan Media Video Pembelajaran sebagai Aplikasi Pendekatan Contekstual Teaching Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Mimbar PGSD, (Online), 1 (1).
Wahyudi, W., Yahya, M. D., Jenuri, J., Susilo, C. B., Suwarma, D. M., & Veza, O. (2023). Hubungan penggunaan multimedia dalam pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik. Journal on Education, 6(1), 25-34.
Yudianto, A. (2017). Penerapan video sebagai media pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan.