PERAN MEDIA SOSIAL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI ERA DIGITAL
Abstract
Siswa sebagai generasi yang mencerminkan bangsa harus memiliki karakter yang baik. Nilai-nilai yang diterapkan pada siswa disekolah diharapkan dapat diserap dan direalisasikan dalam aktivitas kesehariannya. Tidaklah mudah bagi guru untuk menanamkan siswa pendidikan karakter, ditambah dengan adanya tantangan perkembangan teknologi seperti media sosial yang dapat mempengaruhi kepribadian pada diri siswa sehingga untuk memperbaiki karakter peserta didik yang sudah terlanjur tercemari dampak teknologi ini memerlukan adanya strategi yang tepat sebagai solusi krisisnya pendidikan nilai, Peran pendidik sangat penting untuk membangun karakter siswa harus sejalan dengan ajaran agama, adat istidat, budaya, dan nilai-nilai pancasila sebagai dasar negara.
References
Armizi. 2017. ââ¬ÅPenanaman Spiritual Quotient Dan Nilai Moral Pada SIswa Untuk Penguatan Kurikulum Pendidikan Karakter Di Sekolah.ââ¬Â Madania 7(1).
Fensi, Fabianus. 2020. ââ¬ÅPeran Media Sosial Dalam Pembentukan Karakter Siswa SMA & SMK Bhinneka Tunggal Ika, Jakarta.ââ¬Â Pengabdian Dan Kewirausahaan 4(2):82ââ¬â88.
Fitri, Sulidar. 2017. ââ¬ÅDampak Positif Dan Negatif Sosial Media.ââ¬Â Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pelajaran 1.
Hendayani, Meti. 2019. ââ¬ÅProblematika Pengembangan Karakter Peserta Didik Di Era 4.0.ââ¬Â Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 7(2):183. doi: 10.36667/jppi.v7i2.368.
Hendriana, Evinna Cinda, and Arnold Jacobus. 2016. ââ¬ÅImplementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Keteladanan Dan Pembiasaan.ââ¬Â Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia (JPDI) (September):25ââ¬â29.
Lalo, Kalfaris. 2018. ââ¬ÅMenciptakan Generasi Milenial Berkarakter Dengan Pendidikan Karakter Guna Menyongsong Era Globalisasi.ââ¬Â Ilmu Kepolisian 12(2):68ââ¬â75.
Neliwati. 2018. ââ¬ÅMetodologi Penelitian Kuantitatif (Kajian Teori Praktek).ââ¬Â Widya Puspita.
Omeri, Nopan. 2015. ââ¬ÅPentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan.ââ¬Â Manajer Pendidikan 9(3):464ââ¬â68.
Pakpahan, Roida. 2017. ââ¬ÅAnalisis Fenomena Hoax Diberbagai Media Sosial Dan Cara Menanggulangi Hoax.ââ¬Â Konferens Nasinal Ilmu Sosial & Teknologi (2013):479ââ¬â84.
Putri, Dini Palupi. 2018. ââ¬ÅPendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital.ââ¬Â AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar 2(1):37. doi: 10.29240/jpd.v2i1.439.
Rahmalah, Prajnidita Zaeny, Puji Astuti, Larasati Pramessetyaningrum, and Susan Susan. 2019. ââ¬ÅPengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini.ââ¬Â Prosiding Seminar Nasional Lppm Ump 0(0):302ââ¬â10.
Rahmatullah, Azam Syukur. 2017. ââ¬ÅPendidikan Keluarga Seimbang Yang Melekat Sebagai Basis Yang Mencerahkan Anak Di Era Digital.ââ¬Â Cendekia 15(2):211ââ¬â24.
Reflianto, and Syamsuar. 2018. ââ¬ÅPendidikan Dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Era Revolusi Industri 4.0.ââ¬Â Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan 6(2):1ââ¬â13.
Rosyad, Ali Miftakhu. 2019. ââ¬ÅImplementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembelajaran Di Lingkungan Sekolah.ââ¬Â 5(2):173ââ¬â90.
Setiawan, Wawan. 2017. ââ¬ÅEra Digital Dan Tantangannya.ââ¬Â Seminar Nasional Pendidikan 1ââ¬â9.
Sudrajat, Ajat. 2011. ââ¬ÅMengapa Pendidikan Karakter?ââ¬Â Jurnal Pendidikan Karakter (1):47ââ¬â58.
Temiz, Nida. 2019. ââ¬ÅA Lesson Plan Model For Character Education In Primary Education.ââ¬Â Educational Research And Review 14(4):130ââ¬â39. doi: 10.5897/ERR2018.3616.
Utami, Fatma, and Nur Baiti. 2018. ââ¬ÅPengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Cyber Bullying Pada Kalangan Remaja.ââ¬Â Cakrawala 18(2):257ââ¬â62.
Waters, Stewart, and Matt Hensley. 2020. ââ¬ÅMeasuring Rural P- 12 Teachersââ¬â¢ Attitudes, Perceptions, and Utilizations of Social Media.ââ¬Â RESSAT 5(3):25ââ¬â54. doi: 10.46303/ressat.05.03.2.
Wilga, Nurwati, and Budiarti. 2016. ââ¬ÅPengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja.ââ¬Â Prosiding Riset & PKM 3(1).




1.png)






