PERAN MUHAMMADIYAH DAN NAHDLATUL ULAMA DALAM DUNIA PENDIDIKAN (Telaah Pada Jenjang Pendidikan Dasar)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran KH. Ahmad Dahlan dan KH. Hasyim Asy’ari dalam dunia pendidikan. Penelitian yang dipakai termasuk penelitian literatur yang berfokus pada referensi buku dan sumber-sumber lain yang relevan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research). Sumber data primer adalah falsafah ajaran KH. Ahmad Dahlan dan KH. Hasyim Asy’ari, melalui buku-buku yang ada kaitannya dengan tujuan penelitian, yaitu buku-buku yang membahas pemikiran KH. Ahmad Dahlan dan KH. Hasyim Asy’ari. Sumber sekundernya adalah buku-buku lain yang bersangkutan dan relevan dengan penelitian termasuk sumber lain non buku seperti jurnal dan wawancara terhadap tokoh muhammadiyah dan NU. Teknik pengumpulan data yaitu studi literatur, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deduktif dan metode induktif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama dalam dunia pendidikan (Telaah Pada Jenjang Pendidikan Dasar). Sangat berperan penting dalam mendirikan berbagai lembaga pendidikan muhammadiyah dan nahdlatul ulama (NU) khususnya pada jenjang pendidikan dasar.
Downloads
References
Arif, Achmad Zainuri dan Arin Setiyowati. 2017. Piagam Debest: Integrasi Komitmen Tripusat Pendidikan Untuk Penguatan Pendidikan Karakter di SD Muhammadiyah 24 Surabaya. Universitas Muhammadiyah Surabaya. Vol 1 (2): 165.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Baso, Ahmad, Agus Sunyonto dan Rizal Mummaziq. 2017. KH. Hasyim Asy’ari Pengabdian Seorang Kyai Untuk Negeri. Jakarta: Museum Kebangkitan Nasional Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Diana, Putri dkk. 2017. Peran dan Pengembangan Industri Kreatif dalam Mendukung Pariwisata di Desa Mas dan Desa Peliatan Ubud. Universitas Udayana. Vol. 17 (2): 87.
Fadli, Muhammad dan Andi Fitriani Djollong. 2018. Konsep Pendidikan Islam Menurut KH. Ahmad Dahlan. Universitas Muhammadiyah Parepare. Vol 5 (2): 8-10.
Hakam, Abdullah. 2014. KH. Hasyim Asy’ari dan Urgensi Riyadah dalam Tasawuf Akhlaqi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Vol 4 (1): 149.
Hamzah, Amir. 2020. Metode Penelitian Kepustakaan Library Research. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.
Handayani, Titik dan Achmad Fauzi. 2019. Konsep Pendidikan Karakter KH. M Hasyim Asy’ari Studi Kitab Adab al-Alim wa al-muta allim. Institut Agama Islam Negeri Madura. Vol. 6 (2): 122-123.
Huda, Syamsul dan Dahani Kusumawati. 2019. Muhammadiyah sebagai gerakan Pendidikan. Universitas Bondowoso. Vol (2) 2: 167.
Maidin, M Natsir. 2013. Peranan Muhammadiyah dalam Pengembangan Pendidikan Tinggi. Sekolah Tinggi Agama Islam Parepare. Vol. 1 (1): 98-99.
Ma’sa, Lukman. 2018. Respon KH. Ahmad Dahlan Terhadap Gerakan Kristenisasi di Indonesia. Sekolah Tinggi Ilmu Da’wah Mohammad Natsir. Vol 1 (2): 80.
Mukhtarom, Asrori. 2015. Menelusuri Rekam Jejak Amal dan Perjuangan KH. Ahmad Dahlan. Universitas Muhammadiyah Tanggerang. Vol 1 (1): 3-8.
Mu’thi Abdul, dkk. 2015. K.H. Ahmad Dahlan (1868-1923). Jakarta: Museum Kebangkitan Nasional Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Najib, Ahmad Ainun. 2020. Konsep Dasar Pendidikan Nahdlatul Ulama KH. Hasyim Asy’ari. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Vol (5) 1: 68-73.
Natsir, Muhammad. 2017. Sejarah Lembaga Pendidikan Islam (Madrasah) di Indonesia. Vol 11 (24): 5.
Ni’mah, Zetty Azizatun. 2014. Pemikiran Pendidikan Islam Perspektif KH AHMAD DAHLAN ( 1869-1923 M ) DAN KH HASYIM AS’ARI (1871-1947) Study Komparatif dalam Konsep Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia. STAIN Kediri. Vol 2 (1): 138-143.
Nurhadi, Rofiq. 2017. Pendidikan Nasionalisme-Agamis dalam Pandangan KH. Ahmad Dahlan dan KH. Hasyim Asy’ari. Universitas Muhammadiyah Purworejo. Vol 12 (2): 128.
Pilo, Nashiruddin. 2019. Pemikiran Pendidikan KH. Muhammad Hasyim Asy’ari. Universitas Muslim Indonesia Makasar: Vol. 16 (2): 205-208.
Rahim, Ali. 2013. Nahdatul Ulama (Peranan dan Sistem pendidikannya). STAI DDI Pinrang. Vol. 14 (2): 177-181.
Rifai, Muhammad. 2009. K.H. Hasyim Asy’ari Biografi Singkat 1871-1947. Jogjakarta: Garasi.
Saihu. 2020. Konsep Pembaharuan Pendidikan Islam Menurut Fazlurrahman. Institut PTIQ Jakarta. Vol 2 (1): 88.
Sucipto, Hery. 2010. KH. Ahmad Dahlan: Sang Pencerah, Pendidikan, dan Pendiri Muhammadiyah. Jakarta: Best Media Utama
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suharsaputra, Uhar. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Tindakan. Bandung: Refika Aditama.
Sutarto, Dewi Purnama Sari dan Anrial. 2020. Kiprah Muhammadiyah Dalam Pembaharuan Pendidikan dan Sosial Keagamaan di Nusantara: Kajian Terhadap Pemikiran KH. Ahmad Dahlan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup. Vol. 5 (1): 7-8.
Syarif, Umar. 2017. Gerakan Pembaruan pendidikan Islam: Studi Komparasi Pergerakan Islam Indonesia Antara Syekh Ahmad Surkatiy dan KH Ahmad Dahlan. Universitas Muhammadiyah Surabaya. Vol. 13 (1): 85-87.
Tatang S. 2012. Ilmu Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.