Analisis soal penilaian akhir semester mata pelajaran matematika smp berdasarkan level berpikir
Abstract
Pembelajaran dan penilaian pembelajaran berbasis kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills / HOTS) atau berpikir kritis selalu direkomendasikan dalam proses pembelajaran yang bermutu. Tujuan dari penelitiam ini yaitu untuk mendeskripsikan soal-soal pada penilaian akhir semester berdasarkan level berpikir dan jenis-jenis stimulis yang digunakan. Pengelompokan pada level berpikir yaitu berdasarkan pada Lower Order Thinking Skills (LOTS), Midle Order Thinking Skills (MOTS), dan Higher Order Thinking Skills (HOTS). Pengelompokan pada jenis stimulus yaitu dilihat dari pertanyaan yang digunakan dalam soal-soal penilaian akhir semester. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan analisis dokumen. Soal-soal yang dianalisis adalah soal-soal matematika kelas VII pada penilaian akhir semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir setengah dari soal-soal yang di berikan pada Penilaian Akhir Semester ini merupakan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) yaitu 48,57%, sedangkan soal yang tergolong dalam Midle Order Thinking Skills (MOTS) dan Low Order Thinking Skill (LOTS) berturut turut sebesar 31,43% dan 20%. Jenis stimulus yang digunakan dalam soal Penilaian Akhir Semester ini berupa penggalan kasus/situasi masalah, gambar, simbol,daftar kata, diagram dan rumus, tetapi jenis stimulus yang paling banyak ditemukan dalam Soal Penilaian Akhir Semester ini yaitu penggalan kasus/situasi masalah.
Downloads
References
Astutik, P. P. (2017). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam Pembelajaran Tematik SD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FIP UNM, 343-354
Dantes, N. (2014). Landassan Pendidikan Tinjauan dari Dimensi Makropedagogis. Yogyakarta : Graha Ilmu
Helmawati. (2019). Pembelajaran dab Penilaian Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Bandung: Rosdakarya
Kemendikbud. (2017). Panduan Penulisan Soal 2017 SD/MI. Jakarta: Balitbang Kemendikbud.
Lewy, Zulkardi, & Nyimas, A. (2009). Pengembangan Soal untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pokok Bahasan Barisan dan Deret Bilangan Di Kelas IX Akselerasi SMP Xaverius Maria Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 14-28.
NCSS. (1991). Theory and Research in social Education.College and University Faculty Assembly, XIX(4)
Nugroho, R. A. (2018). HOTS (Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi: Konsep, Pembelajaran, Penilaian, dan Soal-soal). Jakarta: Grasindo.
Permendikbud Nomor 61 Th 2014 lampiran 1. Pedoman Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (2014).
Priatna, N., Fauzan, M., Wardhani, S., & Widdiharto, R. (2017). Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama (SMP) Terintegrasi Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud.
Sari, P. (2017). Analisis Soal Matematika Ujian Sekolah Dasar tahun 2016/2017 Berkarakter Higher Order Thinking Skills (HOTS). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. UIN Sunan Kalijaga.
Widana, I. (2017). Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jakarta: Depdikbud
Copyright (c) 2019 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.