Penerapan Metode Problem Solving Berbantu Benda Konkret Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa
Abstract
Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini adalah pembelajaran dengan menerapkan metode problem solving dengan berbantu benda konkret untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir khususnya pada kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. Metode penelitian yang dugunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-F SMP Negeri 200 Jakarta. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan metode problem solving dengan berbantu benda konkret dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik SMP.
Downloads
References
Faelasofi, R. (2017). Identifikasi Kemampuan Bepikir Kreatif Matematika Pokok Bahasan Peluang.
Jurnal Edumath, 115-163.
Faelasofi, R. (2017). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Pokok Bahasan Peluang. Jurnal Edumath, 155-163.
Fahrudin, Netriwati, & Putra, R. W. (2018). Pembelajaran problem solving modifikasi untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP. Jurnal Matematika, 181-189.
Firdausi, Asikin, M., & Wuryanto. (2018). Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa ditinjauh dari gaya belajar pada pembelajaran model Eliciting Activities (MEA). PRISMA, 239-247.
Firmansyah, Wonorahardjo, S., & Arief, M. (2016). Penerapan model pembelajaran problem solving berbantu web pada materi ekstraksi terhadap hasil belajar dan motivasi mahasiswa. Jurnal pendidikan sains, 65-72.
Handayani, I., Supriadi, E., & Marlena, L. (2018). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Calon Guru dengan Menggunakan Dianes AEM pada Materi Persamaan Kuadat. Pendidikan Matematika, 479-488.
Hendriana, B. (2019). LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS CABRI 3D UNTUK. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 112-120.
Kuswana, W. S. (2011). Taksonomi Berpikir. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Lince, R. (2016). Cretive Thingking Ability to Increase Student Mathematical of Junior High School by
Applying Models Numbered Heads Together. Journal of Education and Practice, 206-212.
Mulyatiningsih, E. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: ALFABETA.
Sadiman, A., & dkk. (2014). Media Pendidikan: Pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Setianingsih, H. (2016). Keefektifan problem solving dan guided inquiry dalam setting TAI ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan kedisiplinan diri. Jurnal riset pendidikan matematika, 221-233.
Shoimin, A. (2014). 68 Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Siswono, T. Y. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah. Surabaya: PT. Remaja Rosdakarya.
Sudjana, N., & Rivai, A. (2010). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Uno, H. B., Umar, M. K., & Panjaitan, K. (2014). Variabel Penelitian dalam Pendidikan dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Ina Publikatama.
Copyright (c) 2019 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.