Pengaruh penggunaan media pembelajaran cangkang kerang terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar di Kab. Sikka
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran matematika berbasis kearifan lokal yang ada di Kab. Sikka Nusa Tenggara Timur terhadap motivasi belajar siswa. Jenis Penelitian Quasi Eksperimen dengan populasi Seluruh Siswa Sekolah Dasar di Kab. Sikka. Teknik pengaambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Stratified Random Sampling. Penelitian ini dilaksanakan pada pembelajaran matematika materi bilangan bulat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang mengukur motivasi siswa. Data dianalisis dengan uji regresi linear sederhana. Uji hipotesis dilakukan setelah pengujian normalitas dan homogenitas. Berdasarkan uji regresi menggunakan SPSS, maka didapat nilai sigifikasi sebesar 0,00 (kurang dari 0,05) yang berarti menolah H0 dan menerima H1. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif penggunaan media pembelajaran berbasis kearifan lokal Kab. Sikka terhadap motivasi belajar sebesar 90,5%.
Downloads
References
Untari, E. (2013). Diagnosis kesulitan belajar pokok bahasan pecahan pada siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Ilmiah STKIP PGRI Ngawi, 13(01), 1-8.
Hendriana, B. (2014). Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Kontekstual Berbantuan Program Cabri 3d Untuk Memahamkan Siswa Pada Materi Luas Permukaan Dan Volume Tabung Dan Kerucut Kelas Ix-C Smp Negeri 4 Rangkasbitung. Disertasi Dan Tesis Program Pascasarjana Um.
Hendriana, B. (2018). Identifikasi Kemampuan Komunikasi Matematis dan Gaya Belajar Siswa. Prosiding SENAMKU, 1, 477-484.
Hidayah, I. (2018, February). Pembelajaran Matematika Berbantuan Alat Peraga Manipulatif Pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Gerakan Literasi Sekolah. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 1-11).
Lasabuda, R. (2013). Pembangunan wilayah pesisir dan lautan dalam perspektif Negara Kepulauan Republik Indonesia. Jurnal Ilmiah Platax, 1(2), 92-101.
Lestari, K. E. (2014). Implementasi Brain-Based Learning untuk meningkatkan kemampuan koneksi dan kemampuan berpikir kritis serta motivasi belajar siswa SMP. JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA), 2(1).
Maryati, I., & Priatna, N. (2017). Integrasi Nilai-Nilai Karakter Matematika melalui Pembelajaran Kontekstual.
Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 333-344.
Mulyani, D. (2013). Hubungan kesiapan belajar siswa dengan prestasi belajar. Konselor, 2(1).
Murniasih, T. R. (2016). Penggunaan Media Manipulatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Teorema Pythagoras. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (pp. 142-152). Penerbit CV. Bintang Sejahtera.
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal pendidikan manajemen perkantoran, 1(1), 135-142.
Primadata, A. P., & Kusumawati, D. K. (2018). Modernisasi Pendidikan di Indonesia Sebuah Perspektif Sosiologis terhadap Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal Analisa Sosiologi, 3(1).
Pujiono, R. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (Stad) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas VB Sdn 047 Tarakan. Journal of Education Research and Evaluation, 1(4), 198-203.
Salome, M. (2019). Penggunaan Metode Jaritmatika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Penjumlahan Dan Pengurangan di Kelas Ia Sd Inpres Maumere. Jurnal Akrab Juara, 4(2), 132-139.
Suprihatin, S. (2015). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73-82.
Copyright (c) 2019 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.