Kemampuan siswa SMK akuntansi dalam menyelesaikan soal jenis penalaran dan representasi matematis
Abstract
Kemampuan bernalar dan representasi menjadi bagian dari salah satu kemampuan awal yang harus dimiliki siswa untuk dapat memecahkan masalah dengan logis, sistematis, kreatif dan kritis. Bidang keahlian bisnis dan akuntansi menjadi sesuatu yang menarik untuk diteliti, karena penulis melihat adanya hubungan yang erat antara kajian materi matematika dengan ilmu bisnis dan akuntansi. Untuk mengetahui bagaimanakah kemampuan penalaran dan representasi siswa SMK tersebut, maka penulis melakukan langkah penelitian awal pada siswa SMKN bidang keahlian akuntansi, untuk mengetahui kesulitan siswa dalam menyelesaikan permasalahan penalaran dan representasi matematis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode triangulasi. Subjek Penelitian ini sebanyak 30 siswa SMKN 2 Karawang. Hal yang mempengaruhi hambatan kesulitan tersebut dapat kita kategorikan menjadi beberapa bagian: 1) kurangnya kemampuan siswa dalam memahami soal yang diberikan. hal ini memunculkan kemungkinan kurangnya kemampuan literasi siswa atau kurangnya pemahaman konsep siswa. 2) keliru dalam membaca konsep kurang dari dan lebih dari, artinya kemampuan membaca gambar atau bentuk grafik yang dialami siswa. 3) kurangnya kemampuan siswa dalam merepresentasikan soal cerita dalam bentuk deskripsi kedalam model matematika atau model gambar ataupun grafik. Wawancara terhadap guru adanya keluhan atas jumlah jam pelajaran yang tidak sesuai dengan banyaknya materi yang harus disampaikan sehingga ada kesulitan guru dalam menerapkan strategi yang tepat.
Downloads
References
Daryanto. (1997). Evaluasi Pendidikan. Solo : RINEKA CIPTA.
Gurdayanti, Rizki. (2010). Pembelajaran Matematika Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Pencapaian Konsep Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP. Skripsi pada Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UPI Bandung : tidak diterbitkan.
Herdian. (2010). Pengaruh Metode Disaery terhadap Kemapuan Analogi dan Generalisasi Matematis SiswaSMP. Tesis UPI Bandung: Tidak diterbitkan.
Rinrin. (2009). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika SMP Melalui Pendekatan Pemecahan Masalah. Skripsi pada Jurusan Pendidikan Matematika FKIP UNSUR Cianjur : tidak diterbitkan.
Sumarmo,U. (2002). Alternatif Pembelajaran Matematika dalam Menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makalah disajikan pada Seminar Nasional FPMIPA UPI: Tidak diterbitkan.
Copyright (c) 2019 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.