PENGARUH DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki dan memahami dampak dari pendekatan pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa MTSN 2 Mataram. Kemampuan berkomunikasi secara matematis mempunyai peran penting dalam matematika, Karena mampu memberikan landasan logis dalam menyelesaikan masalah, mengubah deskripsi menjadi bentuk model matematika, serta menggambarkan ide atau gagasan matematika melalui uraian yang sesuai dan bermakna. Penelitian kuantitatif ini menggunakan penelitian jenis quasi eksperimen desain posttest only control design. Instrumen yang dipakai peneliti yakni instrumen observasi kegiatan belajar dan soal tes. Lembar observasi pembelajaran digunakan sebagai alat untuk mengukur tingkat pelaksanaan kegiatan pembelajaran discovery learning sesuai dengan alur dan urutan kegiatan belajar, sementara tes dilakukan untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis dengan cara memberikan sejumlah dua butir soal teorema phytagoras. Analisis data menggunakan uji statistik inferensial dengan uji mann-whitney setelah melaksanakan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa siswa yang mengikuti kegiatan belajar matematika dengan model discovery learning mempunyai kemampuan komunikasi matematis yang lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan siswa yang menggunakan metode konvensional.
Downloads
References
Anggraeni, N. S., & Sundayana, R. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dan Team Quiz Ditinjau dari Kemandirian belajar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 469–480. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i3.954
Cohen, J. (1988). Statistical Power Analysis For The Behavioral. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1).
FAJRI, Z. (2019). Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sd. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 7(2), 1. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v7i2.478
Fazriansyah, M. F. (2023). Efektivitas Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 4(2), 275–283.
Fitriana, R. W., Isnarto, I., & Prabowo, A. (2018). The analysis of studentâ€TMs mathematical communication ability viewed from learning styles through project based learning models on cylinder and cone materials. Unnes Journal of Mathematics Education, 7(3), 156–163. https://doi.org/10.15294/ujme.v7i3.22165
Habibi, A., Delima, N., & Budianingsih, Y. (2019). Penerapan Hypnoteaching Melalui Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Serta Mengetahui Motivasi Belajar Siswa. 5(01), 2580–6335.
Hakim, F., Fitriani, N., & Nurfauziah, P. (2024). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII di MTSN 04 KBB Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Lingkaran. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI), 7(2), 435–444. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i2.22038
Hapsari, B. P., & Muandar, D. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 2, 427–437.
Indiastuti, F. (2016). Pengembangan Perangkat Model Discovery Learning Berpendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu. Jurnal Pendidikan Matematika JPM RAFA, 2(1), 41–55.
Indriany, P. E., Ariyanto, L., & Purwanto. (2023). Penerapan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Hasil Belajar pada Peserta Didik SMP. Prosiding Seminar Nasional PPG UPGRIS, 2639–2647.
Jarwan. (2018). Pengaruh Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika Issn, 1(2), 77–89.
Julia, S. (2024). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Disscovery LearningdiI SMP / MTs.
Kanah, I., & Mardiani, D. (2022). Kemampuan Komunikasi dan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Problem Based Learning dan Discovery Learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 255–264. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1825
Lomibao, L. S., Luna, C. A., & Namoco, R. A. (2016). The Influence of Mathematical Communication on Students’ Mathematics Performance and Anxiety. American Journal of Educational Research, 4(5), 378–382. https://doi.org/10.12691/education-4-5-3
Losi, N. T., Mukhtar, M., & Rajagukguk, W. (2021). Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa yang diajar Menggunakan Model Problem Based Learning dan Guided Discovery Learning Berbantuan Geogebra ditinjau dari Gender. Paradikma:Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 88–95. https://doi.org/10.24114/paradikma.v14i1.27136
Maulyda, M. A. (2020). Paradigma Pembelajaran Matematika berbasis NCTM. In Paradigma Pembelajaran.
Prasetyo, F., & Kristin, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 13. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2645
Purnamasari, A., & Afriansyah, E. A. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Topik Penyajian Data di Pondok Pesantren. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 207–222. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.1257
Riyadi, S., Noviartati, K., & Abidin, Z. (2021). Kemampuan komunikasi matematis tulis siswa Samin dalam memecahkan masalah geometri. Ethnomathematics Journal, 2(1), 31–37. https://doi.org/10.21831/ej.v2i1.36192
Rosyidah, A., Azka, R., & Marhaeningsih, S. Y. (2024). Penerapan LKPD Pada Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA. 3, 19–25.
Sabrina, F., & Mukhni. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(2), 1752–1761. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i2.280
Sahrini, Turmudi, & Rahayu, P. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 4(2), 233–238.
Sari, L. K. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Discoveryterhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Self Confidence Siswa. Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu.
Shilfia Al Fitry. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Pemberian Motivasi Oleh Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Se-Kecamatan Rumbai Pesisir.
Sinaga, samuel juliardi, Fadhilaturrahmi, Ananda, R., & Ricky, Z. (2020). Model Pembelajaran Matematik Berbasis Discovery Learning dan Direct Instruction (Vol. 14, Issue 5).
Snoopi, L. (2018). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning(CTL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis MatematisSiswa Kelas IX SMP Negeri 1 Sanga Desa (MUBA). 1–273.
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.
Sulastri, E. (2023). Mathematical communication skills of junior high school students based on statistics. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(3), 373–384. https://doi.org/10.31980/pme.v2i3.1770
Suwanto, E. (2021). Penerapan discovery learning untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar materi program linear. Action Research Journal, 1(1), 40–46. https://doi.org/10.51651/arj.v1i1.101
Yustinaningrum, B., Fitri, A., & Juliana. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1), 15–26. https://doi.org/10.30738/union.v10i1.10080
Copyright (c) 2025 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah Universitas Muhammadiyah Kuningan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.