MISKONSEPSI BILANGAN BULAT MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) PADA SISWA SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap miskonsepsi siswa pada materi bilangan bulat menggunakan pendekatan Certainty of Response Index (CRI). Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VII di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Gorontalo. Instrumen penelitian meliputi tes esai berformat CRI dan wawancara sebagai data pendukung. Hasil analisis menunjukkan bahwa banyak siswa mengalami miskonsepsi, yang ditandai oleh jawaban salah dengan tingkat keyakinan tinggi (CRI 3–5). Temuan ini mengindikasikan bahwa pemahaman siswa terhadap konsep bilangan bulat masih belum memadai, baik dalam pemahaman soal maupun dalam proses perhitungan. Faktor kurangnya ketelitian juga turut berkontribusi terhadap miskonsepsi tersebut. Pendekatan CRI terbukti efektif dalam mengidentifikasi tidak hanya kesalahan jawaban tetapi juga tingkat keyakinan siswa, di mana tingginya skor CRI pada jawaban yang salah menegaskan adanya miskonsepsi yang signifikan terkait materi bilangan bulat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan perlunya guru, terutama guru matematika, untuk segera menanggapi masalah miskonsepsi yang dialami siswa.
Downloads
References
Afanti, A. M., Fadillah, S., & Hartono. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Lingkaran Menggunakan Certainty OF Response Index (CRI) di Kelas SMP Negeri 9 Pontianak. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika, 2(1), 39–50.
Angraeni, R., Husniati, A., Gaffar, A., & Mustapa. R, Z. (2022). Pengaruh penggunaan media video pembelajaran melalui pendekatan scientific terhadap hasil belajar matematika siswa. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(1), 30. https://doi.org/10.33387/dpi.v11i1.4148
Apriyanto, D., Irawati, T. N., & Al’Ayubi, S. (2022). Miskonsepsi Konsep Matematika Menggunakan Metode Certainty Response Index (CRI) pada Pembelajaran dalam Jaringan. Jurnal Basicedu, 6(4), 5673–5684. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3110
Bolo, A., Sentryo, I., & Sumarna, N. (2020). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Dengan Certainty Response Index (Cri) Mengenai Konsep Bilangan Bulat Di Kelas Ivc Sdn 7 Kendari Barat. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 85. https://doi.org/10.36709/jipsd.v2i1.13792
Cahyani, G., & Fatmahanik, U. (2024). Miskonsepsi materi kpk dan fpb berdasarkan gender. 01(02).
Diananda, I., & Rahaju, E. B. (2023). Miskonsepsi Peserta Didik pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau dari Tingkat Kecerdasan Logis Matematis. MATHEdunesa, 12(1), 1–21. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v12n1.p1-21
Disnawati, H., & Deda, Y. N. (2022). Miskonsepsi Mahasiswa Pada Materi Himpunan: Analisis Menggunakan Kriteria Certainty of Response Index. Jurnal Pendidikan Matematika (Jupitek), 4(2), 95–102. https://doi.org/10.30598/jupitekvol4iss2pp95-102
Hasan, S., Bagayoko, D., & Kelley, E. L. (1999). Misconceptions and the certainty of response index (CRI). Physics Education, 34(5), 294–299. https://doi.org/10.1088/0031-9120/34/5/304
Izza, R. I., Nurhamidah, N., & Elvinawati, E. (2021). Analisis Miskonsepsi Siswa Menggunakan Tes Diagnostik Esai Berbantuan Cri (Certainty of Response Index) Pada Pokok Bahasan Asam Basa. Alotrop, 5(1), 55–63. https://doi.org/10.33369/atp.v5i1.16487
Kefi, M. E., Disnawati, H., & Suddin, S. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Relasi Menggunakan Certainty of Response Index (Cri). Jurnal Pendidikan Matematika (Jupitek), 4(1), 21–26. https://doi.org/10.30598/jupitekvol4iss1pp21-26
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis; A Methods Sourcebook. Arizona State: SAGE.
Munandar, H. (2021). Identifikasi Miskonsepsi Mata Kuliah Kimia Dasar Melalui Tes Pilihan Ganda Berbantuan Response Index Pada Mahasiswa STKIP PI Makassar. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 1(1), 37–43. https://doi.org/10.54065/pelita.1.1.2021.42
Permatasari, K. G. (2021). Analisis Miskonsepsi Pada Konsep Dasar Matematika Menggunakan Certainty Of Response Index (CRI). Jurnal Ilmiah Pedagogik, 16, 210–228.
Putri, G. P., Maison, M., & Huda, N. (2021). Studi Struktur Kognitif Miskonsepsi Siswa pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3097–3110. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.820
Rapa, Z. M., & Husniati, A. (2024). PYTHAGORAS : Jurnal Pendidikan Matematika , 19 ( 2 ), 2020 , 139-152 Memetakan Pedagogical Content Knowledge ( PCK ) Guru Matematika SMP : Sebuah Studi Komparatif. 19(2), 139–152.
Rapa, Z. M., Mulbar, U., & Upu, H. (2021). … Through the Application of Approaches Realistic Mathematics Education (RME) in Increasing the Ability of Pedagogical Content Knowledge (PCK) Mathematics …. … on Educational Studies in Mathematics …, 611(ICoESM), 39–45. https://www.atlantis-press.com/proceedings/icoesm-21/125965700
Salsabilah, S. A., & Rahaju, E. B. (2022). Miskonsepsi Siswa SMP Pada Materi Grafik Fungsi Kuadrat. MATHEdunesa, 11(3), 924–937. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n3.p924-937
Sinaga, J., Mailani, E., Simbolon, N., Tamba, R., & Manurung, R. (2024). ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI BILANGAN DESIMAL DENGAN METODE CERTAINTY OF RESPONSE INDEX(CRI) DI KELAS V SEKOLAH DASAR. JGK (Jurnal Guru Kita), 8(5), 55. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jgkp/article/view/57489
Tayubi, Y. R. (2005). Identifikasi Miskonsepsi pada Konsep-Konsep Fisika Menggunakan Certainty of Response Index (CRI). Jurnal UPI, 24(3), 4–9.
Wulandari, F. A., Darmawan, P., & Malang, U. N. (2024). Analisis Tingkat Miskonsepsi Siswa Terkait Bilangan Eksponen Menggunakan Certainty Of Response Index (CRI) dan Penyebabnya. 8(3), 385–394.
Yuliyanti, Y., & Yuhana, Y. (2024). Analisis Miskonsepsi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi KPK dan FPB Menggunakan Certainty of Respon Index (CRI) di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 1812–1827.
Copyright (c) 2025 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah Universitas Muhammadiyah Kuningan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.