PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS MAHASISWA
Abstract
Tujuan Penelitian ini untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan penalaran matematis mahasiswa pada mata kuliah Statistik. Peserta penelitian ini adalah mahasiswa semester akhir Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) di Universitas Muhammadiyah Gorontalo. Sampel penelitian terdiri dari 87 mahasiswa, yang semuanya termasuk dalam sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan penalaran matematika dalam bentuk tes awal dan tes akhir. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan desain Pre-Eksperimental Design tipe One Grup Pre-test-Posttest dengan pendekatan kuantitatif. Data dianalisis menggunakan uji-t sampel berpasangan, didahului oleh uji prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai |thitung| > ttabel yaitu 11,375 > 1,988. Maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dari hal ini, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek memiliki dampak yang signifikan terhadap kemampuan penalaran matematika siswa. Selain itu, hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek memiliki korelasi positif sebesar 87% dengan peningkatan kemampuan penalaran matematika siswa. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran memberikan kontribusi dominan, namun 13% kemampuan penalaran matematika siswa masih bergantung pada faktor lain.
Downloads
References
Agung Prasetyo, Ahmad Fadillah, Joni Wilson Sitopu, Y., Fitria Khasanah, Nanang, W. N. Y., & Nurul Ainun Fajriah, S. Y. N. (2023). Strategi Pembelajaran Matematika. Orphanet Journal of Rare Diseases, 21(1), 1–125.
Agustin, R. D. (2016). Kemampuan Penalaran Matematika Mahasiswa Melalui Pendekatan Problem Solving. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 5(2), 179–188. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.249
Akbar, R., Siroj, R. A., Win Afgani, M., & Weriana. (2023). Experimental Reseacrch Dalam Metodologi Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(Vol 9 No 2 (2023): Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan), 465–474. https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/3165
Amin, M. M., Prabawanto, S., & Martadiputra, B. A. P. (2023). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dengan Metode Pembelajaran Project-Based Learning. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 1873. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.6550
Budi, A. S. (2022). Keefektifan Pendekatan Bridging Analogy Terhadap Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sd. Jurnal Unissula, 794–805.
Dewi, I., Siregar, H., Agustia, A., & Dewantara, K. (2024). Implementasi Case Method Berbasis Pembelajaran Proyek Kolaboratif terhadap Kemampuan Kolaborasi Mahasiswa Pendidikan Matematika. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 9, 261. https://doi.org/10.25157/teorema.v9i2.16341
Dewi, M., Azmi, S. R. M., & Dailami, D. (2021). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS DAN KEMANDIRIAN MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE PROJECT BASED LEARNING. JOURNAL OF SCIENCE AND SOCIAL RESEARCH, 4(2), 201. https://doi.org/10.54314/jssr.v4i2.585
Engel Novita Ramadani, & Dina Fitria Handayani. (2024). Instrumen Penilaian Hasil Pembelajaran Kognitif Pada Tes Objektif. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial (Jupendis), 2(4), 86–96. https://doi.org/10.54066/jupendis.v2i4.2159
Fisher, D. (2017). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika Melalui Blended-Learning Dengan Strategi Probing-Prompting. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2(1), 78–86. https://doi.org/10.23969/symmetry.v2i2.603
Ghaira, L., Vebrian, R., Keguruan, F., Muhammadiyah, U., & Belitung, B. (2024). Implikasi Model Pembelajaran Project-based Learning dengan Pendekatan Inquiry Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. 08(August), 1941–1950.
Handiani, M. P. (2025). Analisis Penerapan Model Project Based Learning dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. 4(1), 33–36.
Hildawati. (2024). Buku Ajar Metodologi Penelitian Kuantitatif & Aplikasi Pengolahan Analisa.
Kokotsaki, D., Menzies, V., & Wiggins, A. (2016). Project-based learning: A review of the literature. Improving Schools, 19. https://doi.org/10.1177/1365480216659733
Mahesa, I. L., Asiah, N., Desky, H., & Negara, H. S. (2024). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Self-Efficacy Pada Hasil Belajar Afektif Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V di SD Islam Assalam Bandar Lampung. 07(01), 462–471.
Melita Sindi S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Novick Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa SMP Negeri 5 Rejang Lebong.
Musa’ad, F., Ahmad, R. E., Sundari, S., & Hidayani, H. (2024). Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1481–1487. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i2.3361
Nosva, A. Y., Ismail, D., & Evi, H. (2019). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Peserta Didik. Jambura Journal of Mathematics, 2(1), 30–38.
Nuraeni, L. S., Hafsyah, H., Nurdin, N., & S, P. (2024). Literatur Review: Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 4(2 SE-Articles), 352–365. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v4i2.652
Puspita, D. A., Anggoro, B. S., & Pratiwi, D. D. (2024). Riset Keterhubungan: Bagaimana Self confidence dan Resiliensi Matematis Mempengaruhi Penalaran dan Kecerdasan Numerik Siswa. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(3 SE-Articles), 1174–1189. https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i3.2066
Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
Siregar, L. F. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(2012), 1349–1358.
Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Issue January).
Tampubolon, Y., Tigor Sitohang, & Beslina Afriani Siagian. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kreatif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa-Siswi Kelas XI SMA Tri Sakti Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Kewarganegaraan, 6(3), 6201.
Usmadi. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji HomogenitasDan Uji Hipotesis). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62.
Wulandari, N. P., Tyaningsih, R. Y., Ulfah, F., Suliani, M., Maulyda, M. A., Ranti, M. G., Purnamasari, N. A., Salsabila, N. H., Hadiyanto, F. R., Saputri, R. A., Made, N., Kertiyani, I., & Hidayati, V. R. (n.d.). Membangun landasan matematika.
Zein, S. F., Solihati, N., & Amalia, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning melalui Gerakan Literasi Sekolah terhadap Keterampilan Berbicara Siswa SMP Negeri 2 Sukamakmur Kabupaten Bogor Abstrak The Effect of Project Based Learning in School Literacy Movement on the Speaking Skills of Student SMP Negeri 2 Sukamakmur Bogor Regency Abstract A . Pendahuluan yang membosankan karena itu sering diabaikan . Padahal membaca merupakan. 271–282.
Žerovnik, A., & Nančovska Šerbec, I. (2021). Project-Based Learning in Higher Education BT - Technology Supported Active Learning: Student-Centered Approaches (C. Vaz de Carvalho & M. Bauters (Eds.); pp. 31–57). Springer Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-16-2082-9_3
Copyright (c) 2025 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah Universitas Muhammadiyah Kuningan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.