ANALISIS KEMUDAHAN PENGGUNAAN APLIKASI MICROSOFT EXCEL DAN MATLAB DALAM PENYELESAIAN POLINOMIAL NEWTON
Abstract
Perkembangan teknologi digital mendorong kebutuhan akan integrasi perangkat lunak komputasi dalam pembelajaran mtematika, khususnya pada materi analisis numerik seperti interpolasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan metode interpolasi Newton dalam menyelesaikan permasalahan numerik dengan bantuan perangkat lunak Microsoft Excel dan MATLAB. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif dengan teknik eksperimen komputasi terhadap dua set data numerik yang masing-masing dianalisis menggunakan Microsoft Excel dan MATLAB. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa kedua perangkat lunak menghasilkan interpolasi yang identik, yang menunjukkan bahwa algoritma Newton dapat diterapkan secara konsisten dan akurat pada kedua platform. Microsoft Excel menunjukkan keunggulan dalam hal visualisasi data dan kemudahan penggunaan antarmuka, yang cocok untuk pengguna pemula atau pembelajaran interaktif. Sementara itu, keunggulan MATLAB dalam efisiensi dan fleksibilitas dibuktikan melalui struktur skrip otomatis dan perulangan bersarang yang mempersingkat proses penghitungan untuk data berukuran besar. Temuan ini menunjukkan pentingnya pemanfaatan kedua alat secara komplementer dalam pembelajaran matematika berbasis teknologi untuk meningkatkan pemahaman konsep, keterampilan komputasi, dan literasi numerik siswa di era digital.
Downloads
References
Aulia, R., Sazlin, R. A., Ismayani, L., & Sukiman, M. (2020). Implementasi interpolasi Newton-Gregory pada model matematika penyebaran virus corona di Indonesia.https://www.academia.edu/download/116840266/173.pdf
Darmawan, N., Muliadi, M., & Adriat, R. (2023). Perbandingan Metode Interpolasi Menggunakan Data CHIRPS Untuk Sebaran Curah Hujan Di Kabupaten Kubu Raya. Prisma Fisika, 11(2), 42. https://doi.org/10.26418/pf.v11i2.65013
Eniyati, S., Santi, R. C. N., & Arianto, T. (2020). Penggunaan metode lagrange dalam peramalan jumlah mahasiswa baru.
Furqaansyah, Y., Fauziah, F., Gunaryati, A., & Fitri, I. (2022). Perbandingan Metode Interpolasi Newton dan Lagrange dengan Bahasa Pemrograman C++. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi), 6(3), 411–416. https://doi.org/10.35870/jtik.v6i3.457
Mara Doli Nasution, Elfrianto Nasution, F. H. (2017). P Engembangan M Etode a Nalisis. Mosharafa, 6, 1–6.
P Sidabutar, L. N., Sihombing, Y., R Dianto, D. R., Lumbantobing, J. E., F Sembiring, S. E., & Rahayu, F. S. (2024). Pelatihan Microsoft Excel untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Siswa Kelas 7 di SMP Karitas Ngaglik. Prosiding Seminar Nasional KONSTELASI, 1(1), 94–103.
Purba, C. D. S., Sinuhaji, N. B., & Ishak, H. (2024). Peran Penting Critical Thinking Matematika dalam Kehidupan Sehari-hari. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 4(1), 90–94. https://doi.org/10.33387/jpgm.v4i1.7290
Rianti, W., & Harahap, E. (2021). Pengolahan Data Hasil Penjualan Online Menggunakan Aplikasi Microsoft Excel. Matematika: Jurnal Teori dan Terapan Matematika, 20(2), 69–76. https://journals.unisba.ac.id/index.php/matematika/article/view/1553
Rosyidah, U., Mustika, J., & Setiawan, F. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Dalam Mata Kuliah Aljabar Dasar. LINEAR: Journal of Mathematics Education, 1, 46. https://doi.org/10.32332/linear.v1i1.2225
Sari, N. N. (2019). Pengembangan bahan ajar berbantuan software MATLAB pada mata kuliah metode numerik mahasiswa jurusan pendidikan matematika UIN Alauddin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar: tidak diterbitkan.
Setiawan, E., & Jusniani, N. (2021). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Interpolasi Berdasarkan Analisis Kesalahan Newman. Prisma, 10(2), 221. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1596
Tampubolon, B., Vista, F., Tarigan, K., Daulay, N. H., & Hani, A. (2024). Efficiency of Newton Polynomial Interpolation Method in Determining Stock Price Movements in a Certain Time. 4(3), 421–427.
Fenton, John D. “Numerical methods Introduction.” 00_MathematicsNumerics, 2010.
Keerthi, S. Sathiya, dan Dennis Decoste. “A modified finite Newton method for fast solution of large scale linear SVMs.” Journal of Machine Learning Research, vol. 6, 2005, hal. 341–61.
P Sidabutar, L. N., et al. “Pelatihan Microsoft Excel untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Siswa Kelas 7 di SMP Karitas Ngaglik.” Prosiding Seminar Nasional KONSTELASI, vol. 1, no. 1, 2024, hal. 94–103.
Sihombing, Sagita Carolina. “Prediksi Hasil Produksi Pertanian Kelapa Sawit di Provinsi Riau dengan Pendekatan Interpolasi Newton Gregory Forward (NGF).” Prosiding Seminar Nasional II Hasil Litbangyasa Industri, no. 1999, 2019, hal. 63–70.
Sugiyono. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. 2020.
Wyk, Christopher J. Van. Spreadsheets in Education ( eJSiE ) Using Spreadsheets to Learn Numerical Methods Using Spreadsheets to Learn Numerical Methods. no. 1, 2006.
Copyright (c) 2025 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah Universitas Muhammadiyah Kuningan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.